8+ Cara Mendapatkan Uang dari TikTok Bagi Pemula di Tahun 2023

Ada beberapa cara loh yang bisa kalian lakukan untuk menghasilkan uang dari TikTok. Mulai dari menjalankan misi TikTok, berjualan di TikTok Shop, dan masih banyak lagi. Tak usah berlama-lama lagi, simak yuk 8+ Cara Mendapatkan Uang dari TikTok Bagi Pemula di Tahun 2023

8+ Cara Mendapatkan Uang dari TikTok di Tahun 2023

Berikut ini ada bermacam cara untuk mendapatkan uang dari TikTok:

1. Menjadi TikTok Influencer

Coba deh jadi influencer di platform tersebut. Iyess, itulah cara pertama yang bisa kalian lakukan. 

Dengan menjadi influencer, kalian kan bisa bekerja sama dengan brand untuk mempromosikan produk. Trus, dapat imbalan, deh. Tenang, TikTok punya fitur seperti Creator Fund, Brand Takeover, dan Branded Hashtag Challenge, yang dapat memudahkan influencer menghasilkan uang.

Tips menjadi influencer TikTok adalah fokus pada topik tertentu, konsisten membuat konten, dan interaksi yang baik dengan followers

2. Membuat Sponsored Content Post

Cara berikutnya adalah dengan menerbitkan sponsored content, yaitu konten yang dibuat oleh TikTok creator dengan tujuan mempromosikan produk atau layanan dari sebuah brand.

Brand akan membayar kalian untuk membuat konten yang menampilkan produk, baik dalam bentuk review, endorsement, maupun promosi bentuk lain. Ingat ya, ada poin penting yang harus kalian ingat! Kalian harus mengikuti ketentuan dari brand serta menerapkan strategi marketing TikTok yang TOP.

3. Mendaftar TikTok Affiliate

Mendaftarkan diri di program TikTok Affiliate bisa menjadi cara mendapatkan uang dari TikTok bisa kalian coba, loh! Afiliasi adalah program yang memungkinkan untuk mempromosikan produk tertentu dan mendulang komisi penjualan dari produk tersebut.

FYI, cara kerja afiliasi TikTok sama seperti program afiliasi pada umumnya. Jadi, kalian cukup menambahkan tautan afiliasi produk pada keranjang kuning ketika membuat konten video. Saat ada orang yang klik link tersebut, akan otomatis mendapatkan komisi.

Oia, TikTok Affiliate menetapkan syarat dan ketentuan agar kalian dapat diterima sebagai afiliator. Mau tahu selengkapnya? Silakan kalian buka aplikasi TikTok yang terinstall di smartphone lalu simak dengan teliti setiap butir persyaratan.

4. Menjalankan Misi TikTok

Cara selanjutnya adalah menjalankan misi di aplikasi sosial media ini. Bagi yang belum tahu, aplikasi TikTok menyediakan beberapa misi yang dapat diikuti, seperti mengundang teman atau menonton video.

TikTok akan memberi hadiah ke kalian berupa uang tunai atau koin TikTok untuk setiap misi yang berhasil diselesaikan. Selain hadiah, konten video pendek bisa berpeluang mendapatkan eksposur lebih besar karena akan dipromosikan oleh pihak TikTok sendiri.

5. Berjualan Produk di TikTok Shop

Jual produk di TikTok Shop bisa menjadi cara menghasilkan uang dari TikTok yang menjanjikan. Sebagian dari kalian pasti sudah tahu bahwa TikTok Shop banyak diminati user karena dapat belanja langsung di aplikasi TikTok tanpa buka marketplace secara terpisah.

Oia, cara daftar di TikTok Shop juga sangat mudah kok bagi para penjual. Cukup ikuti persyaratan yang ditetapkan TikTok, mengunggah produk dan keterangan lengkap seperti di marketplace lain, dan tinggal tunggu saja pembeli datang.

6. Manfaatkan TikTok Ads

Yuk manfaatkan TikTok Ads.! kalian dapat menggunakan TikTok Ads untuk meningkatkan trafik ke website, marketplace lain, bahkan TikTok Shop milik kalian sendiri. Variasi iklan yang ditampilkan juga beragam loh, mulai dari In-feed Image Ads sampai TopView Ads dalam format fullscreen.

7. Bergabung di TikTok Creator Fund

Cara selanjutnya adalah bergabung di TikTok Creator Fund. Dengan program ini, kalian dapat menerima bayaran jika konten video TikTok dianggap menarik, banyak disukai followers, dan engagement-nya tinggi.

Konten TikTok harus memiliki setidaknya 100 ribu views dalam 30 hari terakhir agar dapat mengikuti program Creator Fund. 

FYI, berhubung program ini masih baru, mungkin saja kebijakan dan keuntungan yang ditawarkan dapat berubah di masa mendatang.

8. Menarik Donasi dari Live Gifting

Cara berikutnya yang tak kalah menarik adalah menarik donasi saat mengadakan siaran langsung. Ketika sedang live, penonton bisa memberikan stiker gift sebagai bentuk apresiasi.

Nah, gift tersebut dapat ditukar dengan koin bahkan uang tunai. Really? Kok, bisa? Ya karena penonton dapat mengirim stiker gift ke kalian karena mereka membelinya dengan uang. 

Wait, kudu diingat ya bahwa meminta donasi secara aktif dapat melanggar panduan komunitas TikTok. Kalian juga harus memenuhi syarat minimal 1.000 followers dan usia 16 tahun untuk menggunakan fitur live.

9. Mempromosikan Musik

Alternatif berikutnya adalah mempromosikan lagu ke dalam video pendek. 

Hal tersebut ternyata makin disadari oleh para musisi. Jika kalian dianggap punya followers dan engagement yang besar, para musisi bisa saja membayar kalian untuk mempromosikan lagu mereka dalam video kalian.

10. Menawarkan Jasa Admin TikTok

Cara selanjutnya yaitu menawarkan jasa sebagai admin akun TikTok. Cara kerjanya sama seperti menjadi admin sosial media pada umumnya, yaitu mengelola akun agar bertambah besar menggunakan strategi-strategi tertentu.

Kalian mesti paham seluk beluk dunia pemasaran dan menguasai strategi content marketing. Terus, mampu juga mengembangkan ide kreatif konten TikTok dan mengelola tawaran kerja sama.

Selain itu, perlu juga memahami bagaimana agar konten TikTok viral dan sering masuk ke FYP. 

11. Menjual Akun TikTok

Cara terakhir adalah membangun akun TikTok hingga besar lalu menjualnya.

Bisnis jual beli akun TikTok terbilang  menjanjikan. Jika lihai dalam menumbuhkan followers TikTok dengan cepat, besar kemungkinan punya banyak pembeli potensial. 

Bagaimana, Kalian Tertarik Mencobanya?

Okay, jadi itulah bermacam cara yang dapat kalian coba untuk mendapatkan uang dari tiktok. 

Anyway, upaya–upaya di atas butuh kerja keras dan konsistensi ya untuk membuat konten TikTok yang menarik dan berkualitas. 

Jadi, kapan akan dimulai?

Oia, dapatkan juga penghasilan melalui Afiliasi Jetorbit, yuk. Kalian bisa memiliki peluang mendapatkan jutaan rupiah setiap bulan! Asik, kan. Mudah kok pendaftaran dan cara kerjanya. Kalian bisa melakukannya kapanpun, di manapun, dan ke siapapun. 

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment