Apa Itu Internet of Things?

Sharing is caring!

Internet of Things (IoT) saat ini menjadi topik yang hangat untuk dibicarakan. IoT tidak hanya menjadi suatu konsep yang mempengaruhi hidup manusia namun bagaimana IoT dapat membantu memudahkan kehidupan manusia. Lalu Apa Itu Internet of Things? Cari tahu yuk sampai selesai.

Lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan IoT? Apa saja dampaknya? Untuk mendapatkan jawabannya, mari kita simak artikel ini sampai selesai.

Apa Itu Internet of Things?

Internet of Things adalah konsep dasar yang menghubungkan perangkat apapun satu sama lain, termasuk kulkas, TV, mesin cuci, smartphone, mobil dan sebagainya. Selain peralatan sehari-hari, IoT ternyata juga dapat menghubungkan berbagai komponen mesin, seperti mesin jet pesawat terbang, bor pertambangan minyak, dan lain-lain.

Pada dasarnya, apabila kita memiliki peralatan yang mempunyai saklar on dan off maka peralatan tersebut mempunyai kesempatan yang besar untuk digunakan dalam ranah IoT.

Konsep dan Cara Kerja Internet of Things

Konsep IoT ini sebenarnya cukup sederhana dengan cara kerja mengacu ke 3 elemen utama pada IoT, yaitu barang fisik yang dilengkapi modul IoT, perangkat koneksi ke internet seperti modem atau Router Wireless Speedy di rumah anda, dan Cloud Data Center tempat untuk menyimpan aplikasi beserta data base.

Seluruh penggunaan barang yang terhubung ke internet akan menyimpan data. Data tersebut terkumpul sebagai “big data” yang selanjutnya dapat diolah untuk dianalisis oleh pemerintah, perusahaan, maupun negara asing. Kemudian dimanfaatkan bagi kepentingan masing-masing.

Fungsi Internet of Things

Tujuan utama dari IoT adalah sebagai sarana untuk memudahkan dalam pengawasan dan pengendalian barang fisik. Dengan konsep IoT inilah sangat memungkinkan untuk digunakan hampir di seluruh kegiatan sehari-hari, mulai dari penggunaan perorangan, perkantoran, rumah sakit, industri, transportasi, konserverasi hewan, pertanian, dan sampai ke pemerintahan.

IoT memiliki peran penting dalam pengendalian pemakaian listrik sehingga pemakaian listrik dapat lebih hemat sesuai kebutuhan. Selain untuk tujuan penghematan, IoT juga dapat dipakai sebagai sarana kemajuan usaha dengan cara monitoring sehingga kebutuhan usaha dapat lebih terukur.

IoT juga berfungsi dalam otomatisasi seluruh perangkat yang terhubung ke internet yang mana konfigurasi otomatisasi tersebut dapat disesuaikan dengan mudah tanpa harus datang ke lokasi perangkat tersebut.

Manfaat Internet of Things

Berikut ini manfaat dari teknologi IoT untuk berbagai sektor:

  • Monitoring Lingkungan

IoT berguna untuk melihat kondisi air secara real-time di waduk, irigasi bagi para petani untuk informasi debit air (masih banyak atau sedikit) serta dapat sebagai mitigasi bencana ke para pelaut dan nelayan.

Kebakaran hutan dapat dicegah dengan sistem pencegahan kebakaran yang terintegrasi dengan data laporan titik panas dari satelit yang terhubung langsung ke sistem penyemprotan air di titik lokasi kebakaran. Hal ini lebih memungkinkan api dipadamkan lebih cepat.

Perusahaan air minum dapat mengukur tingkat kualitas air yang akan disalurkan ke pelanggan sehingga lebih dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan dapat mengukur kebutuhan kimia penjernih air.

  • Pengelolaan Infrastruktur

IoT dapat dipakai untuk mendeteksi apakah kondisi jalur kereta aman dilintasi atau tidak sehingga dapat membuka tutup palang pintu kereta secara otomatis.

Sistem pengalihan kemacetan pun dapat dilakukan. Jika suatu jalan sedang macet maka pengguna jalan dengan tujuan ke arah jalanan macet itu dapat dialihkan secara otomatis dengan sistem rambu-rambu otomatis.

IoT dapat digunakan untuk manifest ribuan barang dalam satu kapal atau container apabila penggunaannya di pelabuhan sehingga data manifest dapat lebih cepat tersedia.

  • Sensor Peralatan

IoT di perusahaan tambang dapat digunakan untuk mengukur peralatan mana yang BBM nya sudah mau habis, berapa stok BBM di site, peralatan mana yang olinya harus diganti, dan sebagainya sehingga dapat terukur secara cepat dan tepat. Tentunya teknologi IoT sangat bermanfaat dalam mengawasi peralatan yang digunakan untuk operasional perusahaan agar kebutuhan terhadap perangkat tersebut dapat lebih terukur dan optimal.

  • Bidang Kesehatan

Para dokter secara khusus dapat memantau kondisi pasien tanpa harus melakukan kunjungan ke kamar pasien sehingga biaya kunjungan dokter ke pasien dapat berkurang. Cukup data pasien yang dapat mengarah ke kondisi kritis saja yang secara real-time dapat terus terpantau oleh para dokter sehingga tanggung jawab moril para dokter juga dapat ditingkatkan.

  • Otomasi Gedung dan Perumahan

IoT yang merambah pada pengguna rumahan dapat memudahkan orang untuk berbagai hal. Misalnya, untuk AC split yang biaya listriknya tinggi. Apabila Anda lupa mematikan maka biaya listrik berjalan terus. Jika dengan aplikasi home management maka Anda dapat mematikan AC dan lampu di rumah Anda atau menyalakan kembali sebelum Anda tiba di rumah.

Gedung perkantoran pun dapat lebih mengoptimalkan seluruh fasilitas yang ada. Contohnya, dapat lebih meningkatkan keamanan dengan sistem sidik jari untuk tamu sehingga ketika tamu kantor tersebut datang maka cukup tempelkan sidik jari.

Bagi Anda yang ingin memiliki website, Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Leave a Comment