Apa Itu Brotli dan Fungsinya?

Sharing is caring!

Brotli adalah algoritma kompresi (seperti zip dan gzip) yang mengurangi ukuran file statis Anda (HTML, CSS, dan JavaScript). Biasanya, file terkompresi dikirim dari web server Anda ke web browser klien yang mana selanjutnya di-dekompresi dan diurai. Ingin tahu lebih lanjut? Baca sampai selesai ya Gaes artikel tentang Apa Itu Brotli dan Fungsinya?

Apa Itu Brotli?

Brotli adalah algoritma dekompresi dan kompresi yang sama sekali baru. Agar browser dapat memanfaatkan Brotli, dukungan harus dibangun ke dalam browser. Brotli didasarkan pada algoritma kompresi LZ77 yang sama, yang digunakan gzip.

Brotli awalnya digunakan untuk mengompres font tetapi cukup populer sehingga digunakan untuk data teks.

Pada tahun 2013, Brotli diluncurkan untuk kompresi offline dari font web. Pada tahun 2015, Google merilis versi untuk kompresi data lossless generic dengan mengingat penggunaan untuk kompresi HTTP pada khususnya.

Brotli adalah open source, algoritma kompresi data lossless dengan kepadatan kompresi yang lebih baik daripada gzip yang mengurangi konsumsi bandwidth dan membantu memuat konten lebih cepat. Inilah mengapa Anda harus menggunakannya.

brotli 1

Mengapa Harus Menggunakan Brotli?

Sederhananya, Brotli lebih efisien daripada gzip. Dengan lebih sedikit data yang ditransfer, Anda dapat mengurangi latensi dan mengurangi biaya Content Delivery Network (CDN). Setelah mengaktifkan kompresi Brotli Anda harus mengharapkan peningkatan ukuran berikut di atas gzip:

  • HTML: 21% lebih kecil dari gzip.
  • JavaScript: 14% lebih kecil dari gzip.
  • CSS: 17% lebih kecil dari gzip.

Catatan: Brotli hanya digunakan untuk mengompres file berbasis teks. Format seperti JPEG dan MP4 memiliki algoritma kompresi bawaan mereka sendiri dan Brotli sebenarnya akan membuat ukuran file lebih besar daripada aslinya.

Browser Apa yang Saat Ini Mendukung Brotli?

Menurut Caniuse, Brotli didukung oleh lebih dari 90% pengguna. Semua web browser modern mendukung kompresi Brotli:

  • Microsoft Edge
  • Mozilla Firefox
  • Google Chrome
  • Safari

Catatan: Internet Explorer tidak mendukung Brotli namun ketika dikonfigurasi, Anda dapat mengkonfigurasi web server Anda untuk mendukung beberapa penyandian (seperti gzip).

Muat Halaman Lebih Cepat, Situs Web Lebih Cepat

Ketika data situs web dikompresi lebih cepat dan ke ukuran yang jauh lebih kecil maka membutuhkan bandwidth lebih sedikit untuk memuat. Konsumsi bandwidth yang berkurang berarti pemuatan halaman bisa lebih cepat.

Dengan kelebihannya yang disebutkan sebelumnya, menggunakan Brotli untuk kompresi data Anda pada dasarnya akan menyebabkan pengurangan yang signifikan dalam waktu membuka halaman situs web Anda.

Dan apa yang diterjemahkan untuk situs web Anda? Itu benar, situs web yang lebih cepat!

Situs web yang lebih cepat mendapatkan peringkat pencarian yang lebih baik dan mencerminkan hasil pencarian yang lebih tinggi.

Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik

Dengan ukuran file yang dikompresi lebih cepat, mengurangi waktu pemuatan halaman dan membuat situs web yang lebih cepat berarti pengguna yang merasa bahagia.

Situs web yang efisien dan loadingnya cepat, berkinerja lebih baik dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Hal tersebut merupakan sesuatu yang diperjuangkan oleh  setiap bisnis di luar sana.

Dukungan Browser

Pada fase awalnya, Brotli tidak didukung oleh sebagian besar browser. Sekarang itu telah berubah dan Anda dapat menjalankan kompresi Brotli di sebagian besar browser.brotli 2

Dukungan Browser Kompresi Brotli

 

Jika browser yang digunakan mendukung Brotli, header respons Accept-Encoding akan mencakup “br”.brotli 3

Jika sumber daya di situs web telah dikompres menggunakan Brotli, nilai untuk header respons Content-Encoding akan menjadi “br”,brotli 4

dan bukan gzip.brotli 5

Server dapat dikonfigurasikan sedemikian rupa sehingga secara otomatis kembali ke gzip untuk kasus yang jarang terjadi di mana browser tidak mendukung Brotli

Bagaimana Brotli Bekerja?

  1. Pengguna mengakses situs web atau aplikasi web yang berjalan di server yang mendukung brotli.
  2. Browser memberi tahu server tentang jenis konten apa yang dapat didekompres dengan menggunakan header Accept-Encoding.
  3. Server memutuskan jenis konten terkompresi yang akan dikirim berdasarkan algoritma kompresi yang terkandung dalam permintaan.
  4. Server mengirimkan header Content-Encoding ke browser, menunjukkan metode yang digunakan.
  5. Browser mendekompresi data sebelum menampilkannya di halaman.

Hosting murah juga bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Hosting Indonesia pun telah tersedia. Anda bisa melakukan pemesanan web hosting Indonesia di Jetorbit dengan spesifikasi hosting terbaik.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Brotli dan Fungsinya?
Artikel
Apa Itu Brotli dan Fungsinya?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Brotli adalah algoritma kompresi yang mengurangi ukuran file statis. Baca sampai selesai ya Gaes artikel tentang Apa Itu Brotli dan Fungsinya? di Jetorbit
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment