Mengenal Apa Itu LAN

Sharing is caring!

Kehadiran internet memungkinkan seseorang dapat berhubungan dengan semua orang di dunia. Bahkan proses komunikasi dapat dilakukan secara real-time melalui jaringan internet. Nah, dalam jaringan internet, dikenal beberapa istilah, salah satunya adalah LAN. Okay, yuk baca sampai selesai Mengenal Apa Itu LAN

Pengertian LAN

Pengertian LAN adalah suatu jaringan komputer yang mana cakupan wilayah jaringannya sangat kecil atau terbatas. Misalnya, jaringan komputer kantor, sekolah, rumah, atau di dalam satu ruangan saja. Bisa juga diartikan sebagai sebuah sistem komunikasi komputer yang jaraknya dibatasi tidak lebih dari beberapa kilometer dan menggunakan koneksi high-speed antara 2 hingga 100 Mbps.

Karakteristik LAN

LAN memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut:

  • LAN berada dalam ruang lingkup geografi yang lebih sempit (area kantor, kampus, sekolah, dan rumah).
  • LAN memiliki kecepatan perpindahan data yang lebih tinggi.
  • LAN dapat berfungsi dengan baik tanpa adanya jalur telekomunikasi. Dengan kata lain, LAN tidak membutuhkan akses internet.
  • Administrasi pada jaringan LAN dilakukan melalui administrasi lokal.
  • Di dalam jaringan LAN biasanya terdapat satu komputer yang berfungsi sebagai server yang bertugas untuk mengatur sistem agar berjalan normal.
  • Tidak menggunakan jaringan telekomunikasi dari operator tambahan.

Fungsi LAN

Berikut ini adalah fungsi dari jaringan LAN:

Menghubungkan 2 Komputer atau Lebih

Jaringan LAN digunakan untuk menghubungkan 2 komputer atau lebih baik secara langsung maupun media perantara. 2 komputer dapat dihubungkan langsung menggunakan kabel UTP yang tersambung di kedua komputer. Sementara untuk menggabungkan banyak komputer, kalian membutuhkan perangkat lain, seperti Switch atau Hub.

Memindahkan File dari Satu Komputer ke Komputer Lainnya

Dengan menggunakan jaringan LAN, kalian tidak perlu bolak-balik memasukan flashdisk dari komputer 1 ke komputer lainnya. Hal ini dikarenakan dengan LAN, kalian dapat melakukan pemindahan data melalui metode sharing pada komputer.

Sharing Printer

Jaringan LAN juga memungkinkan penggunanya untuk berbagi printer. Hal ini akan memudahkan seluruh pengguna dan menghemat biaya.

Langkah yang harus dilakukan yaitu dengan membagi driver printer yang ada di Control Panel. Setelah dibagikan ke seluruh pengguna, printer dapat dipakai secara bersama-sama tanpa harus memindahkan komputer maupun printer.

Perihal fungsi ini mungkin kita sering melihatnya di warnet, sewa komputer dan tempat untuk menge-print. 

LAN Chatting

Jaringan LAN dapat pula dipakai untuk mengirim pesan antar komputer pada area LAN. Aktivitas ini bahkan dapat dilakukan tanpa harus terkoneksi ke internet meski nantinya jaringan LAN akan tetap terlihat online.

Untuk menjalankan LAN Chatting, kalian dapat menggunakan aplikasi bawaan Windows, seperti winchat.exe atau menggunakan perangkat lunak LAN Chatting lainnya.

Remote Komputer

Melakukan aktivitas remote pada suatu komputer dapat menggunakan software, seperti TeamViewer. Akan tetapi, software tersebut hanya dapat bekerja ketika komputer tersambung ke internet.

Dalam jaringan LAN, kalian dapat melakukan remote tanpa harus terkoneksi ke internet. Kalian dapat memanfaatkan fitur Remote Desktop Manager/Connection yang sudah disediakan Microsoft. Kalian juga dapat mengontrol komputer di dalam jaringan LAN.

Komponen Dasar Jaringan LAN

LAN terdiri dari beberapa komponen dasar yang diatur sedemikian rupa sehingga dapat menghubungkan beberapa komputer. Beberapa komponen dasar LAN adalah sebagai berikut:

  • Workstation, yaitu node atau host yang berupa suatu sistem komputer.
  • Server, yaitu suatu hardware yang fungsinya untuk melayani jaringan dan workstation yang terkoneksi dengan suatu jaringan.
  • Link, yaitu bagian dari jaringan LAN yang menghubungkan peralatan, seperti workstation dan server secara fisik.
  • Network Interface Card (NIC), yaitu rangkaian elektronika yang dirancang khusus untuk menangani network protocol.
  • Network Software, yaitu software yang digunakan untuk menjalankan jaringan LAN berfungsi sebagaimana mestinya.

Kelebihan dan Kekurangan LAN

Berikut ini ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari LAN:

Kelebihan LAN

  • Dikarenakan jangkauannya yang hanya mencakup area kecil, LAN tidak akan menguras terlalu banyak biaya. Selain itu, kabel yang digunakan pun tidak terlalu panjang. Ini akan lebih menghemat biaya.
  • Melalui LAN, koneksi transfer data antar node akan berlangsung dengan cepat.
  • Jaringan LAN tidak membutuhkan operator telekomunikasi untuk dapat membuat jaringan.

Kekurangan LAN

  • Luas wilayah koneksi terbatas. Hal ini karena LAN hanya mencakup area lokal saja.

Okay Kawan-kawan, jadi itu informasi yang bisa kami sampaikan terkait dengan LAN. Kalau kalian ada tambahan informasi nih, sharing yuk di kolom komentar 🙂

Have a nice day

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa kalian coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Artikel
Mengenal Apa Itu LAN
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Dalam jaringan internet, dikenal beberapa istilah, salah satunya adalah LAN. Okay, yuk baca sampai selesai Mengenal Apa Itu LAN di Jetorbit
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment