10 Langkah Strategi Brand Efektif yang Akan Mendukung Bisnis Anda

Sharing is caring!

Banyak yang salah mengira bahwa strategi brand terbatas pada mendesain logo yang bagus atau membuat tagline yang menarik. Pada kenyataannya, brand Anda mencakup semua hal yang membuat Anda terlihat menonjol dibanding pesaing Anda. Yuk baca sampai selesai 10 Langkah Strategi Brand Efektif yang Akan Mendukung Bisnis Anda

strategi-brand-efektif-1

Bagaimana Mengembangkan Strategi Brand Anda?

Mengembangkan rencana jangka panjang untuk membangun brand Anda bisa terkesan sebagai tugas yang berat. Lalu harus mulai dari mana? Berikut ini ada 10 langkah yang bisa memberi Anda pondasi yang kokoh untuk membangun.

Pilih Niche Anda

Melayani niche pasar mungkin melibatkan penawaran layanan khusus, melayani khalayak tertentu, atau membatasi fokus Anda pada produk tertentu yang paling sesuai dengan kebutuhan pelanggan Anda.

Manfaatnya meliputi:

  • Lebih banyak waktu dan energi untuk fokus menciptakan produk terbaik, layanan, dan pengalaman bagi pelanggan Anda.
  • Mengurangi pemborosan sumber daya (termasuk uang).
  • Kemampuan untuk membebankan biaya premium untuk keahlian khusus Anda.
  • Perbedaan dari pesaing yang menarik bagi audiens lebih umum atau yang berbeda  (mungkin dengan penawaran lebih umum atau yang berbeda juga).
strategi-brand-efektif-2

Tentukan Tujuan Pemasaran dan Bisnis Anda

Inti dari strategi adalah mencapai tujuan (atau sasaran). Jadi, dalam mengembangkan strategi brand Anda, Anda tidak boleh lupa untuk mempertimbangkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang Anda.

Pikirkan di mana Anda menginginkan bisnis Anda berada bulan depan, tahun depan, dan dalam beberapa tahun dari sekarang. Bagaimanapun, pertahankan tujuan inti Anda di depan dan di tengah saat Anda memutuskan strategi brand apa yang akan selaras dengan upaya pemasaran Anda dan membawa Anda ke tujuan Anda.

Lakukan Riset Brand

Penting untuk memahami bagaimana pesaing Anda dan bisnis lain yang terlibat dengan audiens Anda melakukan pencitraan brand itu sendiri.

Tentunya Anda tidak ingin menjadi peniru. Namun, Anda dapat banyak belajar dari apa yang berhasil untuk mereka, bagaimana audiens Anda menanggapi taktik tertentu, dan apa yang tidak dilakukan oleh pesaing Anda dalam pencitraan brand mereka. Melihat brand yang ada dapat memberi Anda inspirasi kreatif dan wawasan strategis untuk membantu Anda membedakan diri dari yang lain.

Soroti Apa yang Membuat Anda Berbeda

Meskipun apa yang Anda tawarkan tidak benar-benar unik, Anda tetap dapat tampil beda. Bagaimana caranya? Bentuk pesan dari brand Anda adalah salah satu kuncinya.

strategi-brand-efektif-3

Kita bisa melihat dua kedai kopi komersial, yakni Starbucks dan Dunkin ‘Donuts. Keduanya menjual produk serupa tetapi strategi brand mereka menyampaikan pesan yang berbeda kepada audiens yang sangat berbeda dan kedua brand tersebut sukses. Hal yang sama pun bisa terjadi dalam kasus Anda.

Anda dapat menyesuaikan strategi merek Anda dan membedakan bisnis Anda dengan:

  • Pernyataan visi dan misi yang bersifat pribadi bagi Anda.
  • Core values yang menjadi inti dari apa yang Anda lakukan dan yang dibagikan oleh pelanggan Anda.
  • Penjelasan yang sangat jelas tentang cara unik Anda memecahkan masalah umum.
  • Penjelasan yang sangat jelas tentang cara Anda memecahkan masalah yang tidak umum tetapi penting.
  • Fokus pada karakteristik yang tidak umum atau unik dari audiens target Anda.
  • Pengalaman pelanggan unik yang Anda buat untuk pelanggan Anda.

Pikirkan Bisnis Anda sebagai Pribadi

Setiap orang memiliki kepribadian yang unik. Begitu pula dengan setiap bisnis. Namun, dalam kedua kasus tersebut, tidak setiap kepribadian mudah diingat. Untuk mencegah kasus memiliki brand yang mudah dilupakan maka membayangkan bisnis Anda sebagai person (nyata atau khayalan) dapat membantu.

Tanyakan pada diri Anda: Jika bisnis saya adalah seseorang, orang seperti apakah itu? Ciri dan karakteristik apa yang membuatnya menarik, berpengaruh, atau mudah diingat? Bagaimana orang lain menggambarkan suara, nada, dan gaya mereka?

Latihan ini dapat membantu Anda untuk memvisualisasikan atribut bisnis yang ingin Anda soroti dalam strategi brand Anda dan cara terbaik untuk melakukannya.

Ciptakan Pengalaman Pelanggan yang Luar Biasa

Pengalaman pelanggan adalah penyeimbang bisnis yang luar biasa. Tentunya, pesaing mungkin menawarkan produk atau layanan yang sama dengan harga yang lebih murah tetapi apabila mereka memperlakukan pelanggan dengan buruk atau gagal menangani detail kecil namun signifikan, maka itu tidak masalah. Orang bersedia menghabiskan lebih banyak uang atau waktu untuk pengalaman yang lebih baik.

Selain itu, pelanggan yang puas dapat juga menjadi mini-marketers untuk bisnis Anda, menyebarkan berita tentang pengalaman positif mereka, menulis review pelanggan, dan merekomendasikan Anda kepada orang lain seperti mereka.

strategi-brand-efektif-4

Jadi, silakan berikan pengalaman ideal untuk pelanggan Anda.

Terlibat dengan Komunitas Anda

Merangkul komunitas lokal dapat memberikan keajaiban bagi bisnis Anda.

Secara pribadi, berhubungan dengan pelanggan memiliki dua keuntungan. Pertama, merupakan cara terbaik untuk membangun hubungan, membangun reputasi yang baik, dan mengubah pelanggan setia menjadi pendukung merek yang bersedia berbagi pengalaman positif mereka dengan bisnis Anda.

Kedua, semakin Anda terlibat dengan pelanggan maka semakin baik Anda dalam memahami kebutuhan mereka. Wawasan yang Anda kumpulkan akan memungkinkan Anda untuk memberikan solusi yang lebih disesuaikan, yang artinya pelanggan merasa lebih bahagia!

Membuat dan Memelihara Blog Berkualitas Tinggi

Blog bisnis yang terpelihara dengan baik dapat memberikan banyak manfaat termasuk peningkatan visibilitas online dan peningkatan penjualan. Namun, ini juga bisa menjadi cara jitu untuk mengembangkan brand Anda.

Pastikan untuk memilih topik yang relevan dengan audiens Anda dan buatlah postingan Anda mudah dibaca serta tambahkan gambar untuk menarik perhatian dan meningkatkan pengalaman pengguna. Selain itu, jangan takut untuk menambahkan personality pada informasi yang Anda sampaikan. Pikirkan tentang bagaimana Anda akan berbicara secara pribadi dengan pelanggan terkait bisnis Anda dan cobalah untuk mempertahankan gaya percakapan tersebut saat menulis postingan Anda.

Kembangkan Identitas Visual Anda Secara Strategis

Strategi sama pentingnya di saat memutuskan visual branding, seperti saat Anda akan menyusun pesan Anda. Misalnya, memilih warna brand bukan semata-mata soal preferensi pribadi. Ada baiknya jika psikologi warna menjadi faktor penuntun.

Warna yang berbeda dapat menimbulkan emosi dan respons yang berbeda, yang mana dapat Anda gunakan untuk mempengaruhi cara seseorang melihat dan berinteraksi dengan brand Anda. Misalnya, pertimbangkan “vibes” yang terkait dengan beberapa warna:

  • Biru dapat menunjukkan ketergantungan dan kepercayaan, di antara banyak hal lainnya, menjadikannya warna yang paling populer dan bermakna sejauh ini.
  • Ungu adalah favorit lainnya dan dikaitkan dengan royalti, kreativitas, dan optimisme.
  • Merah mengingatkan pada passion, kegembiraan dan keberanian, bersama dengan beberapa kebalikan termasuk bahaya (jadi berhati-hatilah dengan yang satu ini)
  • Hijau seringkali mewakili konsep, seperti pertumbuhan, kesehatan, dan keselamatan.
  • Kuning dikaitkan dengan kehangatan, kecerahan, dan optimisme.
  • Hitam dan putih sama-sama dapat digunakan untuk menunjukkan kelas, kepercayaan diri, dan kesederhanaan.

Ada banyak nuansa yang perlu diingat, mulai dari logo hingga desain situs dan seterusnya, pastikan untuk memilih warna brand dengan bijak.

Satukan Akun Media Sosial Anda

Selain situs Anda, akun media sosial Anda adalah salah satu perwakilan bisnis online Anda yang paling mudah diakses. Dengan kata lain, akun Anda akan memberikan peluang utama untuk membedakan brand Anda dari awal keterlibatan calon pelanggan dengan Anda.

strategi-brand-efektif-5

Baik Anda menggunakan Twitter, Facebook, Instagram, atau platform lain, pertahankan visual dan suara yang kohesif. 

Jetorbit menyediakan web hosting terbaik dan domain murah di tahun 2021 ini. Web hosting adalah tempat untuk membuat website Anda bisa diakses oleh semua pengunjung di seluruh belahan dunia. Agar bisa online dengan mudah dan cepat maka pilihlah web hosting terbaik dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Sedangkan domain adalah identitas dari website Anda agar mudah pengunjung mengingat nama identitas dari website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
10 Langkah Strategi Brand Efektif yang Akan Mendukung Bisnis Anda
Artikel
10 Langkah Strategi Brand Efektif yang Akan Mendukung Bisnis Anda
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Banyak yang mengira bahwa strategi brand terbatas di mendesain logo. Yuk baca 10 Langkah Strategi Brand Efektif yang Mendukung Bisnis Anda
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment