Apa Itu Ipconfig dan Perintah Dasarnya

Ipconfig adalah salah satu tool networking yang memiliki fungsi untuk mengetahui detail ID koneksi yang sedang kalian gunakan. Hmmm, ingin tahu lebih detail tentang Ipconfig? Santuy, kalian simak saja sampai kelar tentang Apa Itu Ipconfig dan Perintah Dasarnya

Apa Itu Ipconfig?

Ipconfig adalah tool networking berbasis command line yang dapat dijumpai pada sistem operasi Windows. Tool ini secara default ditanamkan pada level network di sistem operasi. Ipconfig bisa digunakan untuk mengecek dan melihat konfigurasi yang telah dilakukan. 

Dengan menjalankan perintah ipconfig melalui Command Prompt di Windows, dapat terlihat informasi penting tentang koneksi jaringan komputer.

Perintah ipconfig juga dapat digunakan dengan opsi tambahan untuk melakukan tindakan, seperti memperbarui alamat IP, mereset koneksi jaringan, dan lain-lain. 

Pada dasarnya ipconfig merupakan perintah berbasis line sehingga kalian tidak akan menemukan desktop interface untuk tool satu ini.

Fungsi Ipconfig 

Ipconfig adalah tool network di Windows yang memiliki beragam fungsi, mulai dari pengecekan IP Address yang telah diterima, network gateway, subnet, dan kombinasi perintah untuk melakukan reset cache koneksi. 

Oia, kalian juga dapat meminta IP dari sumber jaringan, melihat cache DNS yang tersimpan, dan masih banyak lagi.

Perintah Dasar Ipconfig

Ada berbagai opsi perintah dasar yang dapat dicoba dengan mengeksekusi perintah ipconfig /? melalui command prompt Windows.

Berikut ini daftar perintah yang sering digunakan: 

ipconfig 

ipconfig adalah perintah yang digunakan untuk menampilkan informasi network adapter aktif, versi IP Address, dan adapter yang mendapatkan IP Address. Kalian juga bisa melihat subnet dan gateway yang diperoleh perangkat, loh. 

ipconfig /all 

Perintah selanjutnya yang cukup sering digunakan di ipconfig adalah /all yang akan menampilkan informasi detail terkait hostname perangkat, tipe node dan semua yang ada di perintah ipconfig sebelumnya. 

ipconfig /release 

Perintah ini akan memberi instruksi untuk melakukan pembersihan IP Address pada adapter jaringan yang aktif. 

ipconfig /renew 

/renew pada ipconfig adalah perintah yang akan memperbarui atau meminta router untuk memberikan IP Address baru secara otomatis. Namun, perintah ini tidak berlaku bagi koneksi yang telah disetting statik perperangkat oleh admin jaringan. 

ipconfig /flushdns 

Perintah selanjutnya adalah /flushdns yang berguna untuk menghapus cache DNS tersimpan di perangkat.

ipconfig /registerdns 

/registerdns pada ipconfig adalah perintah untuk memperbarui DNS dan register ulang koneksi DNS. 

ipconfig /displaydns 

/displaydns berfungsi untuk melihat informasi cache DNS jaringan, seperti nama website, PTR, dan sebagainya. 

ipconfig /showclassid 

Perintah ini memberi informasi terkait DHCP ID yang telah diterima oleh perangkat. 

ipconfig /setclassid 

Perintah terakhir yang cukup sering digunakan adalah /setclassid. Perintah ini  menginstruksikan modifikasi DHCP Class ID yang telah diterima perangkat.

Sudah Paham tentang Ipconfig, kah?

Okay, jadi bisa disimpulkan bahwa Ipconfig adalah salah satu tool networking berbasis command line yang patut kalian coba untuk ecek koneksi internet atau server pada perangkat Windows.

Selamat mencoba dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment