Pengertian Email dan Manfaatnya, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenis-Jenis Email

Sharing is caring!

Guys, dalam seminggu, berapa kali sih kalian buka email, untuk sekedar cek email masuk? Email sudah jadi kebutuhan primer sebagian besar orang, apalagi hampir semua administrasi offline dan online sekarang membutuhkan alamat email. Oke, lebih baik sekarang baca sampai selesai yuk Pengertian Email dan Manfaatnya, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenis-Jenis Email

Pengertian Email

Email adalah singkatan dari Elektronik Mail atau dalam bahasa Indonesia disebut Surat Elektronik. Merupakan sarana dalam mengirim surat yang dilakukan melalui media internet. Media internet yang dimaksud bisa melalui komputer atau handphone yang memiliki akses internet. Pada umumnya mengirim surat biasa akan dikenakan biaya namun pada surat elektronik hanya dibutuhkan sambungan internet.

Fungsi Email

Dengan menggunakan email kita dapat terhubung dalam berbagai kegiatan internet, seperti bergabung di situs jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter. Kalian pasti ingat bahwa saat pendaftaran akan membutuhkan email. Saat ini, email telah berkembang hingga memiliki fungsi yang sangat beragam, seperti mengirim file, foto, video, dan chat dengan kawan serta keluarga menjadi lebih mudah.

Jenis-Jenis Email

Email dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yaitu POP mail, Webmail, dan forward mail. Berikut penjelasan dari ketiganya:

POP Mail

Pengertian POP mail (Post Office Protocol) adalah jenis email yang didapatkan oleh pengguna dari ISP yang menjadi langganan atau alamat email pekerja yang diberikan perusahaan kepada pegawainya.

Webmail

Pengertian webmail adalah email yang berbasis website. Dengan kata lain, pengguna email hanya bisa membuka email miliknya maka ia harus membuka halaman situs penyedia layanan email tersebut.

Forward Mail

Pengertian forward mail adalah jenis layanan email yang memforward atau meneruskan email yang diterima pengguna ke alamat email yang lain. Biasanya forward mail hanya digunakan oleh mereka yang sering berganti alamat email.

Cara Kerja Email

Sebenarnya cara kerja email ini cukup sederhana, sama seperti ketika kita menulis surat kepada orang lain. Perbedaannya adalah dengan email kita bisa mengirim pesan lebih cepat dan dapat disertai dengan file tertentu yang ingin kita kirim juga.

Berikut ini adalah proses cara kerja email secara singkat:

  1. Pemilik email membuka emailnya dan kemudian menuliskan isi pesan yang akan dikirim.
  2. Selanjutnya, pengguna email tersebut memberikan instruksi pada aplikasi email untuk mengirimkan pesan pada alamat email lainnya.
  3. Email server akan mengidentifikasi alamat email tujuan, lalu mengirimkan pesan tersebut ke email server lain yang lokasinya dekat dengan alamat tujuan. Terkadang sebuah email dikirim melalui beberapa email server, tergantung rute yang dilaluinya.
  4. Ketika pesan email terkirim ke alamat email penerima, maka isi pesan tersebut tersimpan di email server hingga si penerima membukanya.
  5. Saat penerima membuka pesan di kotak pos atau inbox maka aplikasi email penerima akan meminta email baru yang ada pada email server lalu mengunduhnya ke dalam komputer si penerima email.
  6. Selanjutnya, penerima email dapat melihat dan membaca isi pesan yang telah diunduh tadi.

Okay Guys, jadi itu yang bisa kami sampaikan mengenai pengertian email, fungsi email, cara kerja email, dan jenis-jenis email pada umumnya. Semoga bermanfaat ya 🙂

Bagi kalian yang ingin memiliki email hosting, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan tersebut. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Pengertian Email dan Manfaatnya, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenis-Jenis Email
Artikel
Pengertian Email dan Manfaatnya, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenis-Jenis Email
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Dalam seminggu, berapa kali sih kalian buka email? Oke, baca yuk Pengertian Email dan , Fungsi, Cara Kerja, dan Jenis-Jenis Email
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment