5 Langkah Cek Website yang Kena Hack atau Deface

Sharing is caring!

Permasalahan deface hack bisa terjadi setiap hari. Oleh karena itu, perlu membuat urutan pengecekan untuk website yang terlanjur terkena hack dan di-deface. Berikut akan kami sampaikan terkait 3 Tahapan Cek Website yang Kena Hack atau Deface. Simak terus sampai selesai ya Gaes…

Berikut ini tahapan yang dapat Anda lakukan:

  1. Cek File Manager

Website yang telah di-hack biasanya akan ditinggalkan file asing oleh hacker dalam jumlah banyak. Mulai dari file dengan nama acak, dengan nama seperti system (misalnya sys.php root.php, symlink), file htaccess yang membesar ukurannya, jumlah folder yang tetiba menjadi banyak, dan sebagainya.

Silakan Anda mulai dengan mengecek file-file website Anda.

  1. Cek Traffic Email

Cara paling mudah untuk mengetahui kalau website terkena hack adalah melihat traffic email. Tujuan hacking adalah sebagian besar ingin memanfaatkan akun hosting untuk mengirim email promosi atau ingin mendapatkan traffic gratis.

Oleh karena itu, cobalah cek traffic email di akun hosting Anda dan pastikan trafficnya normal.

  1. Cek Traffic Website

Cara ini agak susah dilakukan. Anda bisa saja dengan mudah melihat log file dengan cara masuk ke akun hosting dan membuka log file nya. Susahnya adalah Anda harus melihat satu persatu baris traffic di log tersebut untuk mencari keanehan yang terjadi.

Anda perlu melihat dan mengecek IP address dari negara mana, file apa yang diakses, dan seberapa sering mengaksesnya.

Bagi Anda yang sudah mahir pun masih membutuhkan waktu untuk melihat traffic ini.

  1. Cek File .htaccess

Ada beberapa kasus ditemukan bahwa website seolah-olah normal ketika diakses tetapi ternyata hacker ingin mendapatkan traffic dari mesin pencari.

Jadi jika website Anda mendapatkan traffic dari Google, maka si pengunjung akan di-redirect ke website lain dengan htaccess tersebut.

Silakan Anda coba pastikan melihat isi file .htaccess tersebut.

  1. Cek di VirusTOTAL

Anda sudah tahu virustotal.com? silakan Anda coba cek status website Anda di virustotal.com untuk mengetahui apakah bersih atau terdapat indikasi virus.

Apabila ada virus maka perhatikan keterangan yang disampaikan oleh virustotal.com agar Anda bisa dengan mudah mencari sumber virusnya.

Ketika membuat website, akan dibutuhkan domain dan hosting.

Jetorbit adalah salah satu perusahaan jasa penyediaan domain dan hosting dengan harga terjangkau. Pelayanannya bagus, cepat, dan 24 jam. Jika sudah membeli domain, Anda akan mendapatkan email sendiri, seperti kamu@namadomainmu.com dan ini lebih professional daripada memakai Gmail atau Yahoo.

Hosting murah juga bisa didapatkan di Jetorbit dengan tanpa mengurangi kualitas, Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan dan sukses dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Hosting indonesia pun telah tersedia. Anda bisa melakukan pemesanan web hosting Indonesia di Jetorbit dengan spesifikasi hosting terbaik.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
5 Tahapan Cek Website yang Kena Hack atau Deface
Artikel
5 Tahapan Cek Website yang Kena Hack atau Deface
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Berikut akan kami sampaikan terkait 3 Tahapan Cek Website yang Kena Hack atau Deface. Simak terus sampai selesai ya Gaes…
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment