bisnis-online-untuk-pelajar

Guys, bangga gak sih jika saat masih berstatus pelajar atau mahasiswa namun sudah menggeluti bisnis? Bisa membantu meringankan orang tua karena bisa bayar sekolah dengan uang sendiri, bisa nyicil menabung untuk masa depan, pengalaman juga bertambah, dan yang pasti menumbuhkan rasa kemandirian. Okay deh, baca yuk 8 Rekomendasi Bisnis Online Untuk Pelajar dan Mahasiswa yang Mudah dan Minim Modal

Cara Membangun dan Manfaat Bisnis Online

Bagaimana menghasilkan ide bisnis yang menguntungkan dan sesuai dengan kemampuan kalian nih yang masih sekolah atau kuliah? Berikut hal- hal yang harus kalian pertimbangkan lebih dulu sebelum melangkah :

  • Lakukan penelitian tentang apa yang dibutuhkan atau diinginkan orang saat ini?
  • Pikirkan permasalahan sehari-hari dan bagaimana cara mengatasinya yang sekiranya dapat kalian jadikan peluang bisnis.
  • Jika kalian dapat memberikan atau menciptakan sesuatu yang akan membuat hidup lebih mudah, lebih baik, lebih aman, lebih adil atau lebih murah, apakah itu bisa dijual?
  • Apa yang benar-benar kalian kuasai atau sukai?
  • Pikirkan tentang usaha bisnis apa yang mungkin mendukung masa depan atau pendidikan kalian.

Manfaat yang akan kalian dapatkan jika memulai bisnis dengan modal kecil sebagai siswa atau mahasiswa:

Keuntungan berupa uang

Sudah pasti dong ya kalau berbisnis tentu ingin mendapatkan keuntungan dari usaha kecil kalian. Ya, bisa untuk menambah dana dalam mencukupi kebutuhan sekolah atau kuliah kalian atau sebagai tabungan.

Belajar bisnis dari usia muda

Menjalankan bisnis ya ada trial and error, gak serta merta langsung untung atau sering mendapatkan keuntungan. Namun, setidaknya sudah mendapatkan sebuah pengalaman berharga. Setuju, kan? Bisnis itu membutuhkan riset, perhitungan, dan langkah-langkah yang matang yang mana dapat membantu membangun karakter kalian di luar sekolah/perkuliahan nantinya.

Mendapatkan jaringan pertemanan

Saat memasarkan bisnis, tentu kalian harus melakukan interaksi ke klien. Nah, hal ini akan membantu kalian dalam membangun relasi dan pertemanan yang akan membuat cakrawala kalian lebih luas lagi. Apapun dapat terjadi dalam jaringan pertemanan, hal itu bisa berdampak bagi kalian di masa depan.

Ide Bisnis Online Untuk Pelajar dan Mahasiswa yang Minim Modal

Berikut ini beberapa referensi yang dapat dipertimbangkan:

Mengemas Ulang Makanan

Jika masih sekolah tentu tidak memiliki banyak waktu untuk memasak. Oleh karena itu, mengemas ulang  makanan bisa menjadi pilihan karena jauh lebih mudah dan praktis. Contohnya, membumbui dengan rasa unik ke makanan ringan, seperti makaroni, seblak kering, kripik, atau kerupuk. 

bisnis-online-untuk-pelajar-1

Kalian bisa mengemas dengan kemasan yang menarik, seperti standing pouch, toples kaca/plastik, atau tabung kertas snack. Oia, silakan tambahkan brand jika ingin membuat produk lebih terpercaya. 

Dropshipper

Dropship merupakan sebuah sistem penjualan yang mana dropshipper hanya perlu memasarkan dan menjual barang milik pihak lain tanpa perlu membelinya terlebih dahulu atau menyetok barang.

Dropshipper hanya perlu upload foto produk untuk mempromosikannya.  Biasanya, barang akan dikirim langsung oleh pemasok sehingga tidak perlu mengemas barang dan mengirim. Nah, terkait perhitungan keuntungan, bergantung perjanjian antara pemasok dan penjual. 

Reseller

Sistem jual beli online ini memang membutuhkan modal tapi bagi pelajar atau mahasiswa bisa memilih barang dagangan yang tidak membutuhkan terlalu banyak modal, seperti pakaian, tas, sepatu, hingga aksesoris. Silakan kalian tentukan harga yang ramah di kantong pelajar/mahasiswa juga, ya. Terkait pengemasan, kalian bisa menggunakan gift box, paperbag, atau reusable bag agar lebih menunjang penjualan. 

Jasa pembuatan artikel

Bagi kalian nih, yang punya bakat atau keahlian dalam bidang penulisan, silakan bisa mencoba membuka jasa penulisan artikel. Cukup banyak website yang membutuhkan artikel untuk mengisi halamannya, lho. 

Banyak tema yang bisa ditulis oleh pelajar atau mahasiswa, seperti pergaulan remaja, kehidupan percintaan remaja, materi yang berkaitan dengan perkuliahan, atau konten SEO. 

Membuka les atau kursus

Ide yang satu ini sangat sesuai jika kalian mempunyai dan mendalami bidang ilmu tertentu yang bisa kalian bagikan sebagai tutor atau tenaga pengajar les. Masa pandemi saat ini, kalian dapat menggunakan alat obrolan video, seperti Skype.

Fotografer

Kalian punya hobi dalam bidang fotografi, kah? Nah, tidak ada salahnya tuh jika mencoba menjual jasa dengan keahlian yang kalian miliki. Apalagi, kini banyak orang yang ingin mengabadikan setiap momen dalam hidupnya, seperti lamaran, pernikahan, bridal shower, baby shower, aqiqah, pernikahan, wisuda, dan sebagainya. 

bisnis-online-untuk-pelajar-2

Jika kalian merasa belum profesional, kalian bisa kok mematok harga di bawah rata-rata. Tentunya harus lebih dulu menampilkan hasil karya sebagai referensi untuk calon pelanggan, ya.

Makeup artist

Wahh, mana nih yang suka memoles wajah orang sampai bikin pangling? Nah, ide satu ini membutuhkan keahlian khusus namun bisa senantiasa di-upgrade jika sering latihan atau semakin tinggi jam terbangnya. 

bisnis-online-untuk-pelajar-3

Buka jasa persewaan

Bagi yang memiliki koleksi barang-barang tertentu nih, boleh banget lho mencoba menyewakannya dengan tarif. Banyak orang membutuhkan suatu barang tapi enggan untuk membeli dan lebih memilih untuk menyewa saja. Contohnya, peralatan pendakian, kebaya untuk wisuda, persewaan kamera, dan sebagainya. 

Nah, guys. Silakan pilih ide bisnis atau industri berdasarkan pengetahuan dan minat kalian, ya. Temukan niche bisnis berdasarkan celah yang tersedia di pasar, lalu lakukan riset pasar, dan analisis persaingan untuk menilai persaingan dan kelangsungan produk kalian nih.

Bagi kalian yang membutuhkan website guna mendukung bisnis kalian nih, tenang saja. Kami punya solusinya. Kalian bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website kalian. Selain itu, kami juga menyediakan VPS lho dan bisa kalian cek di sini.

Good luck

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

One response to “8 Rekomendasi Bisnis Online Untuk Pelajar dan Mahasiswa yang Mudah dan Minim Modal”

  1. […] branding dengan metode lama. Mengapa digital branding menjadi sangat penting untuk kesuksesan bisnis online? Mari kita simak alasan-alasan berikut […]

Leave a Comment