Apa Itu CodeIgniter, Kelebihan, dan Cara Menggunakannya

Hai, hai! Di antara kalian masih ada yang asing dengan CodeIgniter, kah? Wah, apa ya itu? Santuy. Setelah baca artikel ini, dijamin kalian akan mendapatkan insight yang baru! Okay, langsung simak saja yuk Apa Itu CodeIgniter, Kelebihan, dan Cara Menggunakannya

CodeIgniter Adalah …

CodeIgniter adalah sebuah framework yang berkembang pada tahun 2006. Nah, framework ini berfungsi untuk web dan pengembangan aplikasi yang hadir dan berbentuk platform open-source.

CodeIgniter merupakan bahasa pemrograman PHP yang dibutuhkan oleh para developer untuk bisa membangun situs web maupun aplikasi.

Fitur CodeIgniter

Yuk ketahui lebih detail tentang fitur-fitur CodeIgniter:

Model View Controller

Model-View-Controller (MVC) adalah praktik dari standar industri untuk bekerja dengan aplikasi web yang memiliki fungsi dalam pemetaan data, logika, dan presentasi dalam aplikasi.

Built-in-library

Para developer yang menggunakan framework ini memiliki sekumpulan dokumentasi yang lengkap mengenai cara kerja dari sistem aplikasi yang mereka ciptakan dan info lainnya mengenai development PHP.

Hal ini dikarenakan fitur dari Built-in-library membuat developer bisa mencari dan menemukan berbagai macam solusi seputar koding, tutorial, dan petunjuk dari penggunaan CodeIgniter. CodeIgniter adalah salah satu framework yang disukai oleh para developer karena fitur tersebut.

Framework LightWeight

CodeIgniter dikenal sebagai framework yang sangat ringan. Sistem inti dari CodeIgniter hanya butuh beberapa library yang sangat kecil. Tentu hal ini sangat berbeda dari banyak framework lainnya yang biasanya butuh banyak source.

Additional libraries juga dimuat secara dinamis berdasarkan demand dari developer dari kebutuhan dan proses tertentu. Hal ini membuat sistem dasar dari CodeIgniter sangatlah ringan dan disukai oleh developer.

Kelebihan CodeIgniter

Berikut ini kelebihan dari CodeIgniter yang telah kami rangkum:

Ukuran Size yang Kecil

Tahukah kalian bahwa CodeIgniter yang digemari oleh banyak developer serta memiliki fitur-fitur canggih ini hanya memiliki ukuran size 2MB untuk keseluruhan frameworknya. Dengan size sekecil itu, tentu saja akan memudahkan developer untuk mempelajari, menjalankan, dan melakukan update.

Fleksibel dan Cepat

CodeIgniter dikenal karena memiliki daya respon loading kurang dari 50 milisekon! Selain itu, ternyata CodeIgniter memiliki fitur yang tidak bergantung satu sama lain. Hal ini membuat CodeIgniter sangat mudah untuk di upgrade dan dilakukan penyesuaian jika terjadi suatu masalah.

CodeIgniter juga sudah memiliki library dan support sendiri dari awal pemakaian. Jika dirasa kurang membantu, tenang, bisa dengan mudah menambahkan library kalian sendiri.

Mudah Dikuasai dan Dipelajari

CodeIgniter adalah framework yang sangat mudah dipelajari dan dikuasai, loh. Bagi yang telah menguasai PHP, dapat dengan mudah mengoperasikan framework ini. Bahkan, dalam waktu yang singkat kalian bisa menguasai CodeIgniter dan mulai menciptakan, mengembangkan, dan menggunakan aplikasi yang dibuat dengan CodeIgniter.

Keamanan

CodeIgniter memiliki sejumlah fitur keamanan yang membantu melindungi aplikasi kalian dari ancaman, seperti serangan SQL injection, cross-site scripting (XSS), dan lain-lain.

Ekstensibilitas

FYI, kalian dapat memperluas fungsionalitas CodeIgniter dengan menambahkan pustaka, helper, dan plugin khusus sesuai kebutuhan kalian.

Selain itu, CodeIgniter juga memiliki komunitas yang aktif loh sehingga dapat membantu dalam mempertahankan dan memperbarui framework ini. Artinya, kalian dapat mengandalkan dukungan dan sumber daya yang terus berkembang.

Keterbatasan CodeIgniter

Tentunya CodeIgniter tidak sempurna dan memiliki kekurangan, ya. Ada beberapa kritik pada CodeIgniter dikarenakan kurangnya beberapa fitur yang lebih modern, seperti yang ada di framework lainnya.

Konsep-konsep baru seperti Dependency Injection masih belum ada dan seringnya ada anggapan bahwa CodeIgniter adalah framework yang cukup tertinggal meski masih efisien dan sangat populer.

Cara Menggunakan CodeIgniter

Apakah kalian ada rencana untuk menggunakan CodeIgniter? Penting loh untuk memeriksa dokumentasinya untuk memahami cara menginstal dan menggunakan framework ini sesuai kebutuhan kalian.

Untuk menggunakan CodeIgniter, kalian dapat langsung menuju menu framework atau PHP pada control panel dari akun hosting, contohnya cPanel atau Plesk.

Namun, bisa juga melakukan penginstalan file CodeIgniter yang sudah didownload secara manual pada perangkat. Silakan upload CodeIgniter melalui file manager ke website dan domain untuk cPanel dan gunakan httpdocs/ jika kalian menggunakan Plesk.

Jadi, kalian tertarikkah untuk menggunakan CodeIgniter? 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment