Cara Mengganti Nama Database WordPress

Cara Mengganti Nama Database WordPress

Sharing is caring!

Database memang memiliki peran krusial dalam website karena hampir semua informasi penting mengenai website WordPress tersimpan di sana. Nah, makanya kalian harus tahu cara mengelolanya ya, termasuk cara mengganti nama database di WordPress. Okay, simak detailnya yuk tentang Cara Mengganti Nama Database WordPress

Cara Mengganti Nama Database pada WordPress

Langkah 1: Ubah Nama Database di phpMyAdmin

Untuk mengubah nama database, kalian perlu login terlebih dahulu ke control panel website kalian. Dalam contoh ini kami menggunakan cPanel.

1. Setelah berhasil login ke cPanel, silakan pilih menu phpMyAdmin.

mengganti nama database wordpress 1

2. Silakan pilih nama database website kalian. Di sini, diambil contoh database yang bernama db_domain123

3. Selanjutnya, klik menu Operations dan masukkan nama database baru dan tekan tombol Go.

mengganti nama database wordpress 2

4. Akan muncul jendela konfirmasi bahwa database lama akan dihapus dan tabelnya akan diimport ke database baru. Silakan klik tombol OK untuk melanjutkan.

mengganti nama database wordpress 3

Langkah 2: Edit File wp-config.php

Langkah selanjutnya adalah melakukan penyesuaian nama database pada file wp-config.php dengan nama database baru. Langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Silakan login ke cPanel lalu pilih menu File Manager.

mengganti nama database wordpress 4

2. Setelah itu, silakan pilih direktori utama website kalian. File ini biasanya berada di dalam direktori public_html. Klik kanan pada file wp-config.php dan pilih Edit.

mengganti nama database wordpress 5

3. Pada baris define(‘DB_NAME’, ‘database_anda’); silakan edit bagian database_anda dengan nama database baru. Nama database pada tutorial ini diubah menjadi db_situs123.

mengganti nama database wordpress 6

Langkah 3: Tambahkan User untuk Database

Setelah mengubah nama database melalui phpMyAdmin dan mengedit nama database di dalam file wp-config.php, selanjutnya kalian perlu menambahkan user untuk database baru kalian. Untuk melakukannya, silakan ikuti langkah berikut.

1. Untuk dapat menambahkan user pada database, kalian perlu mengetahui nama user untuk website kalian sebelumnya. Caranya cukup mudah, silakan edit file wp-config.php.

mengganti nama database wordpress 7

2. Pada baris kode DB_USER, kalian akan melihat nama user dari database kalian. Dalam bagian contoh ini bernama db_useranda.

mengganti nama database wordpress 8

3. Setelah mengetahui nama user database untuk website kalian, silakan buka menu MySQL Databases pada kolom Databases di cPanel.

mengganti nama database wordpress 9

4. Pilih user database pada bagian Add User To Database. User-nya bernama db_useranda lalu silakan pilih database yang pada contoh ini bernama db_situs123. Tekan tombol Add untuk melanjutkan.

mengganti nama database wordpress 10

5. Silakan centang pilihan ALL PRIVILEGES dan tekan tombol Make Changes untuk menyimpan perubahan.

mengganti nama database wordpress 11

Yeayyy! Pada langkah ini cara mengganti nama database WordPress telah berhasil. Website kalian pun dapat diakses dengan baik seperti biasa.

Gimana, mudah, kan? Setelah mengganti nama database, website WordPress kalian akan menjadi lebih aman dari serangan para hacker. Hal ini karena mereka akan semakin kesulitan untuk mengetahui nama database kalian. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Oia, dapatkan penghasilan melalui Afiliasi Jetorbit, yuk. Kalian bisa memiliki peluang mendapatkan jutaan rupiah setiap bulan! Asik, kan. Mudah kok pendaftaran dan cara kerjanya. Kalian bisa melakukannya kapanpun, di manapun, dan ke siapapun. Tenang, kami juga menyediakan produk VPS, lho. 

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Cara Mengganti Nama Database WordPress
Artikel
Cara Mengganti Nama Database WordPress
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Kalian harus tahu cara mengganti nama database di WordPress. Okay, simak detailnya yuk tentang Cara Mengganti Nama Database WordPress
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo
You might also like