Apa Itu Repository dan Daftar Repository Linux di Indonesia

Umumnya sih, orang-orang IT sering menggunakan istilah repository. Ternyata, istilah tersebut tidak hanya digunakan di dunia IT saja, loh. Penasaran? Okay, langsung simak saja yuk Apa Itu Repository dan Daftar Repository Linux di Indonesia

Apa Itu Repository?

Dalam dunia teknologi, repository adalah sebuah penyimpanan yang berisikan pengembangan perangkat lunak dan manajemen versi yang terus diperbarui. Secara umum, repository mengacu pada tempat penyimpanan data atau informasi. 

Berikut ini macam-macam istilah repository berdasarkan konteks penggunaannya.

  1. Repository dalam Konteks Software Development

Pada software development lebih detailnya sering disebut sebagai VCS (Version Control System) yang akan mengacu kepada beberapa tools, seperti Git, SVN (Subversion), atau Mercurial. 

Nah, pada konteks ini repository adalah wadah yang berisikan kode-kode, riwayat perubahan, konfigurasi yang dapat dilihat oleh orang-orang yang sedang berkolaborasi. Tujuannya agar semua perubahan yang terjadi dapat dilacak dan meningkatkan efisiensi dalam bekerja pada tim.

  1. Repository dalam Konteks Penyimpanan

Dalam konteks penyimpanan terdapat dua jenis repository yang digunakan, yaitu Data Repository dan Artifact Repository. Keduanya memiliki tujuan untuk penyimpanan namun terdapat perbedaan objek yang disimpan. Berikut ini masing-masing pengertian repository dalam konteks penyimpanan.

  • Data Repository adalah tempat informasi digital yang mencakup berkas, basis data yang mudah untuk dikonfigurasi dan diakses oleh pihak-pihak tertentu.
  • Artifact Repository adalah repository yang berada pada lingkup pengembangan, Artifact Repository adalah tempat penyimpanan library yang digunakan pada bahasa-bahasa pemrograman tertentu, seperti Python yang memiliki library pandas, dan sebagainya.
  1. Repository dalam Konteks Penelitian

Pada konteks penelitian terdapat Academic Repository. Academic Repository adalah tempat penyimpanan untuk jurnal ilmiah, karya tulis, penelitian, dan sebagainya. Academic Repository adalah tempat yang mana seluruh peneliti dapat menyatukan penelitian-penelitiannya dari penjuru dunia untuk meningkatkan pengetahuan terkait penelitian terbaru.

Tiga konteks di atas mewakili beberapa penyebutan repository sesuai dengan bidangnya. Masih banyak lagi bidang yang menggunakan kata repository. Pada intinya repository adalah istilah yang mewakili sebuah wadah penyimpanan yang berisikan riwayat, data-data sebelumnya yang bisa diakses dengan mudah. Pada dunia digital saat ini, repository bisa kita temukan dimana-mana dan berisikan berbagai macam jenis data. 

Daftar Repository Linux Indonesia

Pada penginstalan pembaruan perangkat lunak pada Linux untuk pengguna Ubuntu atau Debian, biasanya sih akan melakukan penginstalan versi terbaru melalui perintah ini “sudo apt update” atau “sudo apt upgrade“. Terkadang butuh waktu yang sangat lama sebab setiap versinya pasti memiliki pembaruan yang berbeda-beda. 

Linux meresmikan beberapa repository lokal milik Indonesia yang dapat diandalkan untuk lebih cepat melakukan pembaharuan, berikut merupakan daftar repository Linux Indonesia resmi

  1. Daftar Repository Linux Indonesia Almalinux
  2. Daftar Repository Linux Indonesia Centos
  3. Daftar Repository Linux Indonesia Debian
  4. Daftar Repository Linux Indonesia Ubuntu
  5. Daftar Repository Linux Indonesia Rockylinux
  6. Daftar Repository Linux Indonesia Openbsd
  7. Daftar Repository Linux Indonesia Nomadbsd
  8. Daftar Repository Linux Indonesia Fedora

Jika kalian seorang developer atau seseorang yang bekerja pada bidang IT terutama berhubungan dengan Linux, server, website dan sebagainya, kami sarankan untuk membeli VPS Jetorbit agar memiliki virtual server yang dapat lebih efektif serta efisien. 

Jadi, bisa disimpulkan bahwa repository adalah sebuah penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan data-data yang akan terus diperbaharui. Silakan kalian bisa cari tahu lebih detail mengenai daftar repository Linux Indonesia. 

Semoga bermanfaat 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 1 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

2 responses to “Apa Itu Repository dan Daftar Repository Linux di Indonesia”

  1. […] adalah sistem operasi berbasis kernel Linux yang kini banyak digunakan untuk mengelola server. Nama Debian dipilih berdasarkan kisah Ian […]

    1. silvia Avatar

      Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami, Kak 🙂

Leave a Comment