tips sukses freelance pembuatan website

Internet adalah sebuah lahan subur yang menjanjikan sejuta peluang bagi mereka yang kreatif. Hal tersebut kian dipermudah dengan makin murahnya akses internet. Salah satu layanan yang saat ini banyak dicari di internet adalah jasa pembuatan website, khususnya bagi para pebisnis yang hendak membuat website sebagai media pemasaran produknya. Okay, langsung simak saja yuk 6 Tips Sukses Memulai Bisnis Freelance Jasa Pembuatan Website

Semakin hari permintaan akan pembuatan website semakin banyak. Hal ini tentu membuat bisnis penyediaan jasa pembuatan website masuk dalam kategori bisnis yang diperhitungkan.

Kalian bisa menangkap peluang ini dengan mendirikan sebuah perusahaan digital agency atau memilih jalur lain dengan menjadi freelancer.

Menjadi seorang freelancer atau pekerja lepas, berarti kalian memulai sebuah usaha tanpa terikat dengan perusahaan. Oleh karena itu, kalian harus memulai dan membangun semuanya dari awal. Tak serta merta kalian langsung bisa menerima pesanan setelah memberitahu orang lain bahwa kalian seorang freelancer.

Tips Memulai Bisnis Freelance Jasa Pembuatan Website

Bagi kalian yang masih bingung untuk memulai bisnis freelance jasa pembuatan website dan tidak tahu harus memulai dari mana, tips berikut ini sangat tepat bagi kalian:

1. Menetapkan Diferensiasi

Diferensiasi ini penting sehingga kalian dapat tetap bersaing dan membesarkan usaha jasa website kalian. Oleh karena itu, sadari betul apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan kalian.

Jangan sekali-kali mengambil project yang tidak dapat kalian selesaikan karena hal itu akan membuat nama kalian buruk di mata klien.

Ambillah project yang memang dapat kalian selesaikan, tolak dengan sopan, dan jujur terkait project yang tidak dapat kalian handle. Tidak perlu merasa gengsi, jadikan sebagai goal pembelajaran yang dapat kalian kembangkan ke depannya.

Kalian harus bisa memposisikan diri kalian sebagai seorang konsultan sehingga kalian selalu berupaya untuk memberikan solusi terbaik untuk klien.

2. Pilih layanan hosting yang sesuai dengan jasa Anda

Hosting adalah salah satu faktor penting keberhasilan bisnis layanan jasa pembuatan website, yang mana hosting yang tangguh tentu akan membuat lalu lintas web bisnis berjalan lancar. Jangan berlama-lama berada di hosting yang sering down atau bermasalah. Segera cari penggantinya yang lebih baik. Jangan lupa juga untuk memilih hosting yang bisa memberikan layanan customer support 24 jam dan berkualitas.

Dalam memberikan jasa layanan pembuatan website, biasanya kalian akan dihadapkan pada klien yang berbeda. Ada klien yang ingin kalian melakukan pengembangan CMS dari awal atau lebih dikenal dengan jasa kustom website.

Atau, ada juga tipe klien yang ingin menggunakan CMS WordPress dalam memasarkan produknya sehingga sangat disarankan kalian menggunakan layanan hosting WordPress tepercaya.

3. Membuat laman website untuk promosi jasa website

Dikarenakan sudah cukup ahli dalam bidang pembuatan website dan media online lainnya, tentu saja penawaran bisnis jasa website juga harus dilakukan dengan website pula.

Website bisnis jasa akan mempermudah para pelanggan untuk mengetahui daftar pelayanan yang diberikan.

Sama halnya dengan website penjualan online, buatlah desain menarik dan sampaikan penawaran dengan bahasa yang jelas dan tidak berbelit. Oleh karena itu, akan semakin banyak pelanggan yang menggunakan jasa website kalian.

4. Mengumpulkan Portfolio

Sambil terus mengasah kemampuan mendesain website, langkah selanjutnya adalah menambah data portfolio agar dapat dijadikan referensi oleh calon klien.

Makin banyak karya yang kalian hasilkan, maka kemampuan kalian akan lebih diperhitungkan oleh perusahaan yang menggunakan jasa kalian.

Sabar, ulet, dan tekun adalah kunci sukses yang didengung-dengungkan oleh mereka yang sudah mencapai kesuksesan. Tak ada salahnya kalian terapkan di dalam bisnis dan keseharian kalian. Siapa tau kalian pun ikut ketularan menjadi sukses. 

5. Melakukan langkah promosi yang tepat di sosial media

Beberapa media yang sangat efektif untuk digunakan promosi adalah media sosial, seperti Facebook, Twitter, Youtube, dan masih banyak lagi. Kumpulkan pula testimoni untuk semakin menarik pelanggan.

6. Memanfaatkan blog untuk mengedukasi pembaca

Untuk menunjang promosi jasa pembuatan website kalian, silakan update konten blog kalian seputar tips web design atau materi seputar bisnis online.

Jika kalian ingin terlihat sebagai orang yang profesional di bidang kalian maka kalian perlu membiarkan orang lain untuk tahu. Hal ini berarti kalian harus menampilkan keterampilan kalian dan menulis artikel atau posting tentang desain web.

Silakan berikan edukasi pembaca kalian melalui konten-konten yang bermanfaat. Jadikan bahwa kalian adalah freelancer yang tepat yang akan menjadi solusi bisnis mereka di kemudian hari. Lakukan update secara konsisten dan baik.

Apakah kalian sudah menjadi seorang freelance web developer? Atau, saat ini masih dalam proses untuk menjadi salah satunya? Mulailah dengan hal yang kecil. Semakin cepat kalian memulai bisnis maka semakin besar terbukanya peluang bisnis kalian dan selangkah di depan kompetitor freelance web developer yang lain.

Semoga dengan menjalankan enam langkah atau cara bisnis freelance penyediaan jasa pembuatan website terbaik di atas, bisnis kalian pun akan dapat berjalan dengan optimal, ya. 

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment