gutenberg

Kalian pengguna Gutenberg di WordPress? Asikk, ada berita baru, nih! Gutenberg 14.6 resmi diluncurkan pada 23 November 2022. Nah, sederet fitur baru dikenalkan sekaligus melengkapi update versi 14.5 yang rilis di bulan yang sama. Makanya, simak sampai kelar yuk agar tahu fitur terbarunya, Perubahan Rilis Gutenberg 14.6 yang Menjadi Sorotan 

Perubahan yang Dihadirkan Gutenberg 14.6

Berikut beberapa pembaruan yang menjadi highlight di update Gutenberg 14.6:

1. Pilihan Variasi di Group Block Placeholder

Group Block menjadi salah satu fitur yang dipermak oleh Gutenberg 14.6. 

perubahan gutenberg

Saat menambahkan Group Block, akan langsung disuguhkan dengan variation picker. Fitur baru ini memungkinkan untuk memilih tipe layout yang diinginkan secara langsung.

Eitss, jika salah pilih tipe layout, kalian masih bisa menggantinya kok di menu Row dalam Global Style. 

2. Mengatur Heading Jadi Lebih Praktis

Gutenberg juga memperkenalkan shortcut baru untuk memberikan workflow yang lebih baik bagi penggunanya, loh. 

perubahan gutenberg

Hanya dengan tekan tombol Ctrl + Option (Alt) + [1-6], kalian bisa mengubah block paragraf menjadi sebuah heading. 

3. Tambahan Minimum Height Control

Pengguna Gutenberg melaporkan bahwa setiap kali mereka menambahkan footer pada halaman yang tidak memiliki konten, posisi footer yang seharusnya ada di dasar halaman justru berada di bagian tengah. 

minimum high control

Nah, makanya Gutenberg 14.6 menghadirkan Minimum Height control supaya pengguna bisa mengatur tinggi block keinginan. 

Untuk sekarang, kontrol ini baru tersedia di Group dan Post Content block

4. Opsi Baru di Menu Columns

Menu Columns juga menjadi target pembaruan Gutenberg 14.6. Kini, kalian bisa mengubah sebuah kolom menjadi block yang terpisah dengan fitur Unwrap

menu coloms

Fitur ini akan memudahkan jika ingin memisahkan sebuah kolom. Setelah klik kolom yang ingin dipisah, tinggal klik icon Columns lalu pada menu Transform to pilihlah Unwrap

5. Lebih Mudah Mengedit Navigation Block

Hey, mengelola urutan item di Navigation Block kini jadi lebih mudah! Gutenberg 14.6 memungkinkan memodifikasi urutan item melalui pengaturan block yang ada di sidebar

navigation block

Hampir mirip dengan List View di Document Overview. Bedanya, fitur ini hanya digunakan untuk mengelola Navigation Block yang sedang diedit. 

6. Tampilan Baru Document Outline

Di versi Gutenberg 14.4, List View dan Details berada pada icon yang terpisah di panel Document Overview. Icon Details menunjukkan informasi, seperti jumlah kata, karakter, hingga paragraf. 

dokumen outline

Kini, icon Details dihilangkan dan keterangan jumlah kata hingga waktu baca dipindahkan di bagian bawah panel Document Outline. Hal ini membuat tampilan panel terlihat lebih rapi dibanding versi sebelumnya.

7. Block Spacing Control Punya Visualisasi yang Lebih Oke

Gutenberg juga membawa pembaruan pada block spacing control, yaitu peningkatan tampilan visual pada editor.

block spacing

Dengan tambahan visualisasi inilah user bisa melihat secara langsung perubahan yang terjadi saat mengotak-atik tombol kontrol.

8. Page List dalam Anakan Container Block Bisa Diedit

Seorang user melaporkan bahwa ia tidak bisa mengedit Page List yang berada dalam anakan dari Container Block, seperti Navigation Block. User tersebut harus melakukan beberapa kali klik sebelum tombol edit muncul di atas block tersebut. 

container block

WordPress akhirnya merespon kendala yang terjadi pada user tersebut. Nah, update ke Gutenberg versi terbaru akan memungkinkan user mengedit Page List hanya dalam satu kali klik.

9. Perubahan Design Font Size Picker

Nah,perubahan terakhir, ada penambahan slider bar pada font size picker untuk memudahkan kustomisasi ukuran font di Gutenberg. 

perubahan gutenberg 14.6

Perubahan ini diterapkan pada panel Global Style dan Storybook. Perbedaan di antara keduanya adalah font size picker di Storybook memiliki reset button.

Yuhuu, itulah beberapa perubahan pada Gutenberg yang patut kalian ketahui. Sebenarnya sih, masih banyak perubahan yang dihadirkan versi terbaru editor ini. Hanya saja, sederet pembaruan di atas itulah yang paling menonjol di antara yang lain.

Semoga bermanfaat dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment