Pengertian Server lighttpd, Fungsi, dan Kelebihannya

Sebenarnya lighttpd sudah ada sejak tahun 2003 dirilis, namun mungkin Anda masih jarang mendengarnya. Hal ini karena memang lighttpd ini relatif kurang populer. Meski tak sepopuler web server lainnya, lighttpd masih layak digunakan loh sebagai software layanan web server untuk menjalankan aplikasi web. Nah, bagi yang masih belum populer dengan lighttpd, tak usah khawatir, yuk langsung simak saja tentang Pengertian Server lighttpd, Fungsi, dan Kelebihannya 

Apa Itu Lighttpd? 

Lighttpd adalah software web server berbasis open-source yang diklaim aman, cepat, dan fleksibel. Software ini dikenal punya kinerja tinggi karena berhasil mengatasi permasalahan c10k, tentang bagaimana menangani 10.000 koneksi secara simultan. 

Lighttpd telah merilis versi terbaru pada tanggal 30 Oktober 2023 dengan nomor build lighttpd 1.4.73. Perilisan versi terbaru ini menjadi bukti bahwa lighttpd masih mendapat perhatian dari pengembangnya. Lighttpd dapat digunakan secara gratis dan bebas yadengan mengakses halaman website berikut

Selain itu, lighttpd juga memiliki modul yang relatif sedikit, yang mana membuatnya menjadi web server paling ringan pada spesifikasi server minimum. Anyway, lighttpd ini juga mendukung FastCGI, SCGI dan CGI, load balancer, dan masih banyak lagi. Lighttpd dapat menguntungkan bagi pengguna bahasa pemrograman PHP karena software ini secara khusus telah mengoptimasi web servernya agar lebih efisien digunakan dalam FastCGI yang telah mendukung opcode cache (mirip APC). 

Fungsi Lighttpd 

Secara umum sih lighttpd adalah salah satu web server yang memiliki fungsi seperti Nginx versi lite. Dengan kata lain, hampir semua kegunaan Nginx telah diadopsi Lighttpd. 

Tak hanya sebagai web server, software ini dapat menjadi HTTP proxy, load balancing, web socket, LUA programming, dan masih banyak lagi. 

FYI, lighttpd dapat menjalankan beberapa bahasa pemrograman, antara lain PHP, Catalyst framework, Ruby on Rails, Python, Perl, dan Lua.

Nah, dapat disimpulkan bahwa lighttpd memang layak untuk digunakan. Apalagi, jika spesifikasi resource perangkat atau server yang kalian gunakan sangat terbatas. 

Kelebihan Lighttpd 

Berikut ini beberapa kelebihan yang harus kalian ketahui:

Ringan dan Minimalis 

Lighttpd dikenal sebagai salah satu web server dengan penggunaan source server yang kecil. Hal ini membuat lighttpd terhindar dari masalah hang dan sejenisnya sebab modul yang dimuat tidak sebanyak Apache maupun NginX. 

Cepat dan Efisien 

Lighttpd didesain sebagai web server yang cepat dan efisien sehingga sangat cocok bagi web statis. Web server ini juga sudah mengadopsi arsitektur event-driven dan asynchronous I/O untuk menangani concurrent koneksi yang sedang tinggi dengan sangat efisien. Wow, keren kan!

Arsitektur Modular 

Lighttpd memiliki fitur untuk mengaktifkan atau menonaktifkan beberapa modul spesifik yang dibutuhkan. 

Mendukung FastCGI dan Proxy 

FastCGI memungkinkan website dinamis dapat dirender dengan sangat cepat. Tambahan lainnya, seperti HTTP Proxy, dapat digunakan juga untuk membantu server lain berkomunikasi dalam pengembangannya. 

Mendukung URL Rewriting dan Redirects 

Anyway, kelebihan ini membuat kalian dapat mengalihkan kunjungan ke halaman lain yang telah diatur sebelumnya. 

Keamanan 

Lighttpd memiliki fitur keamanan dengan menggunakan chroot yang dapat membuat server aman dari pihak luar yang berusaha mengakses file sistem. 

Mendukung IPv6 

IPv6 adalah protokol internet tambahan yang wajib dipertimbangkan, loh. Hal ini karena di masa depan, IPv6 akan mendominasi secara global. Lighttpd memastikan ke penggunanya bahwa aplikasinya dapat dioperasikan melalui IPv4 dan IPV6. 

Dokumentasi 

Lighttpd memiliki beragam dokumentasi dukungan yang dapat membantu dalam mengelola layanannya.  

Kekurangan Lighttpd 

Oia, lighttpd tetap memiliki beberapa kekurangan yang wajib kalian pertimbangkan juga, sih. Apa saja kekurangannya? 

Konfigurasi 

Lighttpd memiliki konfigurasi web server yang sedikit lebih rumit dibanding web server lain, misalnya Apache. Kalian mungkin butuh riset dulu ya sebelum mencobanya untuk menghindari munculnya kendala di masa depan. 

Ketersediaan Modul 

Modul yang ditawarkan lighttpd sangat sedikit. Makanya, web server ini tak cocok bagi yang memiliki aplikasi web rumit atau butuh library penting terkait fungsional webnya. 

Dokumentasi dan Komunitas 

Hingga saat ini, dokumentasi dan dukungan komunitas lighttpd masih terbatas. Ada kemungkinan kalian bisa menjadi salah satu “orang penting” dalam komunitas saat berhasil mengatasi masalah yang dialami. 

Ketersediaan Environments 

Lighttpd memiliki sedikit modul sehingga akan sulit membangun ruang development untuk mengembangkan tool atau aplikasi yang berjalan di dalamnya. Lighttpd lebih cocok bagi yang ingin mencoba web server ringan untuk website sederhana. 

Penanganan Konten Dinamis  

Meski diklaim sebagai salah satu web server yang sangat baik dalam mengelola konten dinamis, lighttpd masih mengalami kesulitan dalam segi performa untuk meload konten dinamis.

Simpulan  

Jadi, bisa disimpulkan bahwa lighttpd adalah web server yang memang dirancang untuk memenuhi kebutuhan kinerja yang tinggi dan efisiensi pada server, terutama pada VPS yang memiliki terbatas.

Okay, semoga artikel ini bermanfaat 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment