php-vs-html

PHP vs HTML: Yang Harus Anda Ketahui di 2020

Sharing is caring!

PHP adalah bahasa scripting sedangkan HTML adalah bahasa markup. HTML menentukan struktur umum dan konten atas halaman web, sedangkan PHP sendiri menyediakan konten dinamis melalui scripts. PHP biasanya merupakan server-side language sedangkan HTML adalah client-side. Yuk baca selengkapnya artikel PHP vs HTML: Yang Harus Anda Ketahui di 2020

Saat pertama kali masuk ke desain web atau pengembangan situs, Anda mungkin merasa kewalahan dengan berbagai bahasa dan pendekatan pengembangan yang akan Anda temui. PHP dan HTML misalnya, memang tampaknya ada di mana-mana dan orang-orang yang bekerja dengan salah satunya sering juga bekerja dengan yang lain.

Pemahaman sepenuhnya ke PHP dan HTML merupakan persyaratan bagi pembuat web. Jadi, pembuat web semestinya memahami terkait poin “apa itu PHP dan HTML” dan “apa yang dapat dilakukan oleh bahasa pemrograman PHP dan HTML”.

Apa Itu HTML?

Bahkan orang dengan pengetahuan minim terkait bagaimana cara kerja halaman web, pernah mendengar tentang HTML. Maka tidak mengherankan bagi kebanyakan orang untuk mengetahui bahwa HTML merupakan cara yang populer untuk membuat laman web. 

HTML (HyperText Markup Language) adalah apa yang dikenal sebagai markup language. Sebagai markup language, bahasa ini bertanggung jawab untuk menentukan dasar-dasar halaman web. File HTML membentuk body atas situs itu sendiri, termasuk teks, gambar, dan layout secara umum.

HTML sendiri hanya mampu membuat situs statis yang cukup jelek. Namun, HTML yang digunakan dengan CSS, akan memungkinkan halaman yang dinamis serta berwarna. Hal ini dikarenakan saat Anda menggunakan HTML untuk membangun fondasi halaman Anda maka CSS pun bisa mengubah tampilannya.

Apa Itu PHP?

php-vs-html-1

PHP adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam desain web untuk membuat halaman web dinamis. HTML menyediakan pondasi dan struktur untuk halaman web, sementara berbagai bahasa pemrograman PHP memungkinkan Anda membuat inner workings dari halaman.

Tidak ada kekurangan dari bahasa pemrograman ini, yang mana memang dapat membantu pekerjaan Anda dan PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling populer. PHP scripts bisa dikatakancukup kuat untuk menciptakan hampir semua yang Anda butuhkan di halaman Anda. Selain itu, PHP scripts juga fleksibel dan mudah dipelajari.

PHP juga dikenal sebagai Hypertext Processor. Sama seperti HTML, kode PHP juga disematkan di halaman web, meskipun terkadang digunakan sebagai server-side scripting language dan dijalankan di server. Sebelum Anda melihat halaman, web browser memproses operasi berbagi informasi PHP yang diperlukan, termasuk fungsi pencarian dan elemen halaman penting lainnya. Yang terbaik dari semua yang ada di PHP adalah perangkat lunak open-source dan Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menggunakannya. Apabila dipasangkan bersamaan dengan HTML, PHP merupakan alat penting dalam perangkat pengembangan web Anda.

Kapan Menggunakan HTML

HTML merupakan client-side language sehingga ini digunakan untuk mengubah tampilan halaman web untuk pengguna. Dengan demikian, HTML berguna untuk pengembangan front end. Pengembang web menggunakan HTML untuk mengubah format teks dan tampilan. HTML sering digunakan dengan bahasa lain, seperti JavaScript.

Kapan Menggunakan PHP

PHP adalah server-side language. Ini menjangkau backend untuk mengambil data atau menginstruksikan server untuk melakukan tugas. Oleh karena itu, PHP hanyalah bahasa yang Anda butuhkan jika Anda ingin membangun aplikasi server-management atau fungsi, baik di dalam halaman web dan di server itu sendiri.

Karena PHP merupakan bahasa server yang recommended, banyak pengembang menjadikannya bahasa utama mereka untuk fungsi back-end. Selain itu, PHP memiliki keamanan dan dukungan yang sangat baik untuk semua jenis protokol, termasuk IMAP, HTTP dan HTTPS, POP3, dan NNTP. Artinya, ini merupakan bahasa yang sempurna untuk sistem dan administrator database di berbagai bidang.

Jika Anda membutuhkan halaman web yang mengontrol fungsi server dan mengembalikan output HTML, PHP adalah pilihan yang tepat.

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 2

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
PHP vs HTML: Yang Harus Anda Ketahui di 2020
Artikel
PHP vs HTML: Yang Harus Anda Ketahui di 2020
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
PHP biasanya merupakan server-side language sedangkan HTML adalah client-side. Yuk baca artikel PHP vs HTML: Yang Harus Anda Ketahui di 2020
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo