tips-dasar-seo

10 Tips Dasar SEO untuk Mengindeks dan Memberi Peringkat Konten Baru dengan Lebih Cepat

Sharing is caring!

Saat Anda mempublikasikan konten baru, Anda ingin pengguna menemukannya di peringkat dalam hasil pencarian secepat mungkin. Untungnya, ada sejumlah tips dan trik di SEO toolbox untuk membantu Anda mencapai tujuan tersebut. Baca sampai selesai yuk 10 Tips Dasar SEO untuk Mengindeks dan Memberi Peringkat Konten Baru dengan Lebih Cepat



10 Tips Dasar SEO untuk Mengindeks dan  Memberi Peringkat Konten Baru dengan Lebih Cepat

Pengindeksan (Indexing)

URL Inspection / Fetch & Render

Jadi pada dasarnya, mengindeks konten tidak terlalu sulit di Google. Google memberi kita sejumlah alat dan alat yang paling sederhana serta tercepat adalah alat URL Inspection. Alat Inspeksi URL baru memungkinkan Anda untuk mengirimkan URL dan memberi tahu Google untuk merayapinya. Saat Anda melakukannya, mereka memasukkannya ke dalam antrian perayapan prioritas mereka. Hal itu berarti Google memiliki daftar URL untuk dirayapi (crawl). 

Sitemaps

Teknik umum lainnya adalah menggunakan sitemaps. Ini merupakan salah satu cara termudah dan tercepat untuk mengindeks URL Anda. Jika Anda memilikinya di sitemap, Anda ingin memberitahu Google bahwa URL tersebut sebenarnya ada di sana. Ada sejumlah teknik berbeda yang sebenarnya dapat mengoptimalkan proses ini sedikit lebih lama.

Yang pertama dan paling dasar adalah meletakkannya di file robots.txt Anda. Di robots.txt, Anda memiliki daftar arahan dan di akhir robots.txt, Anda cukup mengucapkan sitemap dan memberitahu Google di mana sitemap Anda berada. Anda dapat melakukannya untuk file indeks sitemap. Anda pun dapat membuat daftar beberapa peta situs.

tips-dasar-seo-1

Anda juga dapat melakukannya menggunakan Search Console Sitemap Report, sedangkan laporan lain ada di Search Console baru. Anda bisa masuk ke sana dan Anda bisa mengirimkan sitemap. Anda dapat menghapus sitemap dan memvalidasi. Anda pun dapat melakukan ini melalui Search Console API.

Cara yang sangat keren untuk memberitahu Google tentang sitemap Anda adalah dengan melakukan ping ke Google. Anda dapat melakukan ini di URL browser Anda. Anda cukup mengetik di google.com/ping dan Anda memasukkannya ke dalam sitemap dengan URL. 

Google Indexing API

Dalam beberapa bulan terakhir, Google dan Bing telah memperkenalkan API baru untuk membantu mempercepat dan mengotomatiskan perayapan dan pengindeksan URL. Kedua solusi ini memungkinkan potensi mempercepat pengindeksan secara masif dengan mengirimkan 100 atau 1000 URL melalui API.

Meskipun Bing API ditujukan untuk URL baru/yang diperbarui, Google menyatakan bahwa API mereka khusus untuk “data terstruktur streaming langsung atau lowongan kerja (either job posting or livestream structured data)”.

Jika Anda ingin menggunakan API pengindeksan ini sendiri, Anda memiliki sejumlah opsi potensial, yakni:

  1. Menggunakan SEO Tools untuk Excel dengan Google API.
  2. Dokumentasi Google Indexing API.

Yoast sendiri mengumumkan bahwa mereka akan segera mendukung pengindeksan langsung di Google dan Bing dalam plugin SEO WordPress mereka.

Indexing & Ranking

Sekarang ada beberapa cara lain agar konten Anda dapat diindeks lebih cepat dan membantunya mendapat peringkat yang sedikit lebih tinggi pada saat yang bersamaan.

Link dari Halaman Penting

Halaman penting mungkin adalah beranda Anda, menambahkan tautan ke konten baru, blog Anda, atau halaman sumber daya Anda. Ini adalah langkah dasar yang ingin Anda lakukan. Anda tentunya tidak ingin membuat halaman-halaman di situs Anda tanpa adanya link yang masuk.

Menambahkan tautan sama artinya dengan memberitahu Google dua hal. Ia mengatakan bahwa kita perlu merayapi tautan ini di masa mendatang dan itu dimasukkan ke dalam antrian perayapan biasa. Namun itu juga membuat tautan menjadi lebih penting. Google dapat berkata, “Kami memiliki halaman penting yang terhubung dengan ini. Kami memiliki beberapa sinyal kualitas untuk membantu kami dalam menentukan bagaimana memberi peringkat.” Jadi, silakan agar Anda menghubungkan dari halaman penting.

Perbarui Konten Lama

Langkah yang seringkali dilupakan orang bukan hanya link dari halaman penting Anda tetapi Anda ingin kembali ke konten lama Anda dan menemukan letak yang relevan untuk meletakkan link tersebut. Banyak orang menggunakan tautan di beranda atau tautan ke artikel lama tetapi mereka lupa langkah tersebut untuk kembali ke artikel lama di situs Anda dan menambahkan tautan ke konten baru.

Berbagi Secara Sosial (Share Socially)

Ketika Anda memiliki konten baru, berbagi secara sosial juga ada korelasi tinggi antara social shares dan peringkat konten. Terutama ketika Anda share di agregator konten, seperti Reddit, mereka membuat tautan aktual untuk dirayapi Google. Google dapat melihat sinyal tersebut dan melihat aktivitas sosial di situs seperti Reddit, yang mana mereka menambahkan tautan aktual. 

Menghasilkan Traffic ke URL

Ada beberapa aturan paten Google lama yang berbicara tentang mengukur traffic dan Google pasti dapat mengukur traffic menggunakan Chrome. Mereka dapat melihat dari mana situs tersebut berasal. 

Ranking

Setelah konten diindeks, ada beberapa ide untuk mungkin memberi peringkat konten Anda secara lebih cepat.

Generate Search Clicks

Selain menghasilkan traffic ke URL, Anda sebenarnya dapat menghasilkan klik penelusuran.

Bayangkan jika Anda membagikan URL di Twitter. Alih-alih membagikan langsung ke URL, Anda bahkan membagikannya ke hasil penelusuran Google. Orang-orang mengklik tautan kemudian Anda membawa mereka ke hasil pencarian Google yang memiliki keyword yang Anda coba ranking lalu orang-orang akan mencari dan mereka mengklik hasil Anda.

Permintaan Target Layak Mendapatkan Sebuah Kesegaran (Freshness)

Saat Anda membuat konten baru, Anda dapat membantunya untuk mendapatkan peringkat lebih cepat jika Anda memilih istilah yang menurut Google layak mendapatkan freshness

Misal, silakan Anda ertimbangkan pengguna yang menelusuri istilah “kafe buka malam Tahun Baru 2021”. Itulah hasil yang ingin Google berikan dengan hasil yang sangat fresh. Anda ingin berita terbaru tentang kafe dan restoran yang akan dibuka pada malam Tahun Baru 2021. Google akan membuka halaman preferensi yang baru-baru ini dibuat. Jadi, saat Anda menargetkan kueri tersebut, Anda mungkin dapat memberi peringkat sedikit lebih cepat.

Bandingkan jika dengan pertanyaan, seperti “sejarah Babilonia”. Jika Anda tulis di Google itu sekarang, Anda mungkin akan menemukan banyak halaman yang sangat tua, yakni halaman Wikipedia. Hasil tersebut tidak banyak diperbarui dan itu akan lebih sulit bagi Anda untuk masuk ke SERP tersebut dengan konten yang lebih baru.

Cara untuk mengetahuinya adalah dengan mengetikkan query yang Anda coba ranking dan melihat berapa usia hasil terbaru. Itu akan memberi Anda indikasi tentang apa yang dipikirkan Google dan berapa banyak freshness yang layak untuk query ini. Pilihlah query yang layak mendapatkan sedikit lebih banyak freshness dan Anda mungkin bisa masuk sedikit lebih cepat.

Memanfaatkan Struktur URL

Saat Google melihat URL baru atau halaman baru untuk diindeks, mereka belum memiliki semua sinyal untuk memberi peringkat. Mereka memiliki banyak algoritma yang mencoba menebak di mana mereka harus memberikan peringkat. Google telah memperlihatkan di masa lalu bahwa mereka memanfaatkan struktur URL untuk menentukan beberapa di antaranya.

Anda sudah membaca semua Tips Dasar SEO untuk Mengindeks dan Memberi Peringkat Konten Baru dengan Lebih Cepat. Tips mana nih yang sudah Anda coba lakukan? Sharing yuk di kolom komentar 🙂

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 4 / 5. Jumlah rate 2

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
10 Tips Dasar SEO untuk Mengindeks dan Memberi Peringkat Konten Baru dengan Lebih Cepat
Artikel
10 Tips Dasar SEO untuk Mengindeks dan Memberi Peringkat Konten Baru dengan Lebih Cepat
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Baca sampai selesai yuk 10 Tips Dasar SEO untuk Mengindeks dan Memberi Peringkat Konten Baru dengan Lebih Cepat di Jetorbit
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo