6 Strategi SEO untuk UKM Selama COVID-19

6 Strategi SEO untuk UKM Selama COVID-19

Strategi pemasaran digital seperti SEO sebenarnya dapat menjadi sangat penting untuk kesuksesan bisnis kecil Anda selama dan setelah pandemi ini. Kita akan melihat mengapa SEO itu penting dan mencakup strategi nyata yang dapat diterapkan bisnis Anda selama ini. Yuk baca 6 Strategi SEO untuk UKM Selama COVID-19

Mengapa Butuh SEO selama COVID-19?

Data tren pencarian menunjukkan bahwa trafik ke situs web dari hasil pencarian menurun untuk banyak industri. Apakah SEO tidak ada gunanya selama pandemi? Jawabannya adalah tidak karena alasan berikut ini:

  • COVID-19 menjadi tren sedangkan SEO adalah praktik yang konsisten.
  • Konsumen yang terbatas pada komunitasnya mencari bisnis lokal.
  • Tidak ada waktu yang buruk untuk mempublikasikan konten evergreen, pokok dari SEO.
  • Pengunjung yang Anda tarik saat ini cenderung sangat berkualitas.
  • Keuntungan SEO bersifat jangka panjang.
  • Pencarian hanya akan lebih tertanam setelah pandemic.
  • Ini gratis dan Anda mungkin punya waktu.

SEO Umum untuk UKM Selama COVID-19

  1. Konsistensi

SEO adalah sesuatu yang membutuhkan perawatan rutin. Jangan abaikan SEO selama COVID-19 bahkan jika yang dapat Anda lakukan saat ini adalah minimum. Apa yang Anda lakukan sekarang akan memengaruhi bisnis Anda setelah pandemi.

  1. Konten dalam bentuk panjang

Kecepatannya telah melambat bagi banyak konsumen dan mereka mungkin lebih cenderung mempelajari topik lebih dalam daripada scrolling melalui feed.

Jika langkah Anda melambat karena pandemi, gunakan waktu ekstra untuk menimbun konten berbentuk panjang seperti posting blog yang dapat Anda terbitkan dalam beberapa bulan mendatang.

  1. SEO lokal

SEO lokal selalu menjadi solusi yang menguntungkan untuk bisnis kecil karena mereka bersaing dengan merek besar dan situs utama dalam pencarian. Taktik SEO lokal penting untuk bisnis apapun tetapi mungkin sangat berguna saat ini bagi mereka yang beroperasi dan yang mungkin tidak punya waktu untuk konten jangka panjang.

  1. Menyeimbangkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang

Kita tahu bahwa pandemi coronavirus akan berakhir pada waktunya tetapi kita juga tahu bahwa dampaknya akan bersifat jangka panjang. Dapat dikatakan, keseluruhan strategi SEO Anda harus menggunakan campuran dari taktik jangka pendek dan jangka panjang.

  • Upaya SEO jangka pendek dapat mencakup penerbitan konten yang berkaitan dengan tema coronavirus dalam industri Anda serta memperbarui daftar dan situs Anda untuk istilah pencarian lokal.
  • Upaya SEO jangka panjang dapat mencakup penerbitan konten yang menjawab pertanyaan yang akan ditanyakan pelanggan Anda setelah pandemi serta melanjutkan tujuan strategi tradisional Anda (nonpandemi).

Konten SEO untuk UKM selama COVID-19

Jadi Anda tahu bahwa Anda harus mengikuti SEO Anda dan Anda tahu bahwa konten jangka panjang adalah ide yang bagus tetapi apa yang harus Anda tulis?

  1. Targetkan keyword terkait coronavirus

Di sisi jangka pendek, satu strategi SEO adalah menargetkan istilah tren untuk meningkatkan traffic Anda. Istilah pencarian yang luas akan membuat Anda bersaing dengan situs-situs global dengan otoritas tinggi. Namun, pencarian niche yang berhubungan dengan coronavirus dapat membuat Anda sukses dalam poin peringkat (ranking).

  1. Targetkan tema yang sedang tren

Jika topik dan kata kunci spesifik coronavirus masih terlalu kompetitif untuk bisnis Anda maka pikirkan tentang tema yang lebih luas yang dapat diterapkan di seluruh industri, seperti virtual, di rumah, indoors, dan lain-lain.

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

You might also like