6 Tips Untuk Startup Agar Tetap Menonjol di Pasar yang Jenuh

Sharing is caring!

Memulai bisnis startup apapun memang awalnya bisa menakutkan, melelahkan, sekaligus luar biasa. Bahkan jika kalian merasa memiliki produk terbaik di pasarnya masing-masing dan telah mendapatkan pendanaan. Hal yang terbilang rumit adalah banyaknya jumlah startup baru yang dibuat setiap tahunnya, yang berarti lebih banyak ketidaksesuaian di pasar. Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi kejenuhan di pasar tersebut? Cari tahu yuk di 6 Tips Untuk Startup Agar Tetap Menonjol di Pasar yang Jenuh

Statistik menunjukkan bahwa 90% dari startup gagal dalam tahun pertama dan hanya 50% dari startup yang berhasil mencapai tahun kelima mereka. Untungnya, ada beberapa strategi sederhana namun efektif yang dapat kalian terapkan untuk memastikan startup kalian menonjol dibanding yang lain, menarik klien ideal, dan membangun otoritas.

Bagaimana Membedakan Diri dari Kerumunan Startup yang Menjenuhkan

Enam tips berikut ini akan menunjukkan kepada kalian bahwa ini bukan hanya tentang layanan pelanggan tapi juga tentang kemitraan kalian, kinerja situs, hubungan dengan pesaing kalian, dan sebagainya.

1. Menyediakan metode pengiriman yang cepat dan mudah

Setiap perusahaan besar dan brand besar memulai dari suatu tempat, termasuk raksasa seperti Google dan Amazon. Nah, salah satu dari banyak strategi yang mereka gunakan adalah janji pengiriman dalam dua hari melalui Amazon Prime. 

Konsumen menyukai kecepatan dan kehandalan, terutama jika mereka memesan secara online. Menerapkan ini ke strategi pengiriman kalian sendiri dapat membuat perbedaan antara calon customer yang memilih brand kalian daripada yang tidak menawarkan pengiriman cepat dan dapat diandalkan.

2. Bangun strategi pemasaran konten yang efektif

Konten tidak hanya mendorong traffic organik ke situs kalian tapi juga membantu kalian membangun kepercayaan dan hubungan dengan target audiens kalian.

Namun, pemasaran konten tidak hanya tentang menulis konten. Strategi pemasaran konten yang sukses untuk pemula harus mencakup sejumlah proses yang berfokus pada akuisisi pelanggan, peringkat SEO, pembentukan kemitraan, dan membangun backlink berkualitas tinggi.

tips-untuk-startup-1

Dalam hal membuat konten, orisinalitas dan kreativitas tentunya lebih menonjol dibandingkan dengan cerita yang membosankan dan halus yang diceritakan berulang kali. Silakan gunakan unique voice kalian, selera humor untuk mengkomunikasikan siapa kalian, dan apa yang dapat kalian lakukan dapat membentuk fondasi brand kalian serta memungkinkan audiens untuk mengenal dan mengingat kalian.

3. Selalu pantau KPI kalian

Bahkan campaign pemasaran yang dipikirkan secara matang pun bisa gagal. Jika ini terjadi maka itu bisa menghancurkan, terutama jika sejumlah besar waktu, energi, dan uang telah diinvestasikan.

Mencermati pesaing kalian serta keberhasilan dan kegagalan mereka tidak hanya dapat memberi kalian kepastian yang sangat dibutuhkan tetapi juga menawarkan kesempatan bagi kalian untuk memperhatikan dan belajar tentang industri yang kalian targetkan, apa yang berhasil untuk mereka dan apa yang tidak berhasil.

Selain mengawasi pesaing kalian, mengukur kinerja campaign dengan melacak KPI tertentu juga bisa menjadi indikator penting tentang apa yang benar dan di mana kesalahan kalian. Mengukur KPI dan menanggapinya secara efektif dapat mendukung peningkatan keterlibatan di masa depan, kesadaran brand, percakapan, dan menghasilkan lebih banyak prospek dalam jangka panjang.

4. Bertanggung jawab secara sosial

Banyak orang beralih ke startup dan bisnis kecil karena bosan dengan brand besar yang memiliki banyak noda pada rekam jejak keberlanjutan mereka, kurangnya kesadaran lingkungan, kondisi kerja yang buruk, pengujian yang kejam pada hewan, bahkan ada pelanggaran HAM di negara berkembang.

Memberi tahu audiens ideal bahwa startup kecil kalian bertanggung jawab secara sosial dan aware, dapat membantu kalian mendapatkan kepercayaan, koneksi, dan keaslian dengan klien ideal yang secara aktif mencari elemen-elemen ini saat memilih untuk membeli dari sebuah brand.

tips-untuk-startup-2

5. Meningkatkan kinerja situs

Kita semua tentu memiliki harapan yang sangat tinggi untuk kecepatan loading situs atau website. Ekspektasi yang tinggi ini mengakibatkan pengguna merasa frustasi jika ada penundaan loading website. Ingatlah bahwa terkait dengan pengunjung, kecepatan memuat halaman website merupakan pengalaman pertama pengunjung terhadap brand kalian. Oleh karena itu, jika website kalian mempunyai loading yang lama, maka bisa dipastikan kalau kalian bisa kehilangan peluang agar mereka menjadi pembaca dan pelanggan brand kalian.

tips-untuk-startup-3

Lazy loading adalah teknik pengoptimalan kecepatan situs yang akan meningkatkan kinerja situs dan dapat membuat perbedaan besar pada bounce rates situs kalian. Ini memastikan bahwa bagian terpenting dari situs kalian dimuat dengan cepat.

6. Identifikasi kesenjangan dalam industri kalian

Terlepas dari kenyataan bahwa pasar eCommerce sibuk dan jenuh, seringkali ada kelompok konsumen yang masih merasa kebutuhan atau keinginan mereka tidak terpenuhi. Mengidentifikasi celah ini di pasar dan memenuhi kebutuhan khusus kelompok ini adalah cara terbaik untuk mewakili sebuah niche market dan meningkatkan pendapatan kalian secara signifikan.

Strategi lain adalah mengidentifikasi kekurangan pesaing kalian dan produk mereka serta melihat di mana brand dan produk kalian dapat memenuhi celah ini di pasar.

Bagi kalian yang sedang berjuang mempertahankan startup milik kalian apalagi di kondisi pandemi saat ini, ada baiknya enam tips di atas bisa dipertimbangkan. Atau, kalian justru menemukan sebuah insight dari sudut pandang lain? Komen yuk Guys di kolom komentar

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa kalian coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
6 Tips Untuk Startup Agar Tetap Menonjol di Pasar yang Jenuh
Artikel
6 Tips Untuk Startup Agar Tetap Menonjol di Pasar yang Jenuh
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Bagaimana cara untuk mengatasi kejenuhan di pasar startup? Cari tahu yuk di 6 Tips Untuk Startup Agar Tetap Menonjol di Pasar yang Jenuh
Author Name
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment