Apa Itu Bootstrap? Definisi & Tutorial untuk Pemula

Sharing is caring!

Bidang pengembangan web cukup luas dan kemungkinan Anda pernah mendengar tentang Bootstrap pada tingkat tertentu. Jika Anda ingin mengetahui terkait tutorial Bootstrap untuk pemula serta membantu Anda memahami mengapa dan bagaimana Bootstrap, baca sampai selesai ya artikel Apa Itu Bootstrap? Definisi & Tutorial untuk Pemula

Apa Itu Bootstrap?

Bootstrap adalah kumpulan potongan kode yang dapat digunakan kembali yang ditulis dalam HTML, CSS, dan JavaScript. Namun, ini adalah free dan open-source front end web development framework untuk membantu Anda membuat situs web dan aplikasi web yang responsif.

Selain itu, ini menyelamatkan Anda dari keharusan menulis kode yang panjang karena ini dimaksudkan untuk membuat situs web responsif. Ini memungkinkan situs web untuk bekerja secara optimal pada ukuran layar yang bervariasi mulai dari ukuran layar kecil sebagai smartphone hingga ukuran layar besar komputer pribadi.

Bagaimana Cara Memulai dengan Bootstrap?

Saat ini pengembang web memiliki banyak kerangka kerja canggih dalam jangkauan mereka yang membantu mereka bekerja secara efisien dan mudah. Namun, ini adalah salah satu kerangka kerja yang telah membuat pengembangan web jauh lebih ramping dan membuat banyak hal lebih mudah.

Apa Kegunaan dari Bootstrap?

Kerangka kerja bootstrap terutama difokuskan untuk menyederhanakan proses pengembangan web. Ini adalah salah satu kerangka front-end yang banyak digunakan. Ada banyak manfaat persuasif dari teknologi ini yang dapat memikat Anda untuk menggunakannya untuk proyek web berikutnya.

Mari kita periksa manfaat signifikan secara menyeluruh.

  1. Responsif

Saat ini responsif adalah inti dari situs web mana pun. Berkat  fluid grid layout yang menyesuaikan secara dinamis sesuai resolusi layar. Muncul dengan kelas siap pakai yang membuat pengembangan web sangat mudah.

  1. Kemudahan Penggunaan

Tentu saja ini adalah salah satu kerangka kerja yang paling nyaman dan mudah digunakan. Ini menghemat banyak waktu yang Anda habiskan untuk menulis baris besar kode. Ini sangat mudah beradaptasi.

  1. Pengembangan Cepat

Kecepatan adalah fitur terbaik yang dapat Anda harapkan dari kerangka kerja apapun. Alih-alih mengkodekan dari memo, Anda dapat menggunakan pre-build coding blocks yang diberikan dan mengatur situs web Anda dengan baik. Namun, Anda juga dapat menggunakan template Bootstrap gratis yang tersedia untuk membuat segalanya nyaman.

  1. Dapat Disesuaikan

Membuat penyesuaian sesuai dengan kebutuhan Anda memang merupakan fitur yang dinanti-nantikan. Tidak diragukan lagi, sangat mudah untuk menyesuaikannya sesuai kebutuhan proyek Anda.

  1. Mendukung

Ini memiliki komunitas dukungan besar yang membantu Anda memperbaiki masalah apapun. Dukungan komunitas ini terus bekerja pada peningkatan kinerja dan merilis pembaruan baru untuk memperbaiki masalah.

  1. Open Source

Salah satu alasan utama untuk menggunakannya adalah fakta bahwa itu adalah proyek open-source dan gratis, yang dihosting di Github. Anda tidak perlu membeli masalah lisensi untuk menggunakannya. Gratis untuk semua orang.

Apa Yang Dikandung Paket Bootstrap?

Bootstrap termasuk paket untuk memberikan hasil yang diinginkan. Mari kita lihat apa isi paket-paket ini. Ini mencakup:

  • CSS – Tentu saja ia memiliki beberapa fitur mengesankan untuk pengaturan CSS global, elemen HTML mendasar yang ditata dengan kelas-kelas yang dapat dikembangkan bersama dengan sistem grid yang canggih.
  • JavaScript Plugins – Ratusan plugin jQuery khusus untuk memudahkan aliran.
  • Components – Lebih dari selusin komponen yang dapat digunakan kembali dalam repositori untuk membuat navigasi, ikon, dropdown, peringatan (alerts), dan banyak lagi.
  • Scaffolding – Struktur dasar dari Grid System, link styles, dan latar belakang.
  • Customize – Anda dapat menyesuaikan komponen dan plugin jQuery untuk mendapatkan versi Anda sendiri.

Template Bootstrap Gratis

Sekarang Anda tahu bahwa mengintegrasikan kerangka kerja Bootstrap dalam proyek Anda dapat memberi Anda situs web yang sepenuhnya responsif. Anda dapat menggunakan template Bootstrap gratis untuk proyek web Anda.

Namun, jika Anda masih ingin membuat template sendiri dari awal, Anda dapat melakukannya juga. Pilih software Offline Website Builder Bootstrap terbaik untuk membuat template Anda dengan mudah.

Siapa yang Menggunakan Bootstrap?

Beberapa raksasa terkenal, seperti LinkedIn, Spotify, Snapchat, Twitter, NASA, Vogue, dan berbagai lainnya menggunakan teknologi besar untuk situs web mereka.

Websites using Bootstrap – Statistics

Websites using Bootstrap Market Dominance CMS with in-built Bootstrap IntegrationSupported BrowsersPlatform Support 
25.7%54.6%OpenCartChrome, Safari, Firefox,iOS, Android, Windows

 

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2019 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda.

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Bootstrap? Definisi & Tutorial untuk Pemula
Artikel
Apa Itu Bootstrap? Definisi & Tutorial untuk Pemula
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Jika Anda ingin mengetahui terkait tutorial Bootstrap untuk pemula, baca sampai selesai ya artikel Apa Itu Bootstrap? Definisi & Tutorial untuk Pemula
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment