Apa Itu Direct Marketing, Manfaat, Kelebihan, dan Strateginya

Apa Itu Direct Marketing, Manfaat, Kelebihan, dan Strateginya

Sharing is caring!

Berinteraksi langsung dengan pelanggan menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan dengan baik oleh marketer. Salah satu teknik yang tepat dalam melaksanakan hal tersebut adalah direct marketing. Nah, sebenarnya apa sih direct marketing itu? Okay, yuk baca Apa Itu Direct Marketing, Manfaat, Kelebihan, dan Strateginya 

Pengertian Direct Marketing

Direct marketing adalah strategi marketing yang mengandalkan komunikasi atau distribusi langsung dari marketer ke konsumen. Strategi ini bisa dilakukan secara tatap muka atau melalui media komunikasi, seperti telepon, email, dan SMS.

Direct marketing tidak melibatkan pihak ketiga, seperti media iklan sehingga kalian bisa langsung menerima respons dari pelanggan.

3 Manfaat Direct Marketing

Berikut ini manfaat direct marketing yang bisa langsung dirasakan:

Mendapat Respons Langsung dari Pelanggan

Pemasaran langsung ke pelanggan berpotensi menaikkan pendapatan bisnis. Pelanggan bisa langsung memanfaatkan diskon atau membeli rilisan terbatas produk yang kalian tawarkan.

Selain dari segi pendapatan, respons pelanggan dapat menjadi ukuran keberhasilan strategi marketing kalian.

Hemat Biaya Promosi

Bisnis kalian akan memperoleh keuntungan yang maksimal dengan strategi direct marketing yang tepat. Artinya, kalian tidak perlu menggunakan jasa media iklan yang menghabiskan banyak biaya.

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Direct marketing memungkinkan kalian berkomunikasi langsung dengan pelanggan. Kalian secara personal dapat menanyakan kebutuhan pelanggan dan melakukan penyesuaian. Pelanggan akan semakin loyal dengan kalian semakin mengenal pelanggan. 

Jenis-Jenis Direct Marketing

Berikut ini jenis-jenis direct marketing yang perlu kalian ketahui:

Telemarketing

Telemarketing merupakan salah satu jenis direct marketing yang memanfaatkan telepon untuk menghubungi pelanggan, baik pelanggan baru atau potensial secara langsung.

Telemarketing berpotensi untuk mendatangkan pelanggan baru dalam volume yang besar serta cara yang tepat untuk menindaklanjuti campaign pemasaran langsung.

Oya, kalian harus meneliti pelanggan terlebih dahulu dan cari tahu mana yang memiliki kecocokan terhadap produk atau layanan kalian karena akan membantu kalian untuk memaksimalkan telemarketing.

Email marketing

Email marketing sangat cocok digunakan untuk menjalin hubungan secara personal dengan pelanggan.

Kalian dapat membuat newsletter yang berisi promo, pemberitahuan baru mengenai produk, atau hal lain kepada pelanggan melalui email.

Social media marketing

Memanfaatkan media sosial untuk melakukan direct marketing merupakan salah satu cara cerdas untuk menjalin hubungan dengan pelanggan.

Kalian dapat membagikan konten apapun lho di media sosial lalu pelanggan dapat membagikannya dengan mudah ke media sosial mereka.

Selain itu, pelanggan juga dapat memberikan komentar mengenai konten yang kalian bagikan.

Internet marketing

Internet marketing atau biasa dikenal dengan digital marketing merupakan jenis direct marketing yang memanfaatkan web untuk meningkatkan penjualan.

Salah satu praktik yang sudah familiar dari jenis ini adalah Search Engine Optimization (SEO).

SMS Marketing

SMS marketing merupakan bentuk promosi yang menggunakan pesan singkat. Salah satu bentuk dari SMS marketing adalah penawaran diskon produk dalam waktu pendek. 

Dibandingkan dengan strategi direct marketing lainnya, SMS marketing memiliki manfaat, yakni bentuk promosi yang mobile friendly. Hal ini tidak lepas dari fakta bahwa SMS merupakan salah satu fitur bawaan ponsel.

SMS marketing juga bisa menyasar berbagai kalangan, termasuk calon konsumen yang tidak menggunakan smartphone.

Penjualan Langsung

Bisnis yang memiliki anggaran promosi terbatas biasanya menggunakan metode ini. 

Meski begitu, penjualan langsung memungkinkan konsumen untuk melihat langsung produk yang ditawarkan. Apabila produk yang ditawarkan menarik maka pelanggan tidak sungkan untuk membeli produk tersebut.

Selain itu, penjualan langsung memberi kesempatan kalian untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan. Pelanggan yang membutuhkan produk, bisa langsung menghubungi kalian.

Kelebihan Direct Marketing

Direct marketing memiliki berbagai kelebihan, yaitu sebagai berikut:

Target yang jelas

Kalian dapat mengirimkan pesan yang spesifik ke pelanggan atau calon pelanggan. Penawaran kalian bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau selera mereka jika kalian semakin kalian mengenal target promosi kalian. 

Informatif

Melalui direct marketing, kalian dapat memberi detail informasi produk kalian, mulai dari harga, cara memperoleh promo, atau keuntungan yang didapatkan dari produk kalian.

Personal

Melalui direct marketing, kalian dapat berinteraksi dengan pelanggan secara personal. Contoh, kalian dapat mengirim email ucapan kepada pelanggan yang membeli produk di toko kalian. 

Terjangkau

Penggunaan jasa media iklan, seperti televisi atau billboard mengharuskan kalian untuk mengeluarkan biaya besar. Kalian dapat menghemat biaya promosi melalui direct marketing.

Contoh, terjangkaunya harga internet maka akan membuat promosi melalui email dan media sosial dapat dilakukan secara luas dan mudah.

Hasil yang Terukur

Promosi yang dilakukan secara langsung dapat langsung diukur hasilnya, contoh kalian mengirim promosi menggunakan kode diskon, kalian dapat langsung mengukur tingkat keberhasilan strategi ini.

Kekurangan Direct Marketing

Berikut ini kekurangan direct marketing:

Mengganggu

Sebagian orang menganggap direct marketing mengganggu, contoh SMS blast yang dilakukan oleh provider seluler. 

Direct marketing yang mengganggu bisa memberi kesan buruk pada bisnis kalian, lho. Selain itu, hal tersebut bisa jadi membuat konsumen tidak tertarik untuk menggunakan produk kalian.

Banyaknya Kompetitor

Banyaknya bisnis yang menggunakan direct marketing bisa membuat promosi kalian nampak tidak spesial.

Contoh, dalam email marketing, promosi kalian bisa tenggelam karena saking banyaknya email promosi yang diterima calon konsumen.

Sumber Daya

Penggunaan direct marketing seperti telepon membutuhkan biaya yang besar. Nah, direct marketing seperti penjualan langsung juga menguras waktu dan tenaga yang besar, lho. Bahkan, dalam jenis usaha tertentu, direct marketing tidak menghasilkan respons yang sebanding dengan sumber daya yang dikeluarkan.

Langkah-langkah Menjalankan Strategi Direct Marketing

Berikut ini langkah-langkah strategi direct marketing yang perlu dicermati:

Menentukan Target Pasar

Secara umum, langkah menentukan target pasar sebagai berikut:

  • Memulai dengan asumsi. Berdasarkan produk yang dimiliki, kalian bisa berasumsi siapa target pasar produk tersebut. 
  • Mencermati persaingan pasar. Kalian harus cerdik dalam mencermati persaingan di lini bisnis kalian karena dapat membantu kalian untuk menemukan celah dalam mendapatkan perhatian pelanggan.
  • Berkomunikasi dengan pelanggan kalian. Komunikasi dengan pelanggan memungkinkan kalian untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan produk Anda.
  • Manfaatkan analytics tools. Analytics tools berguna untuk mengetahui target dan trend pasar, contoh penggunaan Google Analytics dan Instagram Analytics.
  • Menciptakan buyer persona. Buyer persona adalah representasi pelanggan. Kalian dapat menggambarkan calon pelanggan kalian berdasar ciri fisik, demografi, dan lain-lain.
  • Jelaskan keunggulan produk kalian. Calon pelanggan lebih mudah tertarik dengan sebuah produk jika mengetahui keunggulannya.
  • Menciptakan brand positioning. Brand positioning bertujuan memberi kesan brand kalian. 

Merencanakan Bentuk Promosi

Merencanakan bentuk promosi yang efektif bisa dilakukan dengan memberikan diskon. Kalian juga perlu menentukan platform komunikasi yang sesuai dengan desain promosi kalian, apakah lebih sesuai melalui email, SMS, telepon, atau langsung.

Arahkan Calon Konsumen ke Website Kalian

Dalam penerapan direct marketing, kalian dapat menggabungkannya dengan internet marketing. Pemilik website bisnis dapat menggunakan direct marketing untuk mengarahkan pelanggan ke websitenya.

Melalui website, pelanggan dapat mengetahui lebih banyak produk yang kalian miliki tanpa harus datang ke lokasi. 

Oya, silakan pastikan tampilan website kalian tidak timpang dengan email yang kalian kirimkan. Desain email yang menarik juga harus selaras dengan desain landing page website yang menarik juga. 

Analisis Performa

Pendekatan langsung direct marketing menghasilkan respons langsung. Artinya, kalian dapat mengukur keberhasilan strategi kalian secara cepat.

Jika banyak yang merespons tawaran tersebut artinya strategi kalian berhasil. Jika tidak berhasil, silakan kalian segera mengevaluasi. 

Guys, kalau kalian nih, seorang marketer atau sedang merintis bisnis kecil, direct marketing ini merupakan salah satu metode yang tepat digunakan untuk menjangkau pelanggan. Selain tidak membutuhkan biaya yang terlalu banyak, kalian dapat melakukan direct marketing dengan cara yang sederhana.

Good luck and keep healthy



Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa kalian coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Direct Marketing, Manfaat, Kelebihan, dan Strateginya
Artikel
Apa Itu Direct Marketing, Manfaat, Kelebihan, dan Strateginya
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Teknik tepat berinteraksi langsung ke pelanggan adalah direct marketing. Yuk baca Apa Itu Direct Marketing, Manfaat, Kelebihan, dan Strategi
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like