Apa Itu Google Scholar, Manfaat, dan Cara Membuat Akunnya

Kalian sudah tahukah bahwa Google Scholar juga disebut dengan Google Cendekia? Jadi, Google Cendekia merupakan platform mesin pencari yang dikembangkan oleh Google secara khusus untuk mencari referensi literatur gratis secara online. Okay, cari tahu lebih detailnya yuk di artikel Apa Itu Google Scholar, Manfaat, dan Cara Membuat Akunnya

Google Cendekia ternyata versi akademis dari mesin pencari Google biasa. Tersedia informasi referensi akademis dengan mencari repositori dari penerbit, universitas, dan situs web ilmiah.

Manfaat Google Cendekia

Berikut ini beberapa manfaat Google Cendekia atau Google Scholar:

Kemudahan Akses

Di Google Scholar tersedia berbagai jurnal dan referensi yang sangat dibutuhkan oleh banyak individu sehingga diibaratkan sebagai perpustakaan daring. Sistem daring yang diterapkan oleh Google Scholar akan memudahkan para pengguna.

Setiap orang dapat mengaksesnya dan menemukan berbagai jurnal yang mereka butuhkan kapan saja dan di mana saja sesuai keinginan mereka. Tentu hal ini akan sangat membantu, terutama mereka yang sibuk dengan tugas atau pekerjaan.

Hemat Biaya dan Ruang Penyimpanan

Google Scholar ini dapat diakses secara gratis. Hanya sejumlah dokumen tertentu yang masih dikenakan biaya untuk mengaksesnya. Santuy, setiap individu dapat menggunakan berbagai jurnal yang tersedia di sana tanpa perlu merogoh kocek, kok.

FYI, jurnal yang diakses secara daring tentu tersedia dalam bentuk berkas digital yang sederhana dan mudah disimpan. Tentu berbeda dong dengan buku fisik, yang butuh biaya untuk membeli dan juga butuh ruang khusus untuk penyimpanan.

Efisiensi Waktu

Google Scholar dalam bidang pendidikan tentu memberikan efisiensi waktu yang lebih baik dibanding harus pergi langsung ke perpustakaan atau toko buku untuk mencari referensi.

Kalian bisa menemukan jurnal yang dibutuhkan dengan mudah secara daring hanya dengan memanfaatkan smartphone atau laptop. Penggunaan Google Cendekia ini bisa menghemat banyak waktu dan menghemat banyak tenaga.

Alat Publikasi

Google Scholar jurnal juga dapat digunakan sebagai platform publikasi untuk jurnal yang telah dihasilkan oleh para cendekiawan, termasuk mahasiswa, dosen, dan pihak lainnya.

Cara Membuat Akun Google Scholar

Kalian dapat menggunakan akun Google yang sudah kalian miliki, loh. Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat akun Google Cendekia:

  1. Buka situs Google Cendekia di https://scholar.google.com/.
  2. Klik “Buat Akun” dan ikuti petunjuk yang diberikan.
  3. Masukkan nama kalian pada kolom yang tersedia, dan di kolom “nama pengguna,” isilah dengan nama pengguna yang diinginkan.
  4. Masukkan kata sandi dan konfirmasikan lalu klik “Berikutnya.” Jika diinginkan, kalian dapat memberikan nomor verifikasi, loh.
  5. Klik “Berikutnya” dan akun Google kalian akan segera dibuat.

Jika sudah memiliki akun Google tetapi belum masuk, silakan klik “Masuk” untuk mengakses akun Google kalian. Nah, setelah berhasil masuk dengan akun Google kalian, kalian bisa mengakses halaman Google Cendekia dan mulai mencari referensi literatur ilmiah.

Tips Mencari Jurnal di Google Cendekia

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan saat mencari referensi di Google Cendekia:

  1. Gunakan Kata Kunci – Daripada mencari kalimat lengkap, lebih baik gunakan kata kunci yang relevan dengan topik yang dicari.
  2. Gunakan Tanda Kutip – Jika mencari frase atau kata-kata spesifik, kalian bisa menggunakan tanda kutip atau petik (” “) untuk hasil yang lebih tepat.
  3. Atur Preferensi Akun – Kalian dapat mengatur preferensi pada akun untuk mengontrol tanggal, bahasa, tahun, dan lainnya agar hasil pencarian lebih sesuai dengan kebutuhan kalian.
  4. Tambahkan Tahun – Untuk hasil yang lebih akurat, bisa menambahkan tahun ke dalam frasa pencarian.

Jadi, Apakah Kalian Sudah Menggunakan Google Scholar?

Google Cendekia atau Google Scholar bisa menjadi media pembelajaran yang sangat bermanfaat loh bagi kalian, apalagi jika kalian adalah para akademisi yang mesti mengakses berbagai jurnal. Google Scholar juga dapat digunakan untuk publikasi, ya.

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment