5 Manfaat dari Control Panel Hosting yang Wajib Kalian Ketahui!

5 Manfaat dari Control Panel Hosting yang Wajib Kalian Ketahui!

Artikel ini akan memaparkan bermacam manfaat yang diperoleh dari control panel hosting supaya bisa memahami lebih jauh tentang alat tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak sampai kelar yuk 5 Manfaat dari Control Panel Hosting yang Wajib Kalian Ketahui!

Manfaat Control Panel Hosting 

Berikut ini manfaat yang bisa didapatkan ketika menggunakannya:

1. Mengelola Semua Fitur Hosting

Tujuan utama diciptakannya control panel hosting adalah agar pemilik website hosting dapat mengelola semua fitur hosting dengan mudah dalam satu tempat. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi mengunduh dan mengunjungi beberapa tempat untuk mengatur beberapa fitur hosting yang kamu butuhkan untuk websitemu.

2. Memudahkan Pengelolaan Website

Control panel hosting diciptakan dengan mengedepankan UI dan UX yang ramah bagi pengguna. Hal ini dilakukan agar memudahkan pengguna layanan hosting dalam mengelola website mereka sendiri.

Mulai dari melakukan pengelolaan file, email, database, serta fitur-fitur web hosting lainnya. Oia, dengan control panel juga bisa mengelola lebih dari satu website dengan cukup mudah.

Berbeda keadaannya jika pengelolaan banyak website dilakukan tanpa bantuan control panel. Perlu menggunakan terminal antarmuka yang memuat perintah menjalankan hosting. Tak hanya itu loh, sebelum mengelola hosting harus meng-install fitur-fitur hosting dahulu, semisal aplikasi email, sistem manajemen database, dan web server.

3. Memudahkan Pemasangan Aplikasi

Dengan control panel hosting, pemasangan aplikasi pendukung website jadi lebih mudah. Hanya perlu melakukan beberapa klik dan konfigurasi sederhana untuk dapat membuatnya bekerja.

Misalnya nih CMS Joomla, hanya perlu install dan melakukan konfigurasi username dan password, Joomla pun siap digunakan. 

4. Menawarkan Banyak Fitur Sesuai Kebutuhan

Ada berbagai macam control panel yang tersedia saat ini. Masing-masing control panel menawarkan solusi sesuai dengan kebutuhan dan kendala yang dihadapi pengguna.

Pengguna control panel umumnya dibagi menjadi tiga, yaitu: user biasa, reseller hosting, dan admin. Masing-masing control panel memberikan solusi yang tidak jauh berbeda yaitu menyediakan fitur khusus sesuai kebutuhan kelompok pengguna.

Ada control panel yang membuat tampilan sederhana agar ramah pemula. Ada juga control panel yang menyediakan tampilan dengan banyak pengaturan agar pengguna tingkat lanjut dapat melakukan berbagai macam konfigurasi.

Selain itu, masing-masing control panel juga memberikan pilihan untuk sistem operasi yang berbeda. Di antaranya ada Windows, Linux, Solaris, dan lain-lain. Dengan begitu, pengguna dapat dengan mudah memilih control panel sesuai dengan sistem operasi yang dipilih.

5. Mudah dalam Penggunaan

Manfaat selanjutnya dari control panel hosting adalah mudah dalam penggunaannya. Hal ini karena control panel didesain dengan tampilan yang jelas serta intuitif. Contohnya, segala hal yang menyangkut pengelolaan file akan diarahkan pada kategori Files.

Sementara itu, segala hal yang berkaitan dengan data akan diarahkan ke Databases. Kemudahan lainnya yaitu adanya search bar atau kotak pencarian yang menjadikan siapapun mudah dan cepat dalam mencari fitur yang diinginkan. Dengan begitu, fitur akan ditemukan dalam waktu cepat.

Fungsi Control Panel Hosting

Berikut ini beberapa fungsi control panel hosting yang perlu kalian ketahui:

1. Administrasi akun

Fungsi pertama adalah sebagai tempat mengelola akun. Seperti mengubah profil penagihan, memperbarui paket, memperbarui kata sandi, dan sebagainya. Selain itu, software yang menjalankan control panel juga akan menangani kartu kredit yang kalian gunakan. Makanya, kalian kudu rajin up-to-date terkait software agar tidak terjadi masalah terkait pembayaran maupun kendala lainnya.

2. Menginstall aplikasi

Aplikasi website populer maupun Content Management System (CMS), seperti WordPress, Joomla, Drupal, dan ZenCart dapat dengan mudah di-install dan ditambahkan ke server hosting dengan adanya control panel hosting.

Jika ingin mengunduh salah satu CMS seperti WordPress, tak perlu mengunduh file inti CMS tersebut secara manual lalu mengunggahnya melalui FTP ke server website. Tenang, semua sudah tersedia di dalam control panel hosting.

3. Pengelolaan domain dan subdomain

Eitss, kalian bisa mengelola domain di control panel hanya dengan beberapa klik, loh. Melalui perangkat ini, kalian dapat melakukan perpanjangan domain, mengedit DNS, mengatur subdomain, mendaftarkan domain baru, atau pengaturan lain terkait domain dan subdomain.

4. Melakukan FTP

Fungsi selanjutnya adalah melakukan File Transfer Protocol (FTP). Melalui perangkat ini, dapat melakukan pengunduhan dan pengunggahan file dengan mudah ke server website.

5. Membuat dan mengelola email

Fungsi lainnya adalah melakukan manajemen email. Melalui perangkat ini, kalian dapat membuat, menghapus, hingga memfilter spam pada email dengan lebih mudah.

6. Mengatur database

Kalian pasti butuh database untuk mengelola data yang dibutuhkan website kalian. Untuk mengatur database, kalian butuh control panel. Software database seperti mySQL biasanya sudah tersedia ketika menggunakan layanan hosting makanya bisa lebih cepat mengelola data untuk website.

7. Melakukan backup data

Backup data adalah hal penting yang dilakukan dalam pengelolaan website. Control panel hosting berfungsi untuk membantu melakukan backup data secara teratur. Bahkan, perangkat ini juga dapat digunakan untuk melakukan recovery.

8. Pengelolaan file

FYI, selain melalui FTP, control panel hosting juga mendukung pengelolaan file melalui protokol lainnya dengan lebih ringkas. Baik menggunakan FTP maupun protokol lainnya, kalian akan butuh control panel untuk mengelola file untuk website server.

Sudah Paham tentang Manfaat Control Panel Hosting?

Okay, jadi itulah ulasan tentang manfaat control panel hosting yang wajib diketahui dan dipahami. Silakan gunakan control panel sesuai masing-masing kebutuhan ya karena tersedia berbagai macam yang dibedakan menurut kebutuhan user.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

You might also like