Kabar Gembira! WordPress 6.0 Telah Rilis dengan 900+ Perubahan!

Kabar Gembira! WordPress 6.0 Telah Rilis dengan 900+ Perubahan!

Sharing is caring!

Asikk, bagi kalian pengguna WordPress wajib tahu nih bahwa pada tanggal 24 Mei 2022 lalu WordPress 6.0 akhirnya dirilis! Versi terbarunya menyuguhkan lebih dari 900 perubahan dan fitur baru! Kalian kudu tahu detailnya nih makanya wajib simak sampai kelar Kabar Gembira! WordPress 6.0 Telah Rilis dengan 900+ Perubahan!

‘Arturo’ adalah Nama dari WordPress 6.0 Terbaru

Versi terbaru dari WordPress diberi nama Arturo, terinspirasi dari musisi Jazz pemenang penghargaan Grammy, Arturo O’Farrill.

arturo 1

Hal ini masih sesuai dengan kebiasaan WordPress sebelumnya. Yaitu, menamai setiap rilisan terbarunya berdasarkan nama seorang musisi Jazz.

WordPress 6.0 ini membawa sekitar 400 perbaikan performa dan 500 fitur baru nan menarik. Bahkan, developer menjanjikan pengalaman menulis dan mendesain website yang jauh lebih menyenangkan bagi penggunanya dengan WordPress 6.0, loh!

Hal-Hal Baru di WordPress 6.0 Arturo

Di sini tidak akan dibahas semua perbaikan dan fitur yang baru, kami hanya menyampaikan beberapa fitur paling menonjol dan berdampak signifikan bagi kalian.

Apa sajakah itu?

1. Performa WordPress 6.0 Ditingkatkan

Salah satu hal yang paling diharapkan pengguna terkait munculnya update terbaru dari suatu platform, yaitu adanya peningkatan performa. Hal ini juga berlaku untuk WordPress 6.0.

Rilis WordPress terbaru membawa beberapa perubahan yang dapat meningkatkan performa website. Mulai dari perbaikan waktu loading halaman, efisiensi waktu eksekusi query database, sampai perbaikan metode caching.

Harapannya, website kalian yang menggunakan WordPress 6.0 dapat dimuat lebih cepat ketika diakses oleh pengunjungnya.

2. Pengalaman Menulis Lebih Nyaman

WordPress menggandeng editor Gutenberg atau yang dikenal dengan Block Editor, sebagai editor bawaan sejak WordPress 5.0. Di rilisan terbaru ini, pengalaman menulis kalian dengan Block Editor jadi lebih nyaman sebab:

  • Kemampuan menyeleksi teks dari beberapa block berbeda sehingga lebih memudahkan kalian melakukan copy-paste tulisan.
  • Penambahan shortcut dua kurung siku buka ‘[[‘ untuk menampilkan daftar halaman dan postingan blog terbaru.
  • Kemampuan menyimpan settingan style yang ada ketika kalian mengubah jenis block, misalnya dari block paragraf menjadi block kode.
  • Kemudahan membuat custom button lalu mengaplikasikan settingan custom tersebut ke button lain yang hendak dibuat.
  • Perbaikan tampilan ikon media sosial dan tag menjadi lebih menarik serta penambahan settingan dan beberapa kontrol baru.

3. Style Switching untuk Mengubah Tampilan

Perubahan di WordPress 6.0 lainnya yang langsung menarik perhatian adalah adanya fitur Style Switching. Fitur ini memungkinkan para pengembang tema, terutama yang mendukung Block Editor, menyediakan opsi preset untuk tampilan.

Beberapa opsi preset ini meliputi variasi jenis font dan palet warna. Kalian tinggal memilih preset yang ada sembari melihat sendiri perubahan yang terjadi di website secara real time. Eitss, semuanya bisa dilakukan hanya dengan beberapa klik saja!

4. Pilihan Template Lebih Variatif

WordPress 6.0 juga menambah lima opsi template baru untuk tema berjenis Block. Lima template tersebut adalah Author, Date, Categories, Tag, dan Taxonomy.

template wordpress 2

Oleh karena itu, kalian bisa lebih fleksibel dalam mendesain halaman web sesuai tujuannya. Kalian juga bisa mengkombinasikan lima template baru di atas dengan tools lain yang sudah ada sebelumnya.

Oia, kalian juga bisa melakukan kustomisasi lanjutan dengan opsi-opsi baru berikut:

  • Menggunakan Featured Image sebagai sampul dari sebuah Block.
  • Mengatur ukuran gambar dengan opsi yang lebih beragam untuk hasil akhir gambar lebih sesuai keinginan.
  • Menampilkan Quick Inserter ketika kalian mengutak-atik template di berbagai bagian Blocks sehingga bisa mempercepat proses pengeditan.
  • Menggabungkan Filtering jika terdapat beberapa Author berbeda serta opsi tampilan custom lain ketika menggunakan Query Block.

5. Integrated Patterns untuk Mendesain Halaman

Masih berhubungan dengan tema nih, ada fitur baru bernama Integrated Patterns untuk memudahkan kalian ketika membangun halaman web. 

integrated pattern WP 3

Normalnya ketika mendesain halaman, kalian akan memulai dengan sebuah layout kosong kan. Namun dengan fitur satu ini, kalian bisa memilih preset layout yang tersedia untuk selanjutnya dimodifikasi sesuai kebutuhan. Pilihan layoutnya juga lumayan beragam sesuai peruntukannya, misalnya layout khusus header atau footer.

Keberadaan Integrated Patterns ini juga bergantung pada tema yang kalian gunakan. Makanya, pastikan pengembang tema kalian telah menyediakan preset layout dulu, ya.

6. Additional Design Tools Semakin Memudahkan

Selain fitur-fitur untuk mempercantik tampilan halaman di atas, WordPress 6.0 masih menyediakan seperangkat Design Tools tambahan yang tak kalah ciamik, antara lain:

  • Desain Color Panel baru yang lebih intuitif serta mempercepat proses seleksi warna.
  • Border Controls baru yang lebih sederhana sehingga kalian lebih mudah dan presisi dalam menentukan batas di bagian halaman tertentu.
  • Penambahan opsi Transparency Levels ketika memilih warna sehingga hasil akhir elemen yang diwarnai jadi lebih menarik.
  • Group Block menyediakan lebih banyak opsi kontrol di dalamnya, mulai dari Control Gaps, Margin, Typography, dan sebagainya.
  • Group Block juga menambah berbagai variasi opsi susunan, seperti Stack, Row, dan Group, sehingga kalian bisa mengatur layout dengan lebih fleksibel.
  • Gap Support Functionality sudah tersedia di Gallery Block, memungkinkan kalian mengatur, menambah, bahkan menghapus jarak antargambar.

7. Tampilan List View Lebih Menarik

Tampilan List View di dalam Block Editor juga termasuk fitur di WordPress 6.0 yang dipermak ulang. Seperti yang terlihat di gambar, kini kalian bisa memasukkan berbagai Block dan menata berbagai Block ke dalam List View.

list view WP 4

Bahkan, List View ini bisa dibuka dan ditutup dengan sangat mudah. Namun secara default, tampilan List View akan tertutup. Setelah itu ia akan terbuka otomatis ketika kalian menyeleksi sebuah Block.

8. Block Locking Controls untuk Mengunci Block

Selain kemudahan menambahkan Block ke dalam List View, WordPress 6.0 juga memungkinkan kalian mengunci Block tertentu. Dengan begitu, Block yang terkunci tidak dapat diedit, dipindahkan, bahkan dihapus.

block locking wordpress 6.0 5

Fitur ini sangat cocok bagi kalian yang masih pemula dalam mendesain web tapi ingin mengkustomisasi tampilan. Sebab, kalian tidak perlu lagi merasa takut salah eksekusi Block yang menyebabkan tampilan berantakan.

9. Aksesibilitas WordPress 6.0 Lebih Baik

Perubahan terakhir yang menonjol dari WordPress 6.0 terbaru ini ialah dukungan aksesibilitas yang lebih baik. Hal ini sesuai dengan misi WordPress untuk menjadi platform yang bisa dinikmati semua kalangan, termasuk disabilitas.

Tercatat, ada sekitar 50 perbaikan khusus untuk menambah aksesibilitas WordPress. Mulai dari peningkatan fitur Alt Text ketika memasukkan gambar, sampai perbaikan lain di fitur Screen Reader.

Cara Update ke WordPress 6.0 Terbaru

Kalian tak sabar ingin mengupdate WordPress ke versi 6.0? Yuk praktikkan beberapa langkah mudah berikut ini!

Seperti biasa, pertama kalian harus masuk ke dashboard WordPress dulu. Di sini, klik menu Updates yang terletak di sidebar sebelah kiri.

updates wordpress 6.0 6

Di halaman Updates, akan muncul versi terbaru WordPress. Langsung saja klik tombol Update to Version 6.0.

update to version 7

Silakan tunggu, update versi WordPress akan berlangsung. Jika sudah, tampilan yang muncul seperti ini:

update wordpress 8

Yeayy! kalian telah berhasil mengupdate ke WordPress 6.0. Mudah banget, kan?

Yuk alihkan pilihan kalian ke berbagai paket WordPress Hosting terbaik yang disediakan oleh Jetorbit. Bahkan, harganya juga terjangkau. Mulai dari Rp 47 ribuan saja perbulan! 

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Kabar Gembira! WordPress 6.0 Telah Rilis dengan 900+ Perubahan!
Artikel
Kabar Gembira! WordPress 6.0 Telah Rilis dengan 900+ Perubahan!
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Kalian kudu tahu detailnya nih makanya wajib simak sampai kelar Kabar Gembira! WordPress 6.0 Telah Rilis dengan 900+ Perubahan!
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like