meningkatkan-pendapatan

12 Cara untuk Meningkatkan Pendapatan dan Holiday Sales di Tahun 2020

Sharing is caring!

Bagi sebagian besar bisnis, tahun 2020 merupakan tahun yang menantang. Jika pandemi COVID-19 berdampak negatif pada bisnis Anda dan Anda merasa kecil hati untuk mencapai target akhir tahun maka kami ingin memberitahu Anda bahwa Anda dan kita semua masih memiliki harapan. Baca sampai selesai yuk 12 Cara untuk Meningkatkan Pendapatan dan Holiday Sales di Tahun 2020

Di artikel ini, kami akan membagikan 12 kiat yang akan membantu Anda merencanakan dan melaksanakan promosi liburan yang sukses sehingga Anda dapat meningkatkan pendapatan Anda dan holiday sales di 2020 ini.

Tips Hari Libur yang Umum (General)

Sebelum kita memahami lebih detail terkait taktik dan campaign tertentu untuk dijalankan, pertama-tama mari kita bahas beberapa pedoman umum yang akan membantu Anda agar menonjol di atas pesaing Anda dan meningkatkan keberhasilan atas upaya Anda.

Mulailah Persiapan dari Sekarang

Berikut ini yang harus dipertimbangkan saat mempersiapkan bisnis Anda untuk musim liburan:

  • Inventaris produk: Apakah Anda perlu menyimpan barang-barang yang sangat populer?
  • Strategi pemasaran: Channels apa yang paling efektif dalam berkomunikasi dengan audiens Anda dan apa pesan keseluruhan yang ingin Anda sampaikan dari promosi liburan Anda?
  • Materi promosi: Bagaimana cara menyebarkannya? Menggunakan iklan online dan postingan media sosial kah? Cetak iklan atau selebaran di dalam toko kah?
  • Penjualan dan penawaran: Apa yang dapat Anda tawarkan kepada pelanggan, yang tentunya menarik bagi keinginan dan kebutuhan mereka saat ini?
  • Anggaran: Apakah Anda memiliki anggaran iklan yang dapat Anda gunakan? Apakah Anda perlu mengurangi beberapa taktik dari tahun lalu? Diskon apa yang bisa Anda tawarkan?
  • Pelanggan Anda: Apa yang berbeda dengan pelanggan Anda pasca-COVID-19 ini? Bagaimana Anda dapat menarik minat dan kebutuhan mereka yang tentunya juga disesuaikan?

Waspada COVID-19

Tahun ini, Anda kemungkinan besar perlu melakukan penyesuaian dalam konteks pemasaran, channels pilihan, dan penawaran Anda untuk menjaga pelanggan Anda agar tetap aman dan untuk menarik prioritas baru mereka di pandemi ini.

meningkatkan-pendapatan-1

Selain itu, meskipun memeriksa laporan dan statistik liburan Anda dari tahun lalu dapat membantu untuk melihat channels dan produk yang berkinerja terbaik, diskon populer, tingkat pengembalian produk, dan banyak lagi, perlu diingat bahwa  tentu saja tahun ini sangat berbeda dari tahun lalu.

Pilih Channels Pemasaran yang Tepat

Memilih channels pemasaran yang tepat untuk mempromosikan campaign liburan Anda, akan membantu Anda memastikan waktu, uang serta energi yang dihabiskan semuanya agar sepadan. Ada sejumlah channels untuk dipilih, termasuk berikut ini (tetapi tidak terbatas pada):

  • Media sosial: posting organik dan iklan berbayar, seperti di Facebook, Instagram, LinkedIn, Pinterest, Twitter, dan lain-lain.
  • Mesin pencari: Google dan Bing Ads, SEO untuk visibilitas organik, dan jangan lupa daftar bisnis Google Anda yang mana Anda dapat memposting deals dan penawaran.
  • Email marketing: Anda dapat menjalankan rangkaian email liburan atau menyertakan penawaran liburan di newsletters reguler Anda.
  • Pemasaran offline: ada iklan surat kabar lokal, selebaran di dalam toko, iklan TV dan radio, dan banyak lagi.

Setiap platform pemasaran itu unik dan memiliki jenis audiens yang berbeda serta tidak semuanya bisa cocok untuk bisnis Anda. silakan lihat metrik pemasaran Anda dari tahun lalu dan lihat apakah Anda dapat menentukan channels dengan kinerja terbaik.

Mulailah Lebih Awal Namun Akhiri Nanti

Orang-orang bisa menjadi excited untuk berbelanja guna persiapan liburan dan dengan penuh semangat mencari diskon serta penawaran. Jadi, Anda dapat dengan mudah memenangkan persaingan jika Anda memulai holiday marketing Anda sebelum kompetisi, bahkan memperpanjang promosi Anda agar berlangsung lebih lama dibandingkan dengan pesaing Anda.

Pastikan Bisnis Anda Dapat Menangani Peningkatan Dalam Permintaan (Demand)

Sebelum meluncurkan pemasaran liburan dan campaign periklanan, silakan lakukan pemeriksaan terakhir untuk memastikan bahwa semuanya siap sesuai dengan rencana dan Anda dapat menangani peningkatan pesanan dan penjualan. Hal tersebut termasuk memastikan bahwa:

  • Anda memiliki persediaan yang cukup sehingga tidak ada kekurangan produk atau rencana cadangan jika Anda kehabisan.
  • Staf Anda dipersiapkan dan dilatih jika ada permintaan yang lebih tinggi dari biasanya (packaging, shipping, support, dan lain-lain).
  • Situs Anda dapat mengelola lonjakan traffic yang tiba-tiba. Anda mungkin perlu menghubungi host situs Anda untuk mengkonfirmasi hal ini.

Must-try Holiday Tactics

Jalankan Penjualan dengan Waktu yang Terbatas (Time-Limited)

Menjalankan popup online sales adalah cara lain untuk meningkatkan penjualan Anda selama waktu belanja liburan. Dengan metode ini, Anda meningkatkan diskon atau menawarkan penawaran eksklusif hanya untuk beberapa jam, seperti dengan meningkatkan diskon 45% menjadi diskon 50% untuk satu jam saja. Anda bahkan bisa melakukan ini 2-3 kali dalam sehari atau beberapa kali selama obral.

Berikut beberapa tips lainnya untuk menggunakan obral perjam atau waktu terbatas:

  • Gunakan pop-ups dan countdown timers untuk mengingatkan pengguna terkait penjualan bahwa waktu memang terbatas.
  • Gunakan kupon diskon yang berbeda untuk setiap penjualan guna melacak penawaran yang sangat populer atau time slots.
  • Promosikan penjualan di situs Anda dan melalui media sosial dan email.
meningkatkan-pendapatan-2

Buatlah Gift Guides

Untuk memberikan hadiah terbaik bagi orang-orang tersayang, orang-orang mencari referensi di internet, terutama Google. Dengan membuat panduan hadiah, Anda dapat membantu audience members Anda, menarik lebih banyak pelanggan, dan meningkatkan SEO Anda.

meningkatkan-pendapatan-3

Berikut ini beberapa contoh panduan hadiah:

  • 10 Hadiah yang Akan Disukai Gadis Berusia Tujuh Tahun
  • 5 Promo Laptop Black Friday yang Tidak Ingin Anda Lewatkan
  • 20 Ide Hadiah yang Bermanfaat untuk Bonus Akhir Tahun Karyawan

Berikut beberapa tips lainnya dalam menggunakan panduan hadiah untuk meningkatkan penjualan liburan Anda:

  • Semakin spesifik panduannya maka tentunya semakin baik. Pikirkan tentang usia, jenis kelamin, tipe kepribadian, hobi, status pernikahan, dan banyak hal lain.
  • Gunakan keyword research tools, seperti Ahrefs atau SEMrush untuk mengidentifikasi kueri panduan hadiah yang populer.
  • Sertakan produk atau layanan Anda sendiri dalam daftar. Sertakan juga semua detail dan gunakan salinan yang menarik untuk menyampaikan mengapa itu akan menjadi hadiah yang bagus.
  • Gunakan carousel di platform media sosial untuk menampilkan produk atau layanan yang Anda tawarkan yang akan menjadi sebuah hadiah yang hebat. Bisa juga melakukan hal yang sama untuk hadiah yang berasal dari sumber lain.

Menawarkan Sesuatu yang Gratis

Menawarkan sesuatu yang gratis adalah strategi yang bagus untuk meningkatkan penjualan karena pelanggan senang mendapatkan sesuatu secara gratis. Selama musim liburan, orang-orang berada dalam mode menghabiskan uang/shopping. Oleh karena itu, menawarkan sesuatu yang gratis akan menjadi angin segar bagi mereka, bahkan dapat mendorong mereka untuk membeli dari Anda. Anda dapat memberikan kartu hadiah gratis, produk gratis, atau pengiriman gratis kepada pelanggan Anda.

Pengiriman gratis hampir menjadi keharusan untuk obral liburan. Konsumen tertarik pada tawaran semacam itu dan kemungkinan besar, pesaing Anda pun akan menawarkannya sehingga jangan beri mereka kesempatan untuk mencuri pelanggan Anda!

meningkatkan-pendapatan-4

Jika Anda sadar akan anggaran, pastikan Anda melakukan perhitungan sehingga penawaran Anda akan berharga bagi pelanggan Anda dan pada akhirnya menguntungkan juga bagi Anda. Anda perlu menghitung biaya produk dan margin keuntungan untuk membuat penawaran, seperti “Beli 3 dan Dapatkan Gratis 1” atau “Belanjakan Rp 100.000 dan dapatkan Diskon Rp 15.000”

Jalankan Diskon Referral

Referral marketing selalu menjadi strategi yang berhasil tetapi akan berhasil dengan sangat baik selama liburan. Dorong pelanggan Anda untuk mereferensikan produk Anda kepada orang lain dengan menawarkan diskon. Misalnya, Anda dapat memberikan diskon ekstra 10% atau tambahan Rp 50.000  jika pelanggan merujukkan Anda kepada seseorang.

meningkatkan-pendapatan-5

Hal tersebut akan membantu Anda meningkatkan penjualan dan pendapatan tanpa mengeluarkan banyak biaya. Yang tidak kalah penting adalah pelanggan Anda mempromosikan bisnis untuk Anda.

Cobalah Virtual Reality

Seperti yang Anda ketahui, dunia ini menunjukkan online behaviour yang belum pernah terjadi sebelumnya karena social distancing. Jadi, jika bisnis Anda adalah bisnis ecommerce yang mencari kesuksesan saat liburan, Anda mungkin ingin mengandalkan fitur realitas virtual untuk memungkinkan konsumen melakukan tour dan browse produk Anda dari tempat yang aman di rumah mereka. Ini merupakan teknologi baru tetapi saat menjadi pengguna awal, dapat memastikan keuntungan jangka panjang.

Tips Channel-Specific Holiday

Taktik di atas dapat membantu Anda meningkatkan penjualan selama liburan dan meningkatkan pendapatan Anda serta holiday sales di tahun 2020 tetapi bagaimana Anda akan mengumumkannya?

Buat Posting Facebook Organik

Dengan lebih dari 2,7 miliar pengguna aktif di seluruh dunia, Facebook dapat menawarkan audiens yang ditargetkan untuk hampir semua bisnis. Ini bagus untuk menemukan pelanggan baru dan melibatkan kembali pelanggan yang sudah ada.

meningkatkan-pendapatan-6

Facebook menawarkan berbagai sub-channels untuk menjangkau audiens target Anda selama liburan:

  • Posting ke Facebook Business Page Anda
  • Facebook Messenger
  • Facebook Stories 
  • Facebook Marketplace 
  • Facebook Groups 
  • Facebook Ads

Mulailah melibatkan dan membangun audiens Facebook Anda sekarang sehingga Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dari upaya dan ide pemasaran liburan Anda. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan bersikap proaktif (liking, sharing, mengomentari pos serta komentar orang lain) dan konsisten (secara teratur terlibat untuk membangun prediktabilitas, kepercayaan, dan brand voice Anda).

Memanfaatkan Iklan dan Posting Instagram

Pengguna Instagram memang sangat terlibat dan platform tersebut telah terbukti menghasilkan keterlibatan sepuluh kali lebih banyak daripada platform media sosial lainnya. Dengan strategi liburan Instagram yang tepat, Anda bisa menghasilkan kesuksesan.

Berikut beberapa tips untuk melakukannya:

  • Pastikan akun Instagram Anda adalah akun bisnis. Akun bisnis dilengkapi dengan analitik yang akan membantu Anda membuat keputusan yang tepat.
  • Temukan influencer dengan audiens target yang sama untuk diajak berkolaborasi. Mereka akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak exposure dan sales selama penjualan.
  • Bagikan kisah sukses pelanggan, reviews positif, dan gambar terkait kebahagian pelanggan. Faktor kepercayaan memainkan peran penting dalam perjalanan pembelian.
meningkatkan-pendapatan-7
  • Gunakan hashtags untuk meningkatkan jangkauan organik Anda, memicu keterlibatan, bergabung dalam percakapan, dan menunjukkan otoritas Anda. Hal ini termasuk location-based hashtags, industry-specific hashtags, trending hashtags, dan custom hashtags. Untuk hashtag khusus Anda, pilih sesuatu yang menginspirasi dan otentik, misalnya, Coca-Cola Indonesia menggunakan #HidupkanSemangatmu untuk campaign mereka.
  • Jangan lupa tentang Instagram Stories, Reel, Instagram Story Highlights, dan IGTV. Fitur-fitur tersebut dapat membantu Anda mengekspresikan brand personality Anda dan terhubung dengan audiens Anda melalui power of video.
  • Jalankan Instagram Ads. Anda dapat menjalankan iklan yang sama untuk Facebook dan Instagram atau membuat iklan terpisah untuk setiap platform. Pastikan untuk menargetkan audiens yang tepat dan gunakan penawaran menarik yang akan mendorong pengguna untuk terlibat dengan iklan Anda.

Dari 12 cara untuk meningkatkan pendapatan serta holiday sales di tahun 2020 ini, cara mana saja yang sudah Anda lakukan atau sudah Anda rencanakan? Comment yuk di kolom komentar 🙂

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
12 Cara untuk Meningkatkan Pendapatan dan Holiday Sales di Tahun 2020
Artikel
12 Cara untuk Meningkatkan Pendapatan dan Holiday Sales di Tahun 2020
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Bagi sebagian besar bisnis, tahun 2020 adalah tahun menantang. Baca yuk 12 Cara untuk Meningkatkan Pendapatan dan Holiday Sales di Tahun 2020
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo