Mengenal Apa Itu Webmail: Definisi, Fungsi, Contohnya

Sharing is caring!

Pernahkah kalian mendengar istilah webmail? Mungkin di beberapa perusahaan ada yang menggunakan webmail untuk media promosi mereka. Nah, bagi kalian yang masih belum mengetahui apa itu webmail dan masih bingung dengan cara penggunaanya, baca yuk Mengenal Apa Itu Webmail: Definisi, Fungsi, Contohnya

Apa Itu Webmail?

Webmail merupakan sebuah layanan email yang terdapat didalam cpanel website kalian, yang dapat diakses melalui sebuah browser, seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, opera dan lain-lain. Web Email alias Webmail merupakan salah satu kategori dari website dan klien email yang menggunakan halaman website sebagai media untuk mengelola email di sisi klien.

Untuk pengguna web email tidak perlu lagi melakukan instalasi software karena cukup hanya melakukan sedikit konfigurasi. Kelebihannya adalah bisa diakses di komputer yang berbeda secara langsung tanpa harus mensetting atau menginstall ulang layanan.

Sementara untuk kekurangan dari mengakses email melalui webmail adalah harus terhubung ke internet jika ingin mengecek atau membaca email dari akun kalian sendiri.

Fasilitas yang Ada di Webmail

Pada webmail versi mobile bisa diakses melalui perangkat seluler yang terhubung ke internet, bisa melalui aplikasi tambahan, seperti Opera Mini atau yang lain. 

Fasilitas yang tersedia jika kalian menggunakan webmail, antara lain:

  • Mengirim Email
  • Membaca Email
  • Menghapus Email
  • Membalas Email
  • Menyimpan Email
  • Meneruskan Email
  • Mengembalikan Email yang sudah terhapus ke tempat semula
  • Menggunakan lampiran dokumen
  • Mencetak Email

Email klien, email reader atau lebih formal Mail User Agent (MUA), merupakan program komputer yang digunakan untuk mengelola email pengguna. Email klien adalah aplikasi yang digunakan untuk organisasi email maupun individu, bisa juga digunakan untuk akun email yang berbayar maupun yang gratis. Agar bisa menggunakan MUA syaratnya adalah kalian harus ada POP3.

Contoh-Contoh Webmail

Berikut ini adalah beberapa contoh webmail yang mungkin kalian juga sudah familiar:

  • Google Mail atau Gmail

Dengan menggunakan Gmail, kalian dapat menerima file kiriman yang berkapasitas cukup besar. Ketika file yang dikirimkan berukuran besar maka jika attachmentnya terlalu besar, biasanya Gmail akan langsung menghubungkannya dengan Google Drive. Ini juga menjadi salah satu kelebihan webmail Gmail. Bahkan akun Gmail dapat terhubung ke akun YouTube, blogger, Google Drive, Google Docs, dan masih banyak lagi.

  • Yahoo Mail

Yahoo Mail keluaran email dari Yahoo Group. Pada yahoo webmail, Yahoo Mail terintegrasi dengan fitur Yahoo Messenger. Nah, dengan Yahoo Messenger ini, dapat digunakan untuk chatting. Selain itu, Yahoo Mail memiliki user interface yang menarik dan mudah digunakan. Kalian tidak perlu khawatir dengan tempat penyimpanan yang ada di Yahoo karena Yahoo memiliki kapasitas penyimpanan yang besar.

Layanan Email Dengan Domain Sendiri

Kalian juga bisa menggunakan webmail untuk email dengan domain kalian sendiri. Berikut ini ada beberapa layanan email yang menawarkan kalian layanan email dengan domain kalian sendiri.

Zoho Mail

Kelebihan:

  • Kalian bisa memiliki sampai 25 user untuk akun gratis zoho mail.
  • Kalian mendapat fitur premium meskipun zoho mail gratis.
  • Mereka juga memberikan fitur dan tools office dan kolaborasi

Bagi kalian yang membutuhkan webmail untuk bisnis, kalian bisa menggunakan Zoho Workplace. Melalui produk ini, zoho mail menyediakan sebuah servis email yang berorientasi bisnis. Di dalamnya, kalian mendapatkan office online, manajemen dokumen, dan masih banyak tools kolaborasi dan tambahan-tambahan lainnya.

Untuk akun gratisnya, Zoho mendukung sampai dengan 25 user. Setiap user akan mendapat storage sebesar 5GB dan bisa digunakan dengan domain kalian sendiri. 

Selain itu, dengan fitur-fitur seperti office dan tools kolaborasinya, kalian tentu mendapatkan banyak hal meskipun gratis.

Zoho mail sendiri juga mudah digunakan dan memiliki fitur organisasi email, seperti folder, tags, filter, smart searches, dan masih banyak lagi. 

Jika kalian ingin akses lebih, bisa menggunakan plan standard Zoho dengan harga Rp 28.000,-. Dengan harga tersebut, kalian sudah mendapatkan akses IMAP dan POP, email forwarding, active sync, beberapa domain hosting, domain aliases, space sebesar 30GB, dan attachment limit mencapai 30MB.

Selain itu, kalian juga bisa mengirim cloud file ke user non-zoho. Zoho juga menyediakan plan Pro dan Enterprise yang menawarkan fitur lebih.

G Suite

Kelebihan:

  • Interface yang simple dan mudah dinavigasi.
  • G Suite memberi Anda banyak pilihan

Interface web Gmail yang simple dan mudah dinavigasi adalah salah satu alasan mengapa Gmail sangat popular. Email yang ada di inbox juga disusun sedemikian rupa agar kalian bisa melihat email-email dengan lebih mudah.

Kalian juga bisa memfilter email agar langsung masuk kategori, seperti Primary, Social, dan Promotions sehingga bisa fokus dengan email-email kalian. Google juga memastikan bahwa email juga bersih dari spam. Selain itu, kalian mendapatkan storage sebesar 15 GB untuk inbox, drive, dan photos.

Jika kalian ingin membuat email dengan domain kalian sendiri, Google memiliki versi bisnis dari Gmail yang disebut dengan nama G Suite. Dulunya, produk ini disebut dengan nama Google Apps.

G Suite memperbolehkan untuk menggunakan domain kalian sendiri untuk email kalian. Kalian juga bisa mengimpor email dari Outlook, Exchange, dan masih banyak lagi. Selain itu, dengan menggunakan G Suite, Anda juga akan mendapatkan 30GB storage dan kalian mendapat 99% guaranteed uptime dan support 24/7. Email G Suite kalian juga pastinya bisa diakses melalui webmail Gmail.

Dari G Suite, kalian juga mendapatkan aplikasi untuk bekerja dengan documents, spreadsheets, dan presentations. Selain itu,  akan mendapatkan juga fitur calendars, video dan voice conference untuk meeting online, dan tentunya support 24/7.

Untuk mendapatkan G Suite, kalian perlu membayar sebesar Rp 70.000,-/bulan. By the way, kalian bisa mencoba trial 14 harinya untuk melihat apakah G Suite sesuai dengan kebutuhan kalian. 

Office 365: Microsoft Exchange

Kelebihan:

  • Memiliki fitur focused inbox.
  • Langsung terhubung dengan calendar.

Office 365 sendiri memiliki fitur yang mirip dengan G Suite. Kalian bisa mendapatkan email dengan domain kalian sendiri. Tidak hanya itu, kalian juga mendapat akses online storage dan office suite yang disebut dengan nama Office Web Apps. Untuk menggunakannya kalian perlu membayar subscriptions perbulan, sama seperti G Suite.

Salah satu fitur Office 365 adalah Microsoft Exchange. Dengan Microsoft Exchange inilah kalkan bisa menggunakan email dengan domain kalian sendiri.

G Suite bahkan memiliki fungsi Google Sync, yang mana pengguna Gmail bisa meletakkan account G Suite kalian sebagai account Exchange di device kalian. Hanya pengguna G Suite berbayar yang bisa menggunakan fitur ini.

Untuk Office 365 sendiri, untuk menggunakan Office 365 Small Business, kalian perlu membayar sebesar Rp 84.000,-/bulan.

Untuk Office 365 for Small Business Premium, kalian perlu membayar sebesar Rp 810.000,-/bulan. Dengan subscription premium, kalian juga akan mendapatkan Microsoft Office untuk Windows atau Mac yang bisa kalian gunakan untuk 5 komputer.

Webmail memang bisa menjadi solusi untuk membuka email kalian dengan lebih mudah, terutama jika membutuhkan tempat penyimpanan yang lumayan besar. Kalian juga tidak perlu khawatir karena jika email kalian menggunakan domain kalian sendiri, tetap bisa diakses di webmail lho 🙂

Have a nice day

Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Mengenal Apa Itu Webmail: Definisi, Fungsi, Contohnya
Artikel
Mengenal Apa Itu Webmail: Definisi, Fungsi, Contohnya
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Bagi kalian yang masih belum mengetahui webmail dan cara penggunaanya, baca yuk Mengenal Apa Itu Webmail: Definisi, Fungsi, Contohnya
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment