mengenal cloud engineer

Siapa nih yang punya cita-cita ingin menjadi cloud engineer? Profesi tersebut diprediksi akan menjadi profesi yang menjanjikan di masa depan, lho. Profesi ini sedang naik daun dan dikatakan menjanjikan karena hampir semua penyimpanan database website atau aplikasi saat ini sudah dialihkan ke sistem cloud. Sederhananya nih, cloud engineer adalah sebuah pekerjaan yang bergelut dalam dunia cloud computing. Okay, tanpa berlama-lama, ketahui lebih dalam yuk terkait cloud engineer dalam artikel Mengenal Cloud Engineer sebagai Profesi Masa Depan

Apa Itu Cloud Computing?

Kalian perlu mengetahui dulu nih apa itu cloud computing. Cloud computing merupakan sebuah proses pengolahan daya komputasi. Daya komputasi yang dimaksud meliputi berbagai aspek terkait:

  • CPU
  • RAM
  • Software 
  • Network speed 
  • Storage 
  • OS

Daya komputasi tersebut diproses melalui jaringan. Artinya, transfer data tidak terjadi secara fisik. Sumber dayanya juga tidak berada di lokasi pengguna yang memakai layanan cloud. Semua dilakukan secara online.

Mengenal Cloud Engineer dan Tanggung Jawabnya 

Profesi cloud engineer adalah orang yang bertanggung jawab untuk mendesain, merancang, hingga melakukan dukungan terhadap sistem cloud computing. Cloud engineer juga memiliki peran yang sangat besar terhadap sistem cloud computing yang sedang berjalan.

mengenal cloud engineer 1

Berikut ini adalah tugas-tugas cloud engineer dan perannya terhadap cloud computing.

Cloud Engineering

Cloud engineering bertugas sebagai seseorang yang menilai infrastruktur teknologi dan mengeksplorasi beberapa opsi untuk pindah ke cloud. Sederhananya, cloud engineering memiliki tanggung jawab untuk melakukan migrasi dan memelihara sistem baru. 

Seiring berjalannya waktu, seorang cloud engineering juga sering diminta untuk bernegosiasi dengan vendor, berkoordinasi dengan anggota tim TI lainnya, dan harus dapat berkomunikasi dengan pimpinan senior terkait proyek migrasi cloud.

Cloud Architecture

Cloud architecture memiliki peran yang berfokus dalam perakitan infrastruktur cloud, ini mencangkup layanan computing, jaringan, dan keamanan yang perlu dikonfigurasi dengan benar. Cloud architecture membangun komponen teknologi bergabung untuk membangun cloud, yang mana resource ini dikumpulkan melalui teknologi virtualisasi dan dibagikan di seluruh jaringan. 

Komponen dari cloud architecture adalah bagian yang mengurus front-end (tampilan interface yang digunakan untuk mengakses cloud), platform back-end (server dan penyimpanan), dan model pengiriman berbasis cloud.

Cloud Development

Cloud development memiliki tanggung jawab untuk menangani dalam pembuatan fungsi, aplikasi, atau database yang berjalan di cloud. Sebagai seorang cloud development, biasanya butuh ketelitian untuk membangun infrastruktur cloud yang bersifat virtual dan global. Hal ini karena cloud rentan terhadap penyerangan atau peretasan. Hal ini sangat krusial karena ada beberapa aplikasi yang sangat menggantungkan datanya pada sistem cloud.

Cloud Administration

Cloud administration berperan dalam mengembangkan dan menerapkan kebijakan untuk membangun lingkungan cloud yang aman serta memastikan ketersediaan layanan sesuai atau biasa disebut sebagai uptime. Contoh kerja cloud administration adalah untuk membangun firewall di sekitar jaringan yang digunakan untuk mengakses layanan cloud dengan data sensitif dan aplikasi bisnis.

Beberapa Profesi Engineer dalam Cloud Computing

Ada beberapa profesi yang bertugas sebagai engineer di cloud computing. Selain cloud engineer, ada juga beberapa engineer lainnya, antara lain:

Cloud software engineer (CSE)

Jika cloud engineer adalah orang yang berperan dalam membangun infrastruktur cloud maka CSE berperan dalam mendesain dan mengembangkan modul software-nya.

Modul software yang dimaksud adalah software yang dapat berintegrasi dengan layanan penyimpanan cloud.

Cloud network engineer

Cloud network engineer bertugas untuk mendukung operasional, mengoptimasi perangkat, maintenance dan optimasi perangkat jaringan serta jalur komunikasi infrastruktur cloud, dan menjalankan implementasi.

Cloud system engineer

Cloud system engineer bertugas dalam membangun sistem virtual. Deskripsi kerjanya yaitu mendukung implementasi cloud.

Skill yang Harus Dimiliki Cloud Engineer

Ada beberapa skill khusus yang mesti dimiliki jika kalian ingin menjadi cloud engineer. Kalian harus memiliki berbagai keahlian sebagai berikut:

  • Ahli dalam bahasa pemrograman

Bahasa pemrograman merupakan basis dari seorang cloud engineer atau yang bergerak dalam bidang cloud computing. Kalian harus menguasai beberapa bahasa pemrograman, seperti Python, Ruby, Java, hingga JavaScript.

  • Pengembang aplikasi mobile

Kenapa harus menguasai mobile app development? Saat ini, sudah banyak perusahaan yang menginginkan layanannya dikembangkan juga secara mobile. Nah, layanan ini dikembangkan untuk karyawan maupun pelanggan.

  • Memahami sistem dari vendor cloud

Sebagian perusahaan menginginkan para stafnya paham terhadap platform cloud milik vendor, seperti Amazon Web Service, Microsoft Azure, dan Google Cloud Platform.

  • Linux

Jika kalian lulusan informatika dan komputer, skill ini sudah pasti kalian kuasai. Linux masih banyak digunakan di lingkungan perusahaan yang bergerak dalam bidang cloud computing.

  • Menguasai informasi dan keamanan data

Keamanan menjadi isu yang paling menonjol dalam dunia cloud computing. Keamanan menjadi keraguan yang kerap timbul dari kalangan pengguna layanan. Oleh karena itu, suatu perusahaan wajib memperhatikan keamanan data dan informasinya.

Bahasa Pemrograman yang Harus Dikuasai

Bahasa pemrograman merupakan skill dasar untuk menjadi seorang cloud engineer. Ada beberapa bahasa pemrograman yang harus dikuasai cloud engineer, antara lain:

  • Bahasa pemrograman Python

Bahasa pemrograman ini harus kalian kuasai, lho. Alasannya adalah Python diklaim sebagai bahasa pemrograman tingkat tinggi. Bahasa pemrograman Python banyak digunakan dalam aplikasi cloud.

  • Bahasa pemrograman SQL

Saat ini cloud sudah dipenuhi dengan SQL. SQL sendiri sudah sering digunakan pada berbagai pengembangan aplikasi sebelum cloud populer.

  • Bahasa pemrograman R

R adalah bahasa pemrograman yang digunakan oleh programmer untuk membuat grafik, statistik, dan laporan. Di dalam dunia cloud, R berperan untuk menganalisis Big Data.

  • Bahasa pemrograman XML

XML merupakan bahasa pemrograman populer. Fungsinya yaitu untuk melakukan mark up data. XML biasanya disandingkan dengan bahasa pemrograman Java.

Perannya dalam cloud adalah untuk mengonfigurasi Apache Hadoop.

  • Bahasa pemrograman RegEx

Dalam cloud computing, bahasa pemrograman RegEx banyak digunakan karena merupakan cloud berbasis Linux. RegEx sendiri merupakan singkatan dari Regular Expression.

mengenal cloud engineer 2
  • Bahasa pemrograman GFM

GFM cukup populer di dunia cloud computing. Banyak sekali project cloud yang menggunakannya. GFM sendiri merupakan singkatan dari GitHub Flavored Markdown.

  • Bahasa pemrograman Haskell

Haskel adalah bahasa pemrograman yang tergolong sulit dipelajari. Bahasa pemrograman ini sering digunakan untuk distribusi.

  • Bahasa pemrograman Clojure

Clojure adalah bahasa pemrograman yang populer dalam analisis data. Clojure juga dinilai sangat fungsional.

  • Bahasa pemrograman Erlang

Dalam dunia cloud computing, bahasa pemrograman Erlang sering digunakan. Erlang merupakan pilihan yang cocok untuk kenyamanan customer yang menginginkan kekuatan koneksi, record, dan transaksi yang baik.

Cara Menjadi Cloud Engineer Profesional

Berikut ini ada beberapa hal yang harus kalian tempuh untuk menjadi seorang cloud engineer profesional:

Pendidikan yang sesuai

Pendidikan yang ditempuh oleh seorang cloud engineer minimal adalah Bachelor of Science dalam ilmu komputer atau bidang sejenis lainnya yang terkait dalam ilmu cloud computing. Namun, jika serius untuk menekuni cloud computing dan ingin masuk ke perusahaan yang bagus,sebaiknya kalian memilih gelar Master of Science.

Sertifikasi yang mendukung

Jika bukan berasal dari bidang pendidikan ilmu komputer, kalian bisa mengikuti bootcamp yang berkaitan dengan pembelajaran cloud computing, biasanya beberapa perusahaan akan melihat sertifikasi apa yang kalian miliki tapi akan lebih bagus lagi  kalian pun mengerjakan projek langsung cloud computing.

Pengalaman saat diperlukan untuk menjadi seorang cloud engineer, kalian akan memiliki nilai lebih jika kalian memiliki sertifikasi dan pengalaman kerja di bidang cloud computing. Sertifikasi memiliki beberapa jenis, di antaranya adalah sertifikasi khusus vendor seperti Microsoft dan sertifikasi keamanan seperti keamanan cloud.

Mempunyai banyak pengalaman di bidang IT

Banyak perusahaan teknologi cloud yang mencari cloud engineer berdasarkan pengalaman calon karyawannya tersebut berdasarkan pengalaman menangani proyek cloud computing. Pengalaman tersebut berupa pengembangan software, rekayasa sistem, bahasa skrip, dan cloud computing. Seorang cloud engineer harus bisa membangun dan merancang layanan web di cloud

Sedangkan di luar itu, jika tertarik menjadi seorang cloud engineer, kalian harus memiliki pengalaman bekerja menggunakan bahasa pemrograman, antara lain Java, Python, dan Ruby. Beberapa pengalaman yang harus dikuasai adalah menggunakan OpenStack, Linux, AWS, Rackspace, Google Compute Engine, Microsoft Azure, dan Docker. Selain itu, pengalaman menggunakan API, orkestrasi, otomatisasi, DevOps, dan database, termasuk NoSQL.

Disertai dengan skill yang tepat

Menjadi seorang cloud engineer tidak akan terlepas dari software dan menggunakan beberapa aplikasi yang dibutuhkan.

Menguasai Sistem Operasi (OS) Linux

Linux merupakan salah satu sistem operasi yang bersifat open source, artinya kalian tak perlu memerlukan lisensi dan siapa saja dapat menggunakannya secara gratis. Langkah awal yang harus dijalani adalah menginstall Linux dan belajar untuk mengoperasikan Linux. Nah, dengan kalian berlatih menggunakan Linux, kalian bisa mempelajari cloud computing.

Memahami Cloud Service Providers

Sebelum kalian menjadi cloud engineer, kalian harus memahami cara kerja berbagai penyedia cloud service providers. Layanan cloud ini nantinya akan mengetahui cara kerja cloud computing, layanan cloud service provider menyediakan keseluruhan kebutuhan cloud, mulai dari komputasi, penyimpanan basis data, hingga migrasi. 

Networking yang luas

Networking sangat berkaitan dengan cloud computing karena resource dari komputasi dibagikan secara terpusat dibagikan untuk klien melalui cloud dan peningkatan akses internet dan bandwidth WAN, yang mana akan memudahkan kalian untuk terhubung lebih banyak fungsi manajemen jaringan ke cloud.

Jadi gimana, Guys? Makin tertarik untuk berprofesi sebagai cloud engineer, kah? Kalau iya, kalian harus menempuh pendidikan minimal Bachelor of Science dalam bidang ilmu komputer, memiliki sertifikasi dalam cloud computing, dan menguasai beberapa skill yang dibutuhkan cloud computing, seperti OS Linux networking dan mempelajari cara kerja sistem cloud.

Oia, bagi kalian yang ingin mendapatkan penghasilan, ikutan Afiliasi Jetorbit, yuk. Kalian bisa memiliki peluang mendapatkan jutaan rupiah setiap bulan! Asik, kan. Mudah kok pendaftaran dan cara kerjanya. Kalian bisa melakukannya kapanpun, di manapun, dan ke siapapun. Tenang, kami juga menyediakan VPS lho yang bisa kalian cek di sini.

Have a good day 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment