Apa Perbedaan Domain AC.ID dengan SCH.ID?

Apa Perbedaan Domain AC.ID dengan SCH.ID?

Sharing is caring!

Website bagi pengguna internet memang sesuatu yang memiliki tujuan penting. Salah satu jenis website yang banyak dicari oleh pengguna internet adalah website kampus.  Selain itu, pembuatan website bukan hanya diperuntukkan bagi perguruan tinggi namun juga untuk sekolah menengah. Domain yang digunakan pun berbeda antara keduanya. Wah, ketahui seluk beluknya aja yuk agar gak penasaran Apa Perbedaan Domain AC.ID dengan SCH.ID?

Mengenal Domain .AC.ID

Memang sangat banyak yang menggunakan domain .AC.ID untuk kepentingan website yang menyajikan informasi terkait perguruan tinggi. Domain .AC.ID adalah sebuah nama domain yang digunakan untuk website kampus. Perguruan tinggi tersebut tentunya sudah terdaftar di Kemenristek Pendidikan atau kementerian lainnya, ya.

Adapun kementerian yang dimaksud seperti Kementerian Agama maupun kementerian lainnya yang memang berwenang memberikan izin pendidikan. Kewenangan ini diberikan untuk perguruan tinggi. Jika kampus tersebut terdaftar di kementrian yang dimaksud dan memiliki website yang menyajikan informasi tentang kampus, tentu menggunakan domain ini.

Persyaratan yang Dibutuhkan Mendaftar Domain .AC.ID

Sebelum mendaftar domain .AC.ID untuk kepentingan website kampus, tentunya ada persyaratan yang harus dipenuhi. Hal ini disebabkan penggunaan domain memang bersifat resmi.

Persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar domain .AC.ID adalah sebagai berikut:

1. Kartu Identitas

Seperti yang diketahui bahwa kartu identitas memang sangat dibutuhkan pada saat ingin menggunakan domain .AC.ID. Kartu identitas yang dibutuhkan seperti KTP merupakan syarat wajib yang harus disediakan oleh orang yang bersangkutan. Selain KTP, pemilik website juga bisa menjadikan paspor sebagai kartu identitas pada saat melakukan pendaftaran nantinya.

2. SK Pendirian Lembaga Pendidikan Tinggi

Berhubung karena website ini merupakan website kampus, pemilik website tentu harus mengantongi SK Pendirian Lembaga. Nah, SK ini akan diperoleh orang yang bersangkutan dari Kementerian ataupun lembaga yang berwenang. Namun, lembaga yang berwenang ini tentunya harus sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

3. Surat Keterangan Rektor

Apakah kalian tahu bahwa surat ini juga memiliki peran yang sangat penting untuk dicantumkan apabila ingin mendaftar untuk menggunakan domain .AC.ID? Surat keterangan ini bisa didapatkan langsung dari rektor atau pimpinan lembaga universitas. Adanya surat ini dijadikan sebagai bukti jika website tersebut benar-benar dari kampus berdasarkan surat izin.

4. Nama Domain Sesuai dengan Nama Lembaga

Persyaratan yang tidak boleh terlewatkan adalah nama domain yang akan dibuat nantinya harus sesuai dengan nama lembaga atau perguruan tinggi. Alasannya adalah agar pengguna internet tidak sulit saat ingin mencari website resmi dari kampus yang dicarinya. Oleh karena itu, hal ini tidak boleh diganti saat menentukan nama domain.

Perguran Tinggi yang Menggunakan Domain .AC.ID

Memang sangat banyak perguruan tinggi yang menggunakan domain ini untuk sebuah website yang dimiliki. Pengguna domain ini memang hanya ditujukan untuk universitas, baik itu berstatus negeri maupun swasta. 

Universitas mana saja yang menggunakan domain ini?

1. UGM

UGM atau kependekan dari Universitas Gadjah Mada merupakan perguruan tinggi negeri yang memiliki website resmi, yang mana website tersebut menggunakan domain .AC.ID. Dalam website resmi perguruan tinggi tersebut memang menyajikan beberapa informasi seputar kampus.

Mulai dari sejarah perguruan tinggi, jumlah mahasiswa yang terdaftar, dan sebagainya. Bahkan melalui website ini pun akan ada beberapa informasi mengenai penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa. Bukan hanya itu, situs resmi UGM ini pun memberikan informasi terkait dengan kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh para mahasiswa.

2. UI

Jika diamati, isi dari website resmi UI tentunya tidak jauh berbeda dengan website resmi dari perguruan tinggi yang lain. Banyak berita mengenai kampus ini yang tersaji dalam website kampus ini. Selain itu, ada juga informasi mengenai akreditasi kampus baik akreditasi yang bersifat nasional maupun yang bersifat internasional. 

Apa Itu Domain .SCH.ID?

Domain .SCH.ID ini dapat diartikan sebagai domain yang digunakan sebagai pengenal jika website tersebut adalah website sekolah. Kata SCH sendiri diambil dari kata school.

Dari kata tersebut kemudian ditambahkan ID yang menandakan bahwa domain ini berasal dari Indonesia. Oleh karena itu, jika pengguna menemukan nama domain ini tentunya sudah bisa mengenali jika website tersebut merupakan website sekolah. Sebab, domain .SCH.ID memang diperuntukkan bagi website yang menyajikan informasi terkait sekolah tertentu.

Mengapa Menggunakan Domain .SCH. ID untuk Website Sekolah?

Banyak yang belum memahami penggunaan dari domain ini untuk sebuah kepentingan website sekolah. Alasan mengapa menggunakan domain tersebut karena memperoleh banyak keunggulan. Adapun keunggulan yang dimaksud antara lain domain .SCH.ID sudah mengantongi surat izin resmi dari lembaga yang terkait.

Selain itu, karena dengan menggunakan domain tersebut akan memudahkan pengunjung mengenali website sekolah. Dengan begitu, tampilan dari website sekolah bersifat kredibel dan tentunya sangat terpercaya untuk mencari informasi yang valid.

Informasi mengenai sekolah tertentu akan lebih mudah diakses tanpa perlu dilakukan observasi oleh calon peserta didik. Apalagi informasi yang disajikan bukan hanya mengenai sejarah dari sekolah tersebut namun juga tentang berita terkini yang terjadi di sekolah tentunya. Dengan adanya berita yang selalu terupdate tentunya dapat menambah kepercayaan dari pengunjung web.

Syarat Mendaftar Domain .SCH.ID

Berikut ini merupakan persyaratan yang harus dilengkapi sekolah formal dan nonformal jika ingin menggunakan domain .SCH.ID:

  • Membawa kartu identitas yang dimiliki berupa KTP atau Paspor.
  • Melampirkan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah (untuk sekolah formal).
  • Melampirkan SK Pendirian Lembaga dari SKPD (untuk sekolah nonformal).
  • Nama domain yang digunakan harus sesuai dengan nama sekolah yang didaftarkan.

Cara Mendaftar Domain .SCH.ID untuk Web Sekolah

Langkah-langkah yang harus dilakukan jika ingin mendaftar domain .SCH.ID sebagai berikut:

1. Membuat Akun

Langkah yang dapat dilakukan oleh pihak sekolah adalah dengan melakukan pembuatan akun terlebih dahulu. Pembuatan akun ini dapat dilakukan  melalui platform yang dituju karena setiap platform tentu sudah menyediakan kolom registrasi atau pendaftaran akun untuk diisi. Kolom tersebut isinya berupa data diri mengenai sekolah.

2. Mendaftarkan Domain Web

Jika proses pembuatan akun sudah dilakukan, pengguna bisa langsung melakukan pendaftaran domain untuk website sekolah. Pendaftaran ini dapat dilakukan di kolom yang tersedia. Nantinya kolom yang tersedia tersebut bertuliskan Pendaftaran Domain Baru dan pengguna harus memasukkan nama domain. Pastikan nama domain harus sesuai dengan nama sekolah, ya.

3. Input Data Sekolah

Apabila pendaftaran domain web ini  sudah berhasil, pengguna diarahkan untuk melakukan penginputan data. Data yang akan diinput tentunya mengenai data dari sekolah yang dituju. Penginputan ini mulai dari nama sekolah, NPSN, dan sebagainya. Pengguna harus memasukkan data tersebut sebagai identitas resminya.

4. Memeriksa Kembali Data dan Melakukan Checkout

Pengguna yang telah memasukkan data tersebut tentu harus memeriksa kembali. Tujuannya adalah jangan sampai data yang dimasukkan ada yang keliru sehingga berdampak pada website sekolah nantinya. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memeriksa kembali data tersebut sebelum melakukan checkout. Pengguna bisa melakukan checkout dengan menekan tombol yang tersedia.

5. Melakukan Pembayaran

Sebelum melakukan pembayaran, pengguna akan dihadapkan dengan opsi metode pembayaran yang harus dipilih. Jika sudah memilih maka langsung saja memberikan centang dan mengklik Menyelesaikan Pesanan.

6. Proses Pendaftaran Selesai

Memang domain ini tidak digunakan secara gratis melainkan harus dibeli oleh pemilik website dengan harga yang terjangkau. Maka, pengguna bisa memilih metode pembayaran sebelum pesanan tersebut diselesaikan. Jika sudah menekan menu penyelesaian, artinya proses pendaftaran domain ini pun dianggap selesai dan bisa digunakan.

Jetorbit pun menyediakan domain AC.ID dan domain SCH.ID. Adapun terkait contoh surat permohonan dan surat kuasa untuk kepentingan pembuatan domain SCH.ID, bisa dilihat di sini.

Kabar gembira dari Jetorbit untuk kalian! Sekarang, kami telah meluncurkan produk baru berupa layanan Cloud Hosting yang siap meningkatkan performa website kalian.

Layanan Cloud Hosting dari Jetorbit ini memungkinkan kalian untuk menangani trafik tinggi. Bagi kalian yang butuh sumber daya untuk proses data yang lebih besar dan lebih cepat juga cocok menggunakan layanan ini. 

Selamat mencoba dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂 

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Perbedaan Domain AC.ID dengan SCH.ID?
Artikel
Apa Perbedaan Domain AC.ID dengan SCH.ID?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Domain yang digunakan pun berbeda antara kampus dan sekolah. Simak aja yuk agar gak penasaran Apa Perbedaan Domain AC.ID dengan SCH.ID?
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like