instagram-stories-analytics

Instagram Stories Analytics: 19 Metrik yang Harus Diketahui untuk Meningkatkan Kinerja Anda

Sharing is caring!

Bisnis dapat melibatkan audiens mereka secara efektif melalui Instagram. Brand dan pemilik bisnis dapat secara signifikan meningkatkan performa mereka di pasar dengan Instagram Stories. Oleh karena itu, mengukur kesuksesan Anda dengan Instagram Stories telah menjadi bagian penting untuk terus meningkatkannya guna memfasilitasi strategi promosi Anda. Baca sampai selesai yuk Instagram Stories Analytics: 19 Metrik yang Harus Diketahui untuk Meningkatkan Kinerja Anda

Untuk menganalisis apakah strategi Instagram Anda berhasil, penting untuk mengetahui faktor apa saja yang perlu diukur dan bagaimana melakukannya.

Memahami Analitik Instagram Stories

Analitik Instagram stories dibagi menjadi tiga kategori: Discovery (penemuan), Navigation, dan Interaction. Mari kita pahami lebih dekat terkait masing-masing, mengapa itu penting, dan bagaimana meningkatkan kinerja dengannya.

Discovery (Penemuan)

Discovery melibatkan jangkauan dan impressions. Jangkauan adalah angka yang menentukan jumlah akun yang melihat Story Anda. Impressions mewakili frekuensi total Instagram Story Anda dilihat.

Mengapa Kemampuan untuk Dapat Ditemukan Itu Penting?

Tingkat discovery yang tinggi sangat penting bagi pemilik bisnis yang beriklan di Instagram dan untuk blogger serta influencer yang memperoleh keuntungan darinya. Semakin banyak orang yang menjangkau Story Anda maka semakin baik. Untuk mengetahui bagian mana dari audiens Anda yang melihat Stories Anda, Anda perlu membandingkan jumlah pengikut Anda dengan jumlah jangkauan dan impressions.

Cara Meningkatkan Kemampuan Instagram Stories Anda untuk Ditemukan

Kami menyarankan agar Anda menggunakan tips berikut untuk meningkatkan tingkat penemuan Stories Anda: tambahkan stiker, lokasi, atau hashtag sehingga Story lebih mungkin muncul di bagian “Explore” atau Story stiker yang lebih besar. Untuk pemilik bisnis kecil, Instagram memiliki saran lain: Anda dapat menggunakan Support Small Business, Gift Card, atau stiker Food Order.

Navigation (Navigasi)

Navigasi melibatkan aktivitas pengguna berikut:

  • Forward Taps: Frekuensi seseorang mengetuk (tapped) Story berikutnya.
  • Taps Backward: Frekuensi seseorang mengetuk kembali untuk melihat Story sebelumnya.
  • Next Story Swipes: Frekuensi seseorang menggeser ke Story berikutnya.
  • Exit Story Taps: Frekuensi seseorang keluar dari Story Anda.
  • Navigation: Total keseluruhan dari back, forward, Story berikutnya, dan exit dari  Story Anda.

Mengapa Navigasi Penting?

Data navigasi adalah indikator dari apa yang berhasil dan yang tidak. Jika pengguna beralih ke Story berikutnya, itu berarti mereka menganggap konten yang Anda bagikan tidak menarik atau tidak relevan. Jika mereka mengetuk kembali untuk melihat apa yang Anda publikasikan, konten tersebut telah menarik perhatian mereka. Bagaimana Anda membuat pengguna Anda agar tidak ingin menggeser (swipe)? Buatlah agar Stories Anda menarik, bermanfaat, dan ringkas. Di Stories, orang tidak mencari poin berlarut-larut atau teks yang berlebihan.

instagram-stories-analytics-1

Interaction

Metrik interaksi untuk Instagram Stories Anda melibatkan aktivitas berikut:

  • Profile visits: Berapa kali profil Anda dikunjungi setelah seseorang melihat Story Anda.
  • Replies: Jumlah orang yang membalas Story Anda.
  • Followers / subscribers: Jumlah akun yang mulai mengikuti Anda setelah melihat Story Anda.
  • Shared: Berapa kali Story Anda dibagikan.
  • Website visits: Jumlah orang yang mengklik link di profil Anda setelah melihat Story Anda.
  • Stickers: Jumlah klik pada lokasi, hashtag, tag, stiker, dan produk di Story Anda.
  • Panggilan, pesan teks, email, rute: Jumlah orang yang melakukan salah satu tindakan ini setelah melihat Story Anda.
  • Tampilan halaman produk per tag produk: Jumlah tampilan halaman produk untuk setiap tag produk di Story Anda.
  • Interactions: Jumlah total tindakan yang telah dilakukan orang sejak melihat Story Anda.

Mengapa Metrik Interaksi Penting?

Jika tujuan Stories Anda melibatkan interaksi atau aktivitas lain, statistik interaksi dapat membantu Anda mengukur keberhasilan Anda dalam mencapainya.

instagram-stories-analytics-2

Metrik Utama yang Akan Diukur dengan Analitik Instagram Stories

Sekarang setelah Anda memahami tiga kategori utama analisis Instagram Stories, mari kita pahami lebih dalam beberapa metrik penting:

  • Hashtag dan stiker lokasi
  • Geser ke atas (swipe-ups)
  • Balasan (replies)
  • Traffic 
  • Waktu aktivitas puncak (peak activity time)

Hashtag dan Stiker Lokasi

Instagram Stories Analytics juga menunjukkan jumlah klik pada stiker sehingga memudahkan untuk mengukur keefektifannya di Instagram Stories Anda. Anda akan dapat melihat berapa banyak orang yang mengklik setiap stiker, yang mana akan membantu Anda untuk memahami apakah itu berguna bagi audiens Anda atau tidak.

Instagram baru-baru ini memperluas halaman pencarian dan penelitiannya dengan menambahkan hashtag dan Location Stories. Sekarang, saat Anda menambahkan hashtag atau stiker lokasi ke Story, pengguna lain dapat menemukannya dengan mencarinya di halaman Browse. Artinya, Stories Anda sekarang tersedia untuk semua orang di platform!

Swipe-ups

Instagram Stories Analytics juga melacak jenis interaksi yang diterima Instagram Stories Anda. Interaksi ini dibagi menjadi swipe-ups dan replies. Baru-baru ini, Instagram telah menambahkan fungsi baru: tautan ke Instagram Stories. Saat ini, fitur ini hanya tersedia untuk akun bisnis, akun terverifikasi, dan akun yang memiliki lebih dari 10.000 follower. Melacak waktu ketika pengguna “swiped up” di Instagram Stories Anda adalah cara paling efisien untuk melacak jenis konten apa yang terbaik untuk mengarahkan traffic.

Jika swipe-up traffic rendah, coba tambahkan teks atau panah untuk menarik perhatian pengguna ke bagian bawah layar Anda.

Replies

Balasan menunjukkan berapa kali pengguna menanggapi Story Anda. Tidak seperti komentar post, balasan hanya terlihat di kotak masuk Anda dan tidak muncul secara publik.

Traffic

Seiring popularitas Instagram Stories terus berkembang, penting bagi pemilik bisnis, influencer, dan brand untuk melihat feed dan Stories mereka sebagai dua platform terpisah. Meskipun konten atas feed Anda dan Stories harus berfungsi untuk mencapai satu tujuan, penting untuk melacak traffic dan data berharga lainnya secara terpisah untuk mencari tahu mana yang terbaik untuk setiap channel.

Untuk mulai melacak metrik traffic, Anda harus menyiapkan Urchin Tracking Module (UTM). UTM adalah bagian dari kode unik yang perlu Anda sisipkan di akhir URL Anda. Dengan UTM, Anda dapat yakin bahwa Google Analytics melacak traffic Instagram Anda dengan akurasi maksimum.

Satu lagi saran dari kami adalah menambahkan parameter UTM ke tautan situs Anda di bio Instagram Anda sehingga Anda dapat melihat berapa banyak orang yang mengunjungi situs Anda setelah melihat Story Anda.

Peak Activity Time

Instagram Stories hanya tersedia selama 24 jam kecuali Anda menambahkannya ke bagian highlights Instagram Anda. Cara terbaik untuk meningkatkan peluang Story Anda agar dilihat adalah dengan mempostingnya saat audiens Anda paling aktif. Untuk memeriksa waktu dari kinerja pengikut tertinggi, lakukan hal berikut:

  • Dari aplikasi Instagram, buka Insights.
  • Klik pada tab audiens. Scroll down ke Followers.
  • Beralih antara jam dan hari untuk melihat apakah ada puncak yang terlihat.

Tips untuk Mengoptimalkan Strategi Instagram Stories Anda

Berikut ini ada beberapa tips tentang cara membuat Instagram Stories yang menarik berdasarkan Instagram Insights.

Temukan apa yang paling disukai audiens Anda

Lacak statistik Instagram dari waktu ke waktu sehingga Anda dapat menyorot postingan dengan performa terbaik. Jika Anda melihat ada konten yang mengalahkan Stories lain, cari cara untuk membuatnya kembali.

instagram-stories-analytics-3

Optimalkan Konten Anda Berdasarkan Preferensi Pengguna

Dengan memahami kebutuhan audiens Anda, tentunya akan membentuk keseluruhan strategi bisnis Instagram Anda, termasuk Stories. Perhatikan usia, jenis kelamin, dan lokasi untuk membuat konten yang relevan dengan pengikut Anda.

Dengarkan Feedback dari Audiens

Data kualitatif seperti feedback audiens sama pentingnya dengan data kuantitatif. Jika Anda telah menggunakan stiker untuk polling, kuis, atau pertanyaan untuk menarik perhatian audiens Anda, perhatikan tanggapannya. Gunakan review untuk menginspirasi produk dan layanan atau konten baru dan jangan takut untuk bertanya secara langsung karena orang-orang akan menyukai saat suara mereka didengar.

Analisis Cara Orang Lebih Suka Berkomunikasi dengan Anda

Di antara banyak opsi tentang bagaimana pengikut dapat menghubungi Anda, selalu ada channel yang lebih disukai dibanding yang lain. Perhatikan jumlah pesan, panggilan telepon, atau email untuk mengetahui apakah salah satu memang mengungguli yang lain. Generasi milenial lebih menyukai pesan daripada panggilan telepon, sementara generasi lain mungkin merasa lebih nyaman saat mengirim pesan atau bahkan menelepon.

Tingkatkan Visibilitas dengan Hashtag yang Tepat

Hashtag adalah salah satu metode paling efektif tentang bagaimana Stories Anda dapat ditemukan oleh non-followers. Jika data yang dapat ditemukan tidak sesuai dengan harapan Anda, Anda dapat meningkatkannya tidak hanya dengan tag lokasi dan hashtag tetapi juga akun yang diberi tag milik orang lain.

instagram-stories-analytics-4



Setelah Anda membaca terkait instagram stories analytics, apakah Anda sudah mencoba beberapa poin yang sudah disampaikan? Atau, Anda baru akan mencobanya? Berikan komentar yuk di kolom komentar 🙂


Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Instagram Stories Analytics: 19 Metrik yang Harus Diketahui untuk Meningkatkan Kinerja Anda
Artikel
Instagram Stories Analytics: 19 Metrik yang Harus Diketahui untuk Meningkatkan Kinerja Anda
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Bisnis dapat melibatkan audiens mereka secara efektif melalui Instagram. Baca yuk Instagram Stories Analytics: 19 Metrik yang Harus Diketahui
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo