5 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Bisnis Online

5 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Bisnis Online

Sharing is caring!

Banyak pemilik bisnis tidak benar-benar paham apa yang mesti dipersiapkan untuk memulai bisnis. Di sisi lain, banyak hal dapat diselesaikan justru setelah perusahaan mulai mendapatkan momentum dan pendapatan. Lalu, hal-hal apa saja nih yang mesti dilakukan sebelum memulai bisnis? Cari tahu detailnya yuk di 5 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Bisnis Online

Hal-hal yang mesti dipersiapkan sebelum memulai bisnis online, tentunya termasuk perencanaan dan persiapan yang cermat untuk semua kemungkinan. Dikarenakan datang dengan masalah dan kesulitannya sendiri, berikut ini beberapa hal yang harus kalian lakukan sebelum memulai bisnis online.

5 Hal yang Harus Diselesaikan Sebelum Kalian Memulai Bisnis Online 

Yuk baca sampai selesai tentang hal-hal yang mesti dilakukan sebelum kalian berbisnis online:

Rencanakan jauh ke depan

Tahun pertama bisnis adalah waktu yang tersulit tapi pertimbangkan untuk membuat rencana bisnis tahun pertama dan strategi jangka panjang hingga tahun kelima.

Rencana untuk tahun pertama dan kedua kalian dapat berupa garis besar mendetail tentang apa yang diperlukan untuk membuat keseimbangan positif, seperti berhasil mencapai sasaran pendapatan triwulanan. Rencana lima tahun kalian harus mencakup investasi tahunan yang besar tetapi tetap terbuka untuk direvisi setelah kalian memulai bisnis kalian.

Ambil langkah tindakan awal

Meskipun perencanaan penting untuk kesuksesan perusahaan kalian, waktu dan tindakan adalah segalanya dalam bisnis. Jika kalian terlalu banyak terjebak dalam fase perencanaan, kalian mungkin saja terjebak dalam detail dan melanjutkan perencanaan tanpa akhir yang bisa terlihat.

Ambil langkah-langkah yang jelas dan dapat ditindaklanjuti, yang mana tidak membuat kalian sendiri merasa ragu-ragu dan tentunya yang dapat memajukan rencana kalian. Misalnya, ambil langkah-langkah untuk mendaftarkan nama perusahaan dan bisnis lalu gunakan momentum itu untuk membeli nama domain. Setelah itu, kalian perlu mencari penyedia hosting lalu mulai membangun situs. Dan langkah-langkah selanjutnya.

Setiap tindakan membuktikan apa yang perlu kalian lakukan selanjutnya meskipun kalian selalu dapat berhenti dan kembali ke rencana kalian.

Rencanakan strategi pemasaran online kalian

Berinvestasi dalam pemasaran sangat penting untuk pemula. Silakan buat strategi pemasaran yang mencakup semua channel yang tersedia, seperti media sosial, iklan berbayar dan PPC, dan SEO. Hal ini memungkinkan kalian untuk mengetahui psikologi konsumen dari audiens target kalian dan di mana kalian kemungkinan akan menemukannya, yang mana akan memberi kalian keunggulan dalam hal retail.

Selain itu, strategi pemasaran akan memberi kalian perkiraan yang baik tentang anggaran pemasaran dan berapa banyak uang yang perlu kalian kumpulkan untuk mewujudkan upaya tersebut.

Dapatkan dana untuk startup dan operasi

Memulai bisnis apapun membutuhkan dana. Meskipun mungkin membutuhkan jauh lebih sedikit untuk perusahaan yang melakukan sebagian besar bisnisnya secara online, kalian masih perlu membuat rencana keuangan dan memperoleh dana untuk memulainya.

Buatlah perkiraan biaya. Sertakan biaya awal, seperti pembelian teknologi dan desain web ke biaya overhead bulanan, seperti langganan software, biaya, dan gaji. Buatlah sekonservatif yang kalian inginkan untuk memaksimalkan ekspektasi dan menurunkan risiko kalian.

Setelah menghitungnya, kalian dapat memperkirakan berapa banyak pendapatan yang kalian perlukan untuk mencapai keseimbangan keuangan yang sehat tentunya. Hanya ketika kalian telah membuat rencana keuangan yang baik, kalian baru dapat mencari pendanaan dan mengetahui jalan untuk mengamankan mereka, baik itu pinjaman bank atau mengambil uang dari rekening tabungan kalian sendiri.

Mulailah dengan layanan lalu kembangkan produk

Pertimbangkan untuk memulai bisnis kalian dengan menjual layanan, kemudian perlahan-lahan beralih ke produk. Layanan umumnya membutuhkan investasi yang jauh lebih sedikit dan membutuhkan waktu lebih sedikit untuk berkembang dibandingkan bisnis yang berpusat pada produk.

Biasanya, begitu pemilik bisnis berhasil melewati beberapa tahun pertama, mereka cenderung lupa untuk memperbaiki model bisnis mereka dan menyesuaikan skala perusahaan mereka.

Nah, dengan kalian merencanakan layanan dan produk, kalian memastikan bahwa pada awalnya kalian tidak menghabiskan sumber daya terlalu cepat atau opsi investasi masa depan kalian lebih jauh lagi.

Guys, kehati-hatian dalam membuat perencanaan memungkinkan kalian untuk mengetahui apa yang harus dicari, terutama jika menyangkut aspek keuangan dalam membuka bisnis. Belum lagi menghindari kesalahan proses bisnis di awal. Semoga artikel ini bisa menginspirasi kalian ya.

Jangan lupa untuk sharing tentang persiapan bisnis kalian di kolom komentar agar kawan-kawan lain juga bisa terinspirasi 🙂

Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Selamat mencoba!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
5 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Bisnis Online
Artikel
5 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Bisnis Online
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Hal-hal apa saja nih yang mesti dilakukan sebelum memulai bisnis? Cari tahu yuk di 5 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Bisnis Online
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like