Apa Itu CloudFlare

Sharing is caring!

Apa itu CloudFlare? Apa keuntungan dan kerugian menggunakan CloudFlare? Pada artikel ini, kami akan membahas beberapa hal seputar CloudFlare.

Apa Itu CloudFlare?

CloudFlare merupakan salah satu layanan Content Delivery Network atau CDN dan juga merupakan layanan Web Security. Layanan dari Cloudflare ini bisa Anda dapatkan dengan mudah dan tarifnya gratis. Cloudflare ini sebenarnya bisa dikatakan CDN unggulan jika dibandingkan dengan CDN umumnya. Ini karena Cloudflare mampu memberikan pelayanan yang maksimal. Cloudflare sendiri punya berbagai macam paket yaitu Pro, Bussiness, dan Enterprise.

CloudFlare adalah sebuah CDN yang berada di tengah-tengah antara nama domain dan web hosting. CloudFlare menyediakan keamanan tambahan untuk serangan DDoS, selain juga merupakan sumber cache statis yang membuat website dapat dimuat lebih cepat.

Selain membuat loading website semakin cepat karena visitor loading file statis dari datacenter terdekat, kita pun dapat menghemat bandwidth dengan CDN.

Meskipun kita sudah mengoptimalkan loading website atau memakai cache plugin seperti w3 total cache, kenyataannya website kita loadingnya bisa lebih cepat lagi.

Kelebihan CloudFlare

cloudFlare mempunyai kelebihan sebagai berikut:

  • Menyembunyikan IP address asli dari web hosting.
  • Membuat cache situs sehingga sumber daya untuk memuat situs lebih cepat dan mengurangi beban server.
  • Memberikan perlindungan terhadap semua serangan DDoS dengan mengubah keamanan keamanan situs.
  • Jika situs down, CloudFlare akan terus melayani cached data sampai situs up kembali.
  • Jika registrasi tidak memberikan pilihan untuk menambahkan DNS records, Anda dapat menggunakan nameservers dari CloudFlare dan menambahkan host DNS records.
  • CloudFlare menawarkan layanan gratis dan memungkinkan Anda untuk menambahkan beberapa domain sekaligus.
  • Anda dapat memblok akses situs dari daerah atau negara tertentu jika menerima banyak serangan dari negara-negara tertentu.

Kekurangan CloudFlare

Sedangkan kekurangan dari CloudFlare adalah sebagai berikut ini:

  • CloudFlare bertindak sebagai man-in-the-middle maka apabila CloudFlare down, website juga akan down bahkan jika web hosting up.
  • CloudFlare memungkinkan Anda untuk mengubah keamanan website menjadi “I am under attack” mode yang mana memblok semua upaya serangan DDoS.

Di mana Mendapatkan Cloudflare?

Sebenarnya cloudflare bisa didapatkan dari fasilitas Cpanel atau Anda dapat mendaftar di websitenya cloudflare.com.

Bagaimana Mengaktifkan CLoudFlare pada Shared Hosting atau VPS?

Kunjungi website cloudflare.com untuk mendaftar. Tambahkan domain Anda dan secara otomatis CloudFlare akan mendeteksi nameserver dan IP address dari host yang Anda gunakan saat ini. Cukup pilih pengaturan keamanan dan cache yang diinginkan dan klik next. Setelah semua proses dilakukan, copy nameserver yang diberikan CloudFlare lalu masukkan ke register domain Anda.

 

Anda pernah mengetahui istilah serangan DDoS? Jika belum, klik ke sini yuk https://www.jetorbit.com/blog/mengenal-serangan-ddos-distributed-denial-of-service/

Selain hosting terjangkau dan berkualitas, Jetorbit juga memiliki paket Virtual Private Server (VPS). Di sini Anda akan mempunyai keleluasaan membangun website sendiri. Paket VPS Jetorbit ini bisa Anda dapatkan mulai dari Rp 150.000,- perbulan.

Klik di sini https://www.jetvm.com/

 

Apabila ada yang kurang jelas, silakan ditanyakan. Selamat mencoba ?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu CloudFlare
Artikel
Apa Itu CloudFlare
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Apa itu CloudFlare? Apa keuntungan dan kerugian menggunakan CloudFlare? Pada artikel ini, kami akan membahas beberapa hal seputar CloudFlare.
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment