Perl adalah bahasa pemrograman klasik yang dapat kalian pelajari. Ada yang masih belum kenal dengan Perl? Tak usah khawatir karena kami akan mengajak kalian untuk berkenalan sampai kelar. Okay, langsung simak saja yuk Apa Itu PERL, Kelebihan, dan Implementasi Penggunaannya

Apa itu Perl? 

Perl adalah bahasa pemrograman dinamis tingkat tinggi yang awalnya dirancang khusus untuk pengeditan teks. 

Seiring perkembangan zaman, Perl kini banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan. Misalnya administrasi sistem Linux, pengembangan web, pemrograman jaringan, dan lain sebagainya. Perl adalah bahasa pemrograman yang menggunakan elemen bahasa alami dengan penggunaan kata dalam bahasa Inggris. 

Bahasa alami adalah bahasa tingkat tinggi yang mudah dipahami manusia. Sementara bahasa mesin atau bahasa tingkat rendah hanya memahami 0 dan 1. Jadi, dibutuhkan sesuatu yang bisa menerjemahkan bahasa tingkat tinggi ke bahasa tingkat rendah.  

Perl adalah interpreted programming language. Bagian perangkat lunak yang akan mengubah program dalam bahasa tingkat tinggi ke bahasa tingkat rendah. Hal tersebut perlu ditempuh supaya komputer bisa memahami serta menjalankan instruksi yang ditulis.

Fungsi Perl 

Perl sering digunakan untuk mengotomatisasi berbagai tugas di dalam server web serta sistem administrasi lainnya. 

Why? Hal ini karena Perl dapat dipakai untuk menghasilkan email dan membersihkan sistem secara otomatis. Selain itu, Perl juga masih dipakai untuk pengembangan CGI (Computer-Generated Imagery). Meski telah meningkatkan fungsinya, tetapi Perl juga masih sering melakukan pekerjaan dasarnya, yakni mengekstrak data serta menghasilkan laporan. 

Apalagi untuk kebutuhan business intelligence. Perl juga dapat menghasilkan laporan tentang pemakaian sumber daya serta memeriksa masalah keamanan pada jaringan web. 

Kelebihan Perl 

Beberapa kelebihan dari Perl adalah:  

  1. Sistem Dukungan yang Kuat

Perl adalah bahasa pemrograman dengan performa tingkat tinggi. Hal ini dapat dicapai karena Perl punya sistem dukungan yang kuat untuk kebutuhan pemrograman fungsional serta prosedural. 

  1. Canggih 

Perl dapat menangani enkripsi data dengan baik. Perl telah dilengkapi dengan kompleksitas bahasa pemrograman yang sangat tinggi. Selain itu, Perl juga mendukung library eksternal dengan bahasa pemrograman C dan C++ melalui XS atau SWIG. Kumpulan bahasa dalam Perl bisa disematkan lebih jauh ke dalam sistem lain, seperti server web serta server database. 

  1. Open Source 

Seseorang bisa mengakses serta mengembangkan aplikasi maupun website menggunakan Perl secara gratis sebab Perl adalah bahasa pemrograman yang bersifat open source.  

Kekurangan Perl 

Beberapa kekurangan dari Perl adalah: 

  1. Tidak Andal Memperbaiki Bug 

Kekurangan pertama adalah sulitnya memperbaiki bug dalam sistem. Hal ini karena kemampuan Perl dalam memanipulasi teks justru menyulitkan programmer dalam menemukan bug

  1. Tidak Ditujukan untuk Pengembangan Web

Tujuan penciptaan bahasa pemrograman Perl bukan untuk pengembangan web. Maka dalam penerapannya, Perl cukup sulit dimanfaatkan untuk mendongkrak kecepatan, skalabilitas serta kenyamanan akses website.

Variabel Perl 

Tiga jenis variabel Perl adalah sebagai berikut: 

  1. Variabel Skalar 

Variabel skalar memiliki nilai tunggal. Namanya diawali dengan tanda dolar serta pengenal Perl. 

$variable_name 

Konvensi Penamaan 

Dalam hal ini, Perl adalah bahasa pemrograman yang mempunyai tiga aturan untuk penamaan skalar. Seluruh nama skalar akan diawali dengan karakter $. Cukup Untuk mempermudah Anda dalam mengingat dan mengidentifikasi, ingat saja huruf depan dari variabel ini, yaitu $scalar. 

Seperti PHP, setelah karakter pertama $, yang khas dalam Perl, Anda dapat menggunakan karakter alfanumerik, yakni a hingga z, A hingga Z, dan 0 hingga 9.  Selain itu, Anda juga bisa memakai karakter garis bawah, untuk membagi nama variabel menjadi dua kata. Satu hal yang perlu diingat adalah, karakter pertama tidak boleh dalam bentuk angka. Dengan kata lain, karakter pertama sesudah karakter $ akan berbentuk alfabet atau garis bawah. Sehingga bagi yang berasal dari latar belakang C/C++ harus segera bisa mengenali kesamaannya. 

Contoh Skalar 

$var; 

$Var32; 

$vaRRR43; 

$name_23; 

  1. Variable Array 

Array adalah tipe khusus dari variabel yang menyimpan data dalam bentuk daftar. Setiap elemen pada variabel Array dapat diakses menggunakan nomor indeks unik masing-masing elemen. Kalian bisa menyimpan string, angka, nilai floating, dan sebagainya. 

Array dapat didefinisikan dengan karakter @, disusul nama yang ingin diberikan. Sebagai contoh: 

@array saya; 

Ada beragam cara menyimpan data pada array, tergantung dari bagaimana kalian akan memakainya. Contohnya: 82

saya @array=(a,b,c,d); print @array; 

Output: 

abcd 

Contoh di atas merupakan Array dengan 4 elemen di dalamnya. Indeks Array diawali dari 0 dan diakhiri dengan ukuran maksimum yang dideklarasikan. Dalam hal ini, ukuran indeks maksimum adalah 3. 

apa itu erl

  1. Variable Hash 

Array adalah tipe tertentu dari variabel yang menyimpan data berbentuk daftar, di mana masing-masing elemen dapat diakses menggunakan nomor indeks. Sementara itu, skalar berfungsi untuk menyimpan bilangan bulat dan string. Array bekerja dengan mengumpulkan skalar, di mana pengguna mengakses masing-masing elemen array dengan indeks. 

Namun, Array tidak cocok digunakan jika kalian memiliki ratusan atau bahkan ribuan record. Dengan record sebanyak itu, dapat dipastikan akan lupa indeks mana yang mempunyai nilai. 

Untuk mengatasi hal tersebut, gunakan saja Hash. Satu Hash dapat menampung sebanyak mungkin skalar yang dapat ditampung oleh Array. Perbedaannya adalah Hash tidak punya indeks apapun, karena Hash memiliki kunci serta nilai. Hash dapat dideklarasikan, diawali dengan % lalu disusul dengan nama hash tersebut. 

Contoh di bawah ini merupakan definisi dari hash Perl dan perbedaannya dengan array. Dalam kasus ini, menggunakan contoh tiga orang dan usia mereka diwakili dalam sebuah array. 

@array=(‘Luthfi’,23,’Sony’,24,’Dion’,25); #Inilah tampilan array. print @array; 

Dengan cara di atas, akan cukup sulit untuk mengetahui usia masing-masing sebab pengguna perlu mengingat lokasi indeks nama serta usia setiap individu. Tentunya tiga variabel nama masih cukup mudah untuk diingat. Namun, jika ada 1.000 atau lebih nama, tentu akan kewalahan. Makanya kalian dapat menggunakan Hash.

perl

Implementasi Penggunaan Perl 

Perl adalah bahasa pemrograman yang sudah diimplementasikan ke banyak bidang. Mulai dari pengembangan website, bioinformatika, pemrograman CGI, mengotomatisasi pekerjaan di server web, serta pekerjaan administrasi lainnya.  

Meski telah berkembang sedemikian jauh tetapi pekerjaan dasar seperti mengekstrak data dan menghasilkan laporan masih dilakukan oleh Perl. Selain itu, Perl juga bisa dipakai untuk pembuatan dan manipulasi gambar.  

Beberapa contoh kasus penggunaan Perl adalah pembuatan Graphical User Interface, elektronik VLSI serta membuat filter email untuk meminimalisasi praktik spam. Perl juga sering diterapkan dalam praktik OOP (object oriented programming) serta mendukung semua bentuk pewarisan (simple, multiple, dan diamond), polimorfisme, dan enkapsulasi.  

Kalian juga bisa menggabungkan Perl dengan bahasa pemrograman lain. Artinya, tidak perlu menulis ulang kode yang ada. Perl mempunyai modul tambahan yang memungkinkan untuk menulis atau memakai kembali kode yang ditulis menggunakan Python, PDL, PHP, TCL, Java, Oktaf, C, C++, Ruby, Basic dan Lua dalam skrip Perl.

Jadi, apakah kalian tertarik belajar Perl? 

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment