Langkah Penting dalam Membangun Personal Branding

Kalian tentu dapat memasarkan skill dan pengalaman untuk menarik target audiens. Untuk dapat melakukannya, ya kalian mesti membangun self-branding yang kuat. Okay, simak sampai selesai yuk 5+ Langkah Penting dalam Membangun Personal Branding

 

Pengertian Personal Branding

Personal branding adalah keahlian, pengalaman, hingga kepribadian unik yang merepresentasikan kalian dan ingin kalian tunjukkan ke target audiens. 

 

Ya intinya personal branding adalah bagaimana cara kalian mengekspresikan diri. Namun, membangun personal branding melibatkan strategi tertentu agar kalian dapat dikenal dan diingat oleh orang lain.

 

Cara Kuat Meningkatkan Personal Branding

Ada 7 cara membangun personal branding yang perlu kalian ketahui, yakni sebagai berikut:

 

  1. Identifikasi Kelebihan dan Keunikan 

Silakan kenali keunggulan dan apa yang membedakan kalian dari orang lain di bidang yang sama. 

 

Kalian mesti meluangkan waktu untuk memahami kekuatan kalian dan fokus saja pada penyampaian kualitas-kualitas tersebut dalam personal branding kalian. Coba tekankan keunikan kalian dalam konten-konten yang dibuat saat merancang personal branding.

 

Eitss, kalian juga harus mengamalkan taktik ini secara offline, ya.

 

  1. Tentukan Bagaimana Kalian Ingin Dilihat

Selain memahami keterampilan dan kompetensi yang dimiliki saat ini, kalian juga perlu menilai kekuatan dan kelemahan kalian yang berkaitan dengan industri atau karier apa pun yang ingin ditekuni. 

 

Dengan kalian memikirkan dan mencatat di mana kalian ingin berada dalam kurun waktu tertentu, kalian akan terbantu dalam menentukan langkah apa yang perlu diambil selama membangun personal branding.

 

  1. Kenali Audiens Kalian

Menentukan target audiens itu penting dalam cara membangun personal branding. 

 

Menarget audiens tertentu bukan berarti kalian menciptakan batasan atau menutup pintu peluang karier. Justru, ini adalah langkah yang membuat kalian memiliki peluang lebih besar untuk tampil di industri yang kompetitif.

 

Jadi, silakan identifikasi siapa yang ingin kalian tuju lalu gunakan karakteristik audiens tersebut untuk mengembangkan branding.

 

  1. Gunakan Media Sosial untuk Berinteraksi dengan Audiens

Salah satu aspek terpenting dalam cara membangun personal branding adalah memastikan kehadiran online kalian bisa menarik bagi target audiens kalian. 

 

Kalian ingin target audiens memahami siapa kalian dan kenapa sih mereka harus peduli dengan apa yang ingin kalian sampaikan?

 

Kalau begitu silakan ceritakan kisah personal kalian di media sosial.

 

Silakan gunakan platform media sosial di mana target audiens kalian berada. Bukan berarti hanya butuh satu platform ya tapi akan lebih baik jika sangat selektif dalam hal ini. Hal lain yang perlu dipertimbangkan saat memutuskan platform sosial media adalah jenis konten yang akan dibuat.

 

  1. Buat Website Portofolio

Mengunggah konten di media sosial saja tidak cukup jika ingin membangun kepercayaan target audiens. Makanya, web portofolio itu menjadi komponen penting dalam membangun personal branding.  

 

Web portofolio ini harus dapat membuat target audiens segera memahami siapa sih kalian ini dan apa saja bantuan yang ditawarkan ke mereka. Jika gagal dalam menunjukkan hal tersebut di website, ya pengunjung tidak akan tertarik dan langsung meninggalkan website kalian.

 

  1. Bangun Networking

Networking adalah hal yang tidak bisa dihindari dalam personal branding

 

Biasanya sih setiap bidang pekerjaan ada komunitasnya masing-masing. Orang-orang akan berbagi keahlian mereka sehingga komunitas tersebut menjadi tempat yang dikunjungi mereka yang sedang butuh bantuan dan saran.

 

Jika bergabung dengan grup yang relevan dengan niche dan bisa konsisten memposting konten yang punya value bagi orang lain, kalian akan dikenal dan perlahan bisa membangun personal branding.

 

  1. Jaga Konsistensi

Konsistensi adalah kunci penting dalam cara membangun personal branding yang kuat. 

 

Mempunyai kehadiran yang konsisten sangat penting untuk membangun hubungan dan kredibilitas dengan audiens. Kalian bisa upload 2 postingan dan berkomentar di 3-5 postingan populer setiap minggunya. Dengan begitu, kalian jadi dikenal dan diingat oleh orang-orang di dalam industri tersebut.

 

Mengapa Harus Membangun Personal Branding?

Berikut ini beberapa alasan pentingnya personal branding:

  • Membedakan kalian dengan kompetitor. 
  • Membuka peluang karier. 
  • Meningkatkan kepercayaan orang lain ke kalian. 
  • Membangun rasa percaya diri. 

 

Jadi, Kalian Sudah Siap Membangun Personal Branding?

Salah satu tips penting untuk meningkatkan visibilitas dan kredibilitas adalah dengan membuat situs portofolio.

 

Oia, selain harus memperhatikan isi portofolio, kalian juga kudu cermat dalam memilih layanan hosting yang digunakan untuk mengonlinekan web portofolio. Supaya akses website selalu cepat, stabil, dan aman, silakan gunakan layanan hosting yang berkualitas yakni Web Hosting dari Jetorbit.

 

Selamat mencoba dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment