control panel vps terbaik

Saat ini, server hosting yang paling banyak diminati adalah VPS (Virtual Private Server) dan Cloud Hosting. Perbedaan VPS dan Cloud Hosting yang paling mendasar adalah mengenai bentuk server yang digunakan. Penasaran rekomendasi control panel VPS terbaik agar memenuhi kebutuhan server hosting dengan optimal? Yuk simak 10+ Control Panel VPS Terbaik 2022 (Gratis & Berbayar)

Kemudahan penggunaan panel di VPS membuat banyak pengguna mau untuk mengembangkan control panel VPS terbaik mernurut versi mereka masing-masing. Baik control panel VPS gratis maupun yang berbayar.

Bermacam-macam panel ini memudahkan Anda untuk memilih panel mana yang lebih cocok untuk mengelola VPS yang sedang Anda kelola. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan dan jalankan situs web Anda dengan optimal.

Fitur Control Panel

Ada beberapa fitur yang biasanya menjadi perhatian dalam penggunaan panel. Fitur-fitur yang biasanya ditawarkan control panel VPS terbaik antara lain:

Manajemen DNS (Domain Name System)

Anda dapat mengelola pengaturan DNS melalui tampilan berbasis web. Jika tanpa panel pengaturan ini harus Anda lakukan menggunakan teks perintah yang membutuhkan ketrampilan seperti perintah dasar linux.

Manajemen Email

Fitur manajemen email memungkinkan Anda untuk menambahkan dan mengelola alamat email, mengatur kuota setiap akun email, dan mengatur penanganan spam. Tentu saja melalui tampilan yang berbasis web.

Manajemen FTP

Control panel VPS juga biasanya menyediakan pengelolaan FTP seperti akun user, menajemen password, dan pengaturan kuota setiap akun.

Manajemen File System

Anda juga dapat menyesuaikan dan mengatur file system menggunakan control panel VPS. Pengaturan menggunakan teks perintah harus dilakukan manual. Jaid ini akan mengurangi kesalahan pengaturan yang terkadang sering terjadi pada saat mengelola file system menggunakan teks perintah.

Manajemen User SSH

Selain manajemen FTP, Email, DNS, ada juga manajemen user SSH. Anda dapat menambahkan dan menghapus akun SSH yang ada di dalam VPS dengan mudah.

Manajemen Database

Berbagai macam pengelolaan sistem database juga dapat dikelola dengan baik menggunakan control panel VPS, seperti MySQL, PostgreSQL, dan sistem database lainnya.

Laporan Akses dan Pelaporan

Jika terjadi masalah biasanya sistem akan menuliskannya pada log detail masalahnya. Anda tidak perlu pusing membaca di file log yang ada di server. Pada control panel VPS tampilan laporan log dapat ditampilkan lebih enak untuk dibaca.

Konfigurasi Plugin

Beberapa panel menyediakan fitur untuk menambahkan dan menghapus plugin tambahan. Plugin-plugin itu biasanya bertujuan untuk memudahkan proses pengelolaan situs web atau menambah fiturnya, seperti WordPress, Laravel, dan modul lainnya.

Rekomendasi Control Panel VPS Terbaik (Gratis)

Berikut ini ada beberapa rekomendasi control panel VPS paling bagus untuk menemani perjalanan kalian dalam membangun website.

1. CyberPanel 

CyberPanel dapat dikategorikan sebagai control panel terbaik saat ini karena hadir dalam versi gratis tetapi memiliki fitur yang sangat lengkap dan canggih.

cyber panel control panel vps

Sangat cocok bagi kalian yang perlu menghemat anggaran website tetapi ingin menikmati layanan control panel secara profesional. 

Fitur yang dimiliki CyberPanel:

DNS PowerDNS
FTP PureFTPD
Email Postfix
Web Server LiteSpeed Enterprise
PHP Versi 5.x hingga 8
Backup Google Drive dan Local Drive
Database MaridaDB
Spesifikasi 1GHz, 1GB RAM, dan 10GB HDD/SSD

2. Webuzo

Webuzo adalah salah satu jenis control panel VPS dengan pilihan fitur database yang sangat lengkap. Selain itu, control panel ini tersedia dalam versi gratis maupun berbayar.

webuzo

Untuk dapat menikmati versi premium dari Webuzo, kalian cukup merogoh kocek sebesar Rp 35.000an perbulan. 

Fitur yang dimiliki Webuzo:

DNS Bind
FTP PureFTPD
Email Dovecot dan Exim
Web Server Nginx, OpenLiteSpeed, dan Apache
PHP Versi 5.x hingga 8
Backup Google Drive dan Local Drive
Database PostgreSQL, MySQL, MariaDB, dan PhpMyAdmin
Spesifikasi 1GHz, 1GB RAM, dan 5GB HDD/SSD

3. ISPConfig

ISPConfig pertama kali diperkenalkan dan dikembangkan oleh SPConfig UG. Keunggulan dari jenis control panel satu ini yaitu tersedia secara full gratis dan memiliki lisensi BSD.

ispconfig control panel vps

Kelebihan lainnya adalah ISPConfig telah mendukung penggunaan IPv6 sehingga cocok digunakan bagi pemilik website yang tergolong “Tech Geek”.

Fitur yang dimiliki ISPConfig:

DNS PowerDNS dan Bind
FTP PureFTPD
Email Dovecot dan Exim
Web Server Nginx dan Apache
PHP Versi 5.x hingga 7.x
Database MariaDB dan MySQL
Spesifikasi 1GHz, 1GB RAM, dan 10GB HDD/SSD

4. VestaCP

VestaCP adalah control panel yang telah memiliki banyak pengguna karena tersedia secara gratis dan sangat ringan untuk digunakan.

vestacp

Hal tersebut dikarenakan VestaCP memiliki kapasitas RAM dan memori yang sangat besar. Operating system yang mendukung control panel ini yaitu Linux.

Fitur yang dimiliki VestaCP:

DNS Bind atau Named
FTP ProFTPD dan VsFTPD
Email Dovecot dan Exim
Web Server Nginx dan Apache
PHP Versi 5.x hingga 7.x
Database PhpMyAdmin, PostgreSQL, dan MySQL
Spesifikasi 1GHz, 512GB RAM, dan 20GB HDD/SSD

5. CWP (CentOS Web Panel)

Ciri khas dari CWP adalah control panel ini diciptakan khusus untuk pengguna operating system Linux CentOS Core. CWP tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Kelebihan dari CWP adalah menyediakan berbagai fitur yang sangat lengkap dan profesional secara gratis. Namun untuk menikmati fitur yang lebih premium, kalian harus menyediakan setidaknya biaya Rp 21.000an perbulan. 

cwp

Tenang, terdapat versi gratis dari CWP kok meskipun fitur yang ditawarkan hanya terbatas. Kelemahan lain dari control panel ini adalah memiliki spesifikasi yang sangat berat.

Website kalian bisa menjadi lemot jika hanya memiliki spesifikasi minim. Paling tidak dibutuhkan VPS dengan RAM 4GB dan HDD/SSD 40GB untuk dapat menjalankan CWP secara normal tanpa lelet.

Fitur yang dimiliki CWP:

DNS Ada
FTP PureFTPD
Email Dovecot dan Exim
Web Server Nginx, OpenLiteSpeed, dan Apache
PHP Versi 5.x hingga 8.x
Database MariaDB dan MySQL
Spesifikasi 1GHz, 1GB RAM, dan 10GB HDD/SSD

6. Ajenti

Ajenti telah diklaim oleh sebagian besar pemilik website sebagai control panel VPS versi gratis terbaik. Control panel ini memfokuskan kinerjanya pada efisiensi dan efektivitas eksekusi program.

ajenti

Memiliki performa yang sangat ringan dan cepat sehingga sangat cocok digunakan bagi pemilik VPS dengan spesifikasi sangat minim sekalipun. 

Fitur yang dimiliki Ajenti:

DNS PowerDNS
FTP PureFTPD
Email Dovecot dan Exim
Web Server Nginx dan Apache
PHP Versi 5.x hingga 7.x
Database MySQL
Spesifikasi 1GHz, 10MB RAM, dan 100MB HDD/SSD

7. Virtualmin

Salah satu kelebihan dari control panel Virtualmin adalah mendukung berbagai sistem operasai populer untuk VPS, seperti Linux, BSD, dan UNIX.

virtualamin

Control panel ini laris digunakan hingga ribuan pengguna karena tersedia dalam versi full gratis serta mampu digunakan untuk mengelola berbagai jenis server (website, mobile, remote HTTP API, dan command line LINUX).

Fitur yang dimiliki Virtualmin:

DNS Bind
FTP PureFTPD dan VSFTPD
Email Postfix dan Sendmail
Web Server Apache
PHP Versi 5.x hingga 7.x
Database MySQL
Spesifikasi 1GHz, 1GB RAM, dan 10GB HDD/SSD

8. aaPanel

aaPanel merupakan salah satu jenis control panel VPS dengan versi sepenuhnya gratis.

aapanel

Kalian tak perlu khawatir terkait kelengkapan fitur karena meskipun tersedia secara cuma-cuma alias gratis, aaPanel tetap menawarkan fitur terbaik dan lengkap. 

Fitur yang dimiliki aaPanel:

DNS PowerDNS dan Bind
FTP PureFTPD
Email Dovecot dan Exim
Web Server Nginx, OpenLiteSpeed, dan Apache
PHP Versi 5.x hingga 8.x
Database MariaDB dan MySQL
Spesifikasi 1GHz, 512MB RAM, dan 100MB HDD/SSD

9. Webmin

Webmin memiliki layanan fitur yang sangat mirip dengan Virtualmin. Salah satu keunggulan populer dari Webmin adalah fleksibilitasnya.

webmin

Selain dapat digunakan dalam sistem operasi Linux, control panel ini ternyata dapat pula digunakan melalui sistem operasi Windows, loh! 

Fitur yang dimiliki Webmin:

DNS Bind
FTP ProFTPD dan VSFTPD
Email Postfix dan Sendmail
Web Server Apache
PHP Versi 5.x hingga 7.x
Database MySQL
Spesifikasi 1GHz, 1GB RAM, dan 10GB HDD/SSD

10. Kloxo-MR

Kloxo-MR adalah control panel VPS hasil pengembangan seorang ahli komputer asal Indonesia bernama Mustafa Ramadhan.

control panel vps

Hadir dalam versi full gratis serta dilengkapi dengan berbagai fitur profesional, lengkap, dan terbaru membuat control panel satu ini dapat bersaing secara global meskipun hasil pengembangan pribumi.

Fitur yang dimiliki DirectAdmin:

DNS Bind, NSD, MyDNS, Yadifa, dan PowerDNS
FTP PureFTPD
Email Dovecot
Web Server Hiwata dan Httpd 2.4
PHP Multiple PHP
Database MySQL dan MariaDB
Spesifikasi CentOS 5 dan 6 dan RedHat

Rekomendasi Control Panel VPS Terbaik (Berbayar)

Selain tersedia dalam versi gratis, control panel VPS juga memiliki versi berbayar. Berikut akan disebutkan beberapa panel VPS versi berbayar yang terbaik dan paling populer.

11. Plesk

Plesk adalah control panel VPS berbayar dengan kisaran harga sekitar Rp 140.000an hingga Rp 630.000an perbulan. Harga patokan tersebut sangat berbanding lurus dengan kelengkapan fitur, performa kecepatan, serta tingkat efisiensi dari Plesk. 

plesk

Dengan menggunakan Plesk, kalian akan mampu melakukan update website, menciptakan situs website dari awal, melihat performa dan kinerja server, serta mengelompokkan halaman pengunjung website menjadi satu agar mudah melakukan analisa.

Fitur yang dimiliki Plesk:

DNS Microsoft DNS dan Bind
FTP PureFTPD
Email Postfix
Web Server Apache, ISS, dan Nginx
PHP Versi 5.x hingga 7.x
Database MySQL
OS Linux dan Windows
Spesifikasi 1GHz, 1GB RAM, dan 10GB HDD/SSD

12. WHM (Web Host Manager)

WHM adalah control panel VPS berbayar yang cukup terkenal di kalangan pemilik website. WHM cocok digunakan bagi kalian yang menggunakan VPS dengan spesifikasi besar karena control panel ini dapat digunakan pada puluhan hingga ratusan akun.

Fitur yang dimiliki WHM:

DNS Bind
FTP Ada
Email Ada
Web Server Apache, Nginx, dan LiteSpeed Enterprise
PHP Versi 5.x hingga 8.x
Database MySQL, Perl, dan PostgreSQL
OS Linux CentOS 7.x dan 8.x, RHEL 7, dan CloudLinux 6 hingga 8
Spesifikasi 1.1GHz, 1GB RAM, dan 20GB HDD/SSD

13. cPanel

cPanel merupakan control panel VPS untuk sistem operasi Linux yang sangat populer dan telah memiliki jutaan pengguna. cPanel sendiri merupakan bagian dari WHM.

cpanel

Salah satu keunggulan yang dimiliki cPanel yaitu mampu mengatur dan mengelola akun admin dan user VPS dengan mudah dan antiribet.

Fitur yang dimiliki cPanel:

DNS Bind
FTP Ada
Email Ada
Web Server Apache, Nginx, dan LiteSpeed Enterprise
PHP Versi 5.x hingga 8.x
Database MySQL, Perl, dan PostgreSQL
OS Linux CentOS 7.x dan 8.x, RHEL 7, dan CloudLinux 6 hingga 8
Spesifikasi 1.1GHz, 1GB RAM, dan 20GB HDD/SSD

14. DirectAdmin

DirectAdmin cukup populer dan menjadi primadona karena memiliki user interface yang ramah pengguna serta mudah dipahami oleh penggunanya.

control panel vps terbaik

Hadir dalam versi berbayar dengan patokan harga mulai dari sekitar Rp 28.000an hingga Rp 350.000an perbulan.

Fitur yang dimiliki DirectAdmin:

DNS Bind dan PowerDNS
FTP Ada
Email Ada
Web Server Apache dan Nginx
PHP Versi 5.x hingga 7.x
Database MySQL dan MariaDB
OS Linux CentOS, RHEL 7, Debian, Ubuntu, RedHat, FreeBSD, dan CloudLinux
Spesifikasi 1GHz, 1GB RAM, dan 2GB HDD/SSD

Okay, kalian dapat menggunakan control panel VPS gratis untuk mencoba bagaimana kinerja VPS menggunakan panel. Sedangkan jika kebutuhan fitur mulai bertambah dan ingin lebih mengoptimalkan lagi penggunaan VPS, disarankan untuk menggunakan control panel VPS  berbayar.

Saat ini sudah banyak penyedia VPS di Indonesia yang juga menawarkan panelnya. Salah satunya adalah Jetorbit.          

Selamat mencoba dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂    

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment