Apa Itu Internet Exchange?

Sharing is caring!

Perkembangan jaringan internet di Indonesia semakin ditingkatkan. Hal ini dikarenakan pengguna internet di Indonesia semakin bertambah. Adanya internet exchange membuat semuanya menjadi lebih mudah karena tidak perlu membuat server di luar negeri. Yuk baca sampai selesai artikel Apa Itu Internet Exchange?

Pengertian Internet Exchange

Internet exchange point adalah titik akses fisik yang terhubung dengan internet service providers (ISP) dan content delivery networks (CDN) untuk tujuan pertukaran trafik.

Gambaran

Internet exchange point adalah colocation yang dirancang untuk dengan cepat dan hemat biaya mengarahkan trafik antara anggota jaringan yang berbeda. Mereka pada dasarnya jaringan area lokal besar yang dibangun dengan switch Ethernet yang saling berhubungan. Menghubungkan ke salah satu colocations ini memberikan keuntungan bagi organisasi untuk dapat mengoptimalkan aliran data dalam jaringan mereka.

Peering

Peering adalah proses yang mana jaringan terhubung dan bertukar traffic mereka di IXP. Tanpa Internet exchange points, menyeberang dari satu jaringan ke jaringan lain akan bergantung pada penyedia transit yang seringkali memiliki dampak kinerja negatif. Dengan IXP, suatu jaringan dapat melakukan peer dengan beberapa jaringan lain melalui satu koneksi dan dapat memberikan trafik tanpa masuknya penyedia transit.

Penyedia layanan yang terhubung ke Internet exchange point biasanya membuat perjanjian peering dan membayar sebagian dari pemeliharaan infrastruktur fisik di lokasi tersebut.

Transit

Metode lain yang dapat digunakan untuk bertukar traffic disebut transit. Perjanjian transit umumnya terjadi antara pelanggan dan penyedia hulu. Dalam skenario ini, tidak ada jaringan yang terhubung ke semua jaringan lain.

Penyedia transit mengirimkan trafik melalui beberapa jaringan transit. Alih-alih ISP membelah biaya infrastruktur untuk membayar interkonektivitas, mereka secara eksklusif membayar penyedia transit untuk routing traffic.

Transit adalah metode pertukaran lalu lintas yang mahal dan tidak dapat diprediksi yang umumnya dihindari oleh penyedia layanan utama.

Bagaimana Internet Exchange Points Bekerja

Pertukaran trafik antara dua jaringan yang terhubung pada Internet exchange point difasilitasi oleh protokol gateway eksterior yang disebut Border Gateway Protocol (BGP), yang membuat keputusan rute berdasarkan aturan jaringan, jumlah hop, dan karakteristik lain yang dikonfigurasi oleh administrator jaringan.

Masalah utama dengan Border Gateway Protocol adalah sangat rentan terhadap sejumlah serangan berbahaya dan tidak memiliki langkah-langkah keamanan bawaan. Untuk mengamankan trafik, protokol lain harus digunakan. Salah satu protokol hybrid tersebut disebut Internet Key Exchange (IKE) yang digunakan bersama dengan Internet Protocol Security (IPSec). Dua protokol utama yang membentuk IKE adalah:

  • Internet Security Association and Key Management Protocols (ISAKMP) – Digunakan untuk menegosiasikan dan membentuk asosiasi keamanan serta membangun koneksi yang aman antara dua rekan.
  • Oakley Key Determination Protocol (Oakley) – Digunakan untuk perjanjian utama dan pertukaran sesi IKE.

Diimplementasikan dengan Border Gateway Protocol, Internet Key Exchange menghilangkan kebutuhan untuk secara manual menentukan parameter IPSec di kedua peer, memungkinkan pengguna untuk menentukan masa hidup asosiasi keamanan IPSec, dan memfasilitasi otentikasi dinamis.

Internet Exchange Points di Ujung Tanduk

StackPath memanfaatkan Internet exchange points dengan menempatkan points of presence (PoP) di dekat mereka. Untuk trafik untuk melakukan perjalanan melalui IXP, ia harus terlebih dahulu melakukan perjalanan ke lokasi itu dan kemudian ke tujuannya. Itu berarti Anda mungkin berada di ruangan yang sama dengan seseorang tetapi trafik jaringan Anda harus melakukan perjalanan 400 mil untuk dikirimkan. Dengan menempatkan a point of presence di sebelah Internet exchange point, jarak yang harus dilalui data dapat hampir terpotong dua.

Kumpulan Data Internet Exchange Point

Packet Clearing House mengelola direktori global Internet exchange points yang mencakup:

  • Poin pertukaran internet di masa lalu dan sekarang
  • Peering subnets yang digunakan untuk bertukar data
  • Lokasi, peralatan, dan rincian keanggotaan

Pengambilan Kunci

  • An Internet exchange point adalah colocation fisik yang dikelola oleh pelanggannya yang dirancang untuk merutekan lalu lintas antara beberapa penyedia layanan Internet dan jaringan pengiriman konten.
  • Pertukaran lalu lintas difasilitasi oleh protokol tanpa jaminan yang dikenal sebagai Border Gateway Protocol (BGP), yang dapat diamankan menggunakan kombinasi Internet Key Exchange (IKE) dan Internet Protocol Security (IPSec).
  • Untuk mengumpulkan informasi tentang semua Internet exchange point masa lalu dan saat ini, Anda dapat menggunakan titik akhir API yang didukung oleh Packet Clearing House.

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Internet Exchange?
Artikel
Apa Itu Internet Exchange?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Adanya internet exchange membuat semuanya menjadi lebih mudah karena tidak perlu membuat server di luar negeri. Yuk baca artikel Apa Itu Internet Exchange?
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment