Definisi ARP (Address Resolution Protocol), Fungsi, Kegunaan, dan Cara Kerjanya

Salah satu elemen kunci dalam protokol jaringan yang memastikan data bisa sampai ke tujuannya dengan lancar adalah ARP. Bentar deh, ada yang belum paham sama sekali dengan ARP? Okay, tak usah khawatir karena kalian cukup simak sampai kelar agar bisa paham tentang Definisi ARP (Address Resolution Protocol), Fungsi, Kegunaan, dan Cara Kerjanya

Definisi ARP (Address Resolution Protocol)

ARP adalah sebuah protokol dalam jaringan komputer yang berfungsi untuk mengaitkan alamat IP (Internet Protocol) dengan alamat fisik perangkat, yang dikenal sebagai alamat MAC Address (Media Access Control). 

Alamat IP digunakan untuk mengidentifikasi perangkat dalam jaringan IP, sedangkan alamat MAC mengacu pada alamat fisik perangkat dalam lapisan jaringan data.

Saat ingin mengirim data dari satu perangkat ke perangkat lain dalam jaringan, komunikasi dimulai dengan penggunaan alamat IP. Namun, data fisik harus dikirimkan melalui alamat MAC. Nah, Address Resolution Protocol bertindak sebagai perantara yang menghubungkan alamat IP dan alamat MAC agar data dapat diantarkan dengan benar.

Jenis-jenis ARP

Address Resolution Protocol memiliki beberapa varian dan jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan dalam jaringan. Berikut ini beberapa jenis ARP yang umumnya digunakan:

1. ARP Request dan Reply

Address Resolution Protocol Request adalah jenis yang digunakan untuk mencari alamat MAC dari alamat IP yang diberikan. Permintaan ini dikirim ke seluruh jaringan. Address Resolution Protocol Reply adalah respon dari perangkat yang memiliki alamat IP yang dicari dalam Address Resolution Protocol Request. Address Resolution Protocol Reply mengandung alamat MAC yang sesuai dan digunakan oleh perangkat pengirim Address Resolution Protocol Request.

2. Proxy ARP

Proxy adalah jenis yang digunakan oleh router untuk menjawab permintaan Address Resolution Protocol untuk alamat IP yang berada dalam subnet yang berbeda. Hal ini membantu dalam pengiriman data antarsubnet tanpa harus mengubah konfigurasi perangkat di setiap subnet.

3. Gratuitous ARP

Gratuitous adalah jenis Address Resolution Protocol yang digunakan oleh perangkat untuk memberi tahu jaringan tentang perubahan konfigurasi atau pemindahan alamat IP. Perangkat mengirimkan Address Resolution Protocol Request dengan alamat IP yang baru untuk memberi tahu perubahan konfigurasi. Hal ini berguna saat perangkat baru bergabung dengan jaringan atau saat perangkat berpindah dari satu alamat IP ke yang lain.

4. Inverse ARP 

Inverse digunakan dalam jaringan Frame Relay untuk mendapatkan alamat IP yang sesuai dengan alamat data link (DLCI) yang diberikan. Hal ini berguna untuk mengaitkan alamat IP dengan koneksi jaringan dalam protokol Frame Relay.

5. Reverse ARP 

Reverse Address Resolution Protocol digunakan untuk mencari alamat IP dari alamat MAC. Ini adalah kebalikan dari Address Resolution Protocol konvensional. Perangkat yang memiliki alamat MAC tetapi tidak tahu alamat IP-nya, dapat menggunakan Reverse Address Resolution Protocol untuk mencari tahu alamat IP yang sesuai.

Fungsi ARP dalam Jaringan

Berikut ini fungsi dari ARP:

1. Resolusi Alamat IP ke Alamat MAC

Salah satu fungsi ARP adalah meresolusi alamat IP ke alamat MAC. Ketika sebuah perangkat ingin mengirim data ke perangkat lain di jaringan, ia perlu tahu alamat MAC tujuan untuk mengarahkan data dengan benar. Address Resolution Protocol membantu dalam mengaitkan alamat IP dengan alamat MAC sehingga data dapat dikirim ke alamat fisik yang tepat.

2. Menjaga Cache 

Address Resolution Protocol mengelola cache yang berisi informasi resolusi alamat IP ke alamat MAC yang baru-baru ini digunakan dalam jaringan. Dengan menyimpan informasi ini dalam cache, Address Resolution Protocol mengurangi overhead yang disebabkan oleh permintaan resolusi berulang. Cache Address Resolution Protocol memungkinkan perangkat untuk secara efisien menemukan alamat MAC tanpa harus mengirim permintaan Address Resolution Protocol ke seluruh jaringan.

3. Mencegah Bentrokan Alamat IP

Address Resolution Protocol juga berperan dalam mencegah konflik alamat IP dalam jaringan. Ketika perangkat baru bergabung dengan jaringan, Protokol ini dapat digunakan untuk memeriksa apakah alamat IP yang akan digunakan sudah ada dalam jaringan. Hal ini membantu dalam mencegah terjadinya konflik alamat IP yang dapat mengganggu komunikasi.

4. Mendukung Jaringan Lokal (LAN)

ARP adalah protokol yang umumnya digunakan dalam jaringan lokal (LAN) karena ini adalah lingkungan yang mana perangkat berkomunikasi dalam jarak fisik yang terbatas. Dalam jaringan LAN, Address Resolution Protocol sangat penting karena memungkinkan perangkat untuk berinteraksi satu sama lain dengan cara yang efisien.

5. Kegunaan dalam Jaringan Subnet

Address Resolution Protocol juga relevan dalam jaringan yang lebih besar yang terbagi menjadi subnet. Saat data harus dikirim antarsubnet, Address Resolution Protocol membantu dalam menemukan router atau gateway yang tepat yang akan meneruskan data ke subnet tujuan.

Tujuan dan Kegunaan

Protokol ini memiliki beberapa tujuan dan kegunaan utama dalam jaringan, yaitu sebagai berikut:

  • Resolusi Alamat: Address Resolution Protocol digunakan untuk meresolusi (mengaitkan) alamat IP dengan alamat MAC. Ketika sebuah perangkat ingin berkomunikasi dengan perangkat lain, ia perlu tahu alamat MAC tujuannya untuk mengirim data dengan benar.
  • Optimalisasi Jaringan: Dengan cara efisien menentukan alamat MAC dari alamat IP, Address Resolution Protocol membantu mengoptimalkan pengiriman data dalam jaringan. Hal ini menghindari overhead yang disebabkan oleh pengiriman data ke seluruh perangkat dalam jaringan.
  • Cache: Address Resolution Protocol mengelola cache yang berisi catatan sementara tentang resolusi alamat IP ke alamat MAC. Hal ini membantu dalam mengurangi latensi dan mempercepat proses pengiriman data karena tak perlu melakukan resolusi berulang-ulang untuk perangkat yang sama.

Cara Kerja ARP

Untuk memahami cara kerja ARP, yuk simak beberapa langkah berikut ini:

  1. Permintaan (Request): 
  • Saat perangkat ingin mengirim data ke alamat IP lain di jaringan namun tidak tahu alamat MAC yang sesuai, perangkat ini mengirimkan permintaan Address Resolution Protocol dalam bentuk “Address Resolution Protocol  Request.” 
  • Address Resolution Protocol Request berisi alamat IP target yang ingin diresolusi menjadi alamat MAC. 
  • Permintaan protokol ini dikirim sebagai paket data ke seluruh jaringan atau subnet.
  1. Penerimaan Permintaan: 
  • Setiap perangkat di jaringan menerima permintaan Address Resolution Protocol dan memeriksa apakah alamat IP dalam permintaan sesuai dengan alamat IP perangkat tersebut sendiri. 
  • Jika alamat IP dalam permintaan Address Resolution Protocol sesuai dengan alamat IP perangkat maka perangkat tersebut akan merespon dengan “Address Resolution Protocol Reply.”
  1. Respon Address Resolution Protocol (Reply): 
  • Ketika perangkat menemukan alamat IP yang sesuai dalam permintaan Address Resolution Protocol, hal itu akan mengirimkan respon atau “Address Resolution Protocol Reply” ke perangkat pengirim. 
  • Address Resolution Protocol Reply berisi alamat MAC yang sesuai dengan alamat IP yang dicari. 
  • Perangkat pengirim Address Resolution Protocol Reply akan menerima informasi ini dan menyimpannya dalam cache.
  1. Penyimpanan dalam Cache ARP: 
  • Setelah menerima Address Resolution Protocol Reply, perangkat pengirim akan menyimpan informasi resolusi alamat IP ke alamat MAC ini dalam cache
  • Cache berperan penting dalam menghindari permintaan Address Resolution Protocol berulang-ulang untuk alamat yang sama.
  1. Penggunaan Cache: 
  • Saat perangkat ingin mengirim data ke alamat yang sama dalam jaringan, ia akan memeriksa cache dulu . 
  • Jika alamat IP telah ada dalam cache, perangkat akan langsung menggunakan alamat MAC yang tersimpan dalam cache tersebut untuk mengarahkan data ke tujuannya agar menghemat waktu dan sumber daya jaringan.

Contoh Penggunaan Address Resolution Protocol adalah komputer A ingin mengirim data ke komputer B dalam jaringan lokal tetapi tidak tahu alamat MAC komputer B.

Komputer A akan mengirim permintaan Address Resolution Protocol (Request) ke seluruh jaringan, menanyakan “Siapa yang memiliki alamat IP X?”

Komputer B yang memiliki alamat IP X akan merespons dengan Address Resolution Protocol Reply, memberikan alamat MAC-nya kepada komputer A. 

Komputer A akan menyimpan informasi ini dalam cache ARP-nya lalu mengirim data ke alamat MAC komputer B.

Bagaimana, sekarang kalian sudah paham kan tentang ARP (Address Resolution Protocol)? Jadi ARP itu protokol penting dalam jaringan komputer yang menghubungkan alamat IP dengan alamat MAC, yang mana memungkinkan pengiriman data secara efisien.

Oia, dapatkan penghasilan melalui Afiliasi Jetorbit, yuk. Kalian bisa memiliki peluang mendapatkan jutaan rupiah setiap bulan! Asik, kan. Mudah kok pendaftaran dan cara kerjanya. Kalian bisa melakukannya kapanpun, di manapun, dan ke siapapun. 

Semoga bermanfaat dan tetap semangat 🔥

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment