apa itu google review

Google Review itu apa sih, fungsinya apa saja, manfaatnya untuk bisnis apa, serta cara agar mendapatkan review yang baik itu bagaimana? Hmmm, kepo kan? Makanya, simak terus sampai kelar yuk Apa Itu Google Review, Manfaatnya untuk Bisnis, dan Cara Supaya Usaha Anda Bisa Direview di Google

Apa Itu Google Review? 

Google Review merupakan salah satu fitur yang dapat meningkatkan reputasi bisnis bagi pemilik bisnis. Reputasi ini dapat meningkat dari feedback yang diberikan oleh pelanggan. 

Google Review adalah fitur yang memungkinkan pelanggan untuk mengunggah review pengalaman mereka mencoba produk layanan layanan terkait. Ulasan ini akan muncul di bagian Google Review dan dapat dibaca oleh siapapun.  Google Review tentu sudah terintegrasi dengan Google My Business (GMB) dan Google Maps sebab merupakan fitur dari Google. 

Semakin bagus ulasan pelanggan maka semakin tinggi keinginan calon pelanggan untuk mencobanya, begitu pun sebaliknya. 

Fungsi Google Review

Berikut ini rangkuman fungsi dari ulasan Google: 

  1. Menghasilkan Star Rating 

Dengan mengaktifkan Google Review di Google My Business, pelanggan bisa memberikan rating bisnis kalian. Rating atau peringkat ini biasanya menggunakan 1-5 bintang. Bintang yang didapatkan dari ulasan-ulasan pelanggan akan dirata-rata dan menjadi rating bisnis kalian. Semakin tinggi rating tersebut, semakin besar pula peluang bisnis kalian muncul di pencarian teratas. 

  1. Menambah Jumlah Review 

Fungsi selanjutnya adalah untuk mendapatkan jumlah review sebanyak mungkin. Semakin banyak review yang didapatkan, menunjukkan bahwa kalian memiliki semakin banyak pelanggan, terlepas dari rating yang mereka berikan. Anyway, kalian bisa loh menyaring ulasan yang memang dianggap tidak pantas dibaca atau bersifat spam oleh calon pelanggan lain. 

  1. Alat Promosi Gratis 

Review positif dari pelanggan tentu sangat bermanfaat bagi suatu bisnis. Oleh karena itu, ulasan Google bisa menjadi media promosi gratis. Kalian juga bisa memanfaatkan ulasan positif tersebut untuk meyakinkan calon pelanggan. Jadi, mereka tak akan ragu dan ingin merasakan pengalaman yang sama dengan pelanggan lama. 

  1. Bahan Evaluasi 

Google Review adalah ulasan atau pengalaman murni pelanggan. Maka, sudah sepantasnya ulasan yang masuk juga menjadi bahan evaluasi bisnis ke depannya. Jika ulasannya positif, kalian harus terus mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas bisnis kalian. Begitu pun sebaliknya. 

  1. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan 

Tak dapat dipungkiri bahwa banyak calon pelanggan yang memilih membaca ulasan yang disampaikan pelanggan lain sebagai bahan pertimbangan apakah mereka akan mencoba produk atau layanan bisnis kalian. Itulah mengapa, Google Review juga mempengaruhi tingkat kepercayaan pelanggan. 

Manfaat untuk Bisnis  

Ada berbagai manfaat lain Google Review untuk bisnis, antara lain: 

  1. Memperbaiki Peringkat di Google

Google Review adalah tool yang dapat digunakan untuk memperbaiki peringkat bisnis kalian di mesin pencarian Google. Ulasan yang masuk akan berpengaruh terhadap peringkat bisnis di mesin pencari. Semakin banyak ulasan yang didapatkan, semakin besar pula peluang suatu bisnis muncul di halaman pertama pencarian. 

  1. Memperluas Paparan Bisnis 

Ketika suatu bisnis muncul di pencarian teratas Google atau setidaknya berada di halaman pertama hasil pencarian, prospek bisnis tersebut tentu akan semakin luas.  

  1. Mengonversi Lebih Banyak Pelanggan 

Google Review dipercaya sebagai ulasan murni atau jujur dari pelanggan yang telah merasakan pengalaman mencoba produk atau layanan bisnis kalian. Oleh karena itu, Google Review turut mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian. 

  1. Mengurangi Biaya Promosi 

Google Review adalah media promosi gratis sebab tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mempromosikan produk kalian. Calon pelanggan kan sudah mengetahui dari ulasan yang ada. 

Cara Supaya Usaha Anda Bisa Direview di Google 

Ada dua cara yang bisa digunakan untuk mendapat ulasan di Google Review. 

  1. Meminta Pelanggan secara Langsung 

Tanpa diminta pun, pelanggan biasanya akan memberikan ulasan di Google Review saat pengalaman yang diperoleh sangat menyenangkan atau sebaliknya. Hanya saja, tak ada salahnya jika meminta langsung kepada pelanggan untuk memberikan feedback di halaman Google Review bisnis kalian dengan cara yang baik. 

Cara lainnya adalah dengan menawarkan merchandise eksklusif bagi pelanggan yang sudah menulis ulasan di Google Review.  

  1. Menggunakan Software Review 

Anyway, kalian juga bisa mendapatkan ulasan di Google Review melalui software review. Fitur ini memungkinkan untuk mendapat ulasan dari pelanggan yang telah melakukan transaksi. Mereka hanya perlu mengklik link yang disertakan dan permintaan tersebut akan dikirim melalui Google. Beberapa software review yang bisa digunakan, seperti Trust Pilot, Yotpo, dan BirdEye

Cara Mendapatkan Review Baik 

Untuk mendapatkan review yang positif atau baik dari pelanggan, simak beberapa hal berikut ini yang perlu diperhatikan: 

  1. Memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan, mulai dari pembelian, layanan, hingga permintaan feedback.
  2. Jika perlu, berikan reward kepada pelanggan yang sudah memberikan ulasan untuk bisnis kalian. 
  3. Tetap jaga hubungan baik dengan pelanggan. Jika ada ulasan yang menunjukkan ketidakpuasan, berikan respons dan menghubungi mereka untuk menindaklanjuti pengalaman kurang menyenangkan tersebut. 

Okay, jadi itulah pembahasan mengenai Google Review, fungsi, manfaatnya bagi bisnis, serta cara mendapatkan review yang baik. Jadi, agar dapat membantu meningkatkan reputasi bisnis kalian, silakan gunakan salah satu fitur dari Google ini. Selamat mencoba 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment