Ketahui tentang Apa Itu UML (Unified Modeling Language)

UML adalah bahasa atau media visual yang digunakan oleh sistem analis untuk mengkonversi hasil analisis kebutuhan aplikasi kepada programmer. Okay, bagi yang belum paham sama sekali tentang UML, baca sampai kelar yuk Ketahui tentang Apa Itu UML (Unified Modeling Language)

 

Apa Itu UML? 

Unified Modeling Language atau UML adalah bahasa visual yang dirancang untuk membantu membuat rencana dan memahami sistem software yang rumit dengan lebih mudah.

 

UML diibaratkan sebagai blueprint  yang digunakan dalam berbagai bidang, seperti arsitektur atau manufaktur. Alat ini akan membantu untuk membuat gambaran tentang cara sistem bekerja dan berinteraksi dengan elemen lainnya.

 

Pada UML, digunakan berbagai jenis gambar atau diagram untuk merepresentasikan batas, struktur, dan perilaku sistem serta objek yang ada di dalamnya.

 

Perlu diingat ya bahwa UML bukanlah bahasa pemrograman, artinya UML tidak digunakan untuk menulis kode langsung.

 

Komponen UML 

UML menyusun elemen-elemen ini ke dalam dua jenis diagram yang berbeda.

 

Pertama, terdapat diagram yang menggambarkan bagaimana komponen-komponen sistem terorganisir dan berinteraksi secara tetap, seperti gambaran struktur atau keadaan sistem secara keseluruhan.

 

Kedua, ada diagram yang menggambarkan bagaimana sistem berubah dan berinteraksi seiring waktu, seperti bagaimana data atau informasi mengalir dalam sistem.

 

Berikut ini penjelasan komponen-komponen UML:

 

Structural UML Diagram

Dalam structural diagram UML adalah terdiri atas :

 

Class Diagram

Class diagram atau diagram kelas adalah gambaran yang digunakan untuk menunjukkan kelas-kelas atau grup komponen yang akan digunakan dalam suatu proyek.

 

Pada Class diagram, desain modelnya dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah penjabaran dari domain model, yang merupakan abstraksi dari basis data.

 

Bagian kedua adalah bagian dari modul program yang mengikuti pola MVC (Model View Controller). Di bagian MVC ini, terdapat tiga jenis kelas yang penting, yaitu:

  • Class boundary: Berfungsi sebagai antarmuka dengan pengguna atau dunia luar sistem (interface).
  • Class control: Tempat ditemukannya algoritma atau aturan bisnis yang mengatur perilaku sistem.
  • Class entity: Representasi tabel dalam basis data dan digunakan untuk mengakses dan memanipulasi data dalam program.

 

Component Diagram

Component diagram adalah cara yang digunakan untuk menunjukkan bagaimana bagian-bagian fisik dari suatu sistem ditempatkan. Diagram ini membantu agar dapat melihat detail implementasi dari sistem tersebut.

 

Pada component diagram, dapat dilihat bagaimana elemen-elemen dalam software berhubungan secara struktural. Hal ini membantu untuk memastikan bahwa semua fungsi yang dibutuhkan telah tercakup dalam rencana pengembangan sistem.

 

Component diagram sangat berguna saat merancang dan membangun sistem yang rumit. Tentu hal tersebut akan memudahkan dalam memahami bagaimana komponen-komponen saling berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain dalam sistem.

 

Composite Structure Diagram

Composite Structure Diagram digunakan untuk menggambarkan bagaimana bagian-bagian dalam sistem saling berhubungan dan berinteraksi. Diagram ini memberikan gambaran tentang bagaimana kelas atau komponen bekerja bersama dan terorganisir.

 

Pada composite structure diagram, dapat dilihat bagaimana bagian-bagian ini saling terhubung dan membentuk konfigurasi tertentu yang menentukan cara classifier (class, component, atau deployment node) berperilaku. Bagian-bagian ini termasuk elemen seperti bagian, port, dan konektor.

 

Diagram ini mirip dengan class diagram namun lebih fokus pada menggambarkan bagian-bagian individu secara detail daripada keseluruhan kelas secara keseluruhan.

 

Deployment Diagram

Deployment diagram digunakan untuk menggambarkan hardware dan software yang digunakan dalam suatu sistem. Diagram ini membantu untuk melihat komponen hardware dan software apa yang berjalan di dalamnya.

 

Pada Deployment Diagram, arsitektur sistem digambarkan dengan cara mendistribusikan artefak software pada hardware yang berbeda. Artefak adalah informasi yang dihasilkan oleh software sistem.

 

Artefak ini menjadi sangat penting saat software tersebut digunakan, didistribusikan, atau dijalankan di beberapa hardware dengan konfigurasi yang berbeda.

 

Object Diagram

Object diagram bisa dianggap sebagai screenshot dari instance dalam suatu sistem dan hubungan di antara mereka. Object diagram memungkinkan untuk  dapat melihat bagaimana objek-objek tersebut berperilaku saat sudah dibuat sehingga bisa memahami bagaimana sistem berjalan pada saat tertentu.

 

Object diagram memiliki kesamaan dengan class diagram. Perbedaannya terletak pada fokusnya. Class diagram menggambarkan struktur dan hubungan antar kelas, sedangkan object diagram lebih menekankan pada contoh-contoh spesifik dari kelas-kelas tersebut dalam sistem.

 

Package Diagram

Package diagram digunakan untuk memperlihatkan bagaimana berbagai paket dan elemennya disusun. Diagram ini fokus menunjukkan bagaimana paket-paket berhubungan satu sama lain dan struktur internalnya.

 

Package diagram memungkinkan kamu bisa mengatur diagram UML menjadi kelompok yang lebih berarti, sehingga membuat diagram tersebut mudah dipahami.

 

Diagram ini sangat bermanfaat dalam mengatur kelas-kelas dan use case diagram sehingga bisa melihat bagaimana elemen-elemen ini terorganisir dan berinteraksi.

 

Behavioral UML Diagram

Sedangkan behavioral diagram UML adalah terdiri atas:

 

Activity Diagram

Activity diagram digunakan untuk menggambarkan aliran kontrol dalam suatu sistem dengan cara yang mudah dipahami.

 

Dalam activity diagram, kalian bisa menggambarkan aktivitas-aktivitas yang berjalan berurutan atau bersamaan. Fokus dari activity diagram adalah pada bagaimana aliran dan urutan dari aktivitas-aktivitas tersebut terjadi.

 

Communication Diagram

Communication diagram adalah cara sederhana untuk menunjukkan bagaimana objek-objek berkomunikasi dan bertukar pesan satu sama lain.

 

Diagram ini fokus pada objek-objek dan cara mereka saling berhubungan. Communication diagram memiliki kesamaan dengan sequence diagram tetapi yang membedakan adalah pendekatannya.

 

Pada sequence diagram, lebih menekankan pada urutan langkah-langkah atau pesan yang dikirim. Sedangkan dalam communication diagram, lebih membebaskan bentuk objek dan tautan antar mereka.

 

Interaction Overview Diagram

Interaction overview diagram adalah alat yang digunakan untuk menggambarkan urutan tindakan atau langkah-langkah dalam interaksi sistem yang kompleks menjadi bentuk yang lebih sederhana.

 

Diagram ini menggabungkan kelebihan dari activity diagram dan sequence diagram. Dapat dilihat dengan mudah bagaimana berbagai tindakan atau langkah berurutan dilakukan dalam interaksi sistem.

 

Sequence Diagram

Sequence diagram adalah cara yang sederhana dan mudah untuk menggambarkan bagaimana objek-objek berinteraksi satu sama lain dalam urutan tertentu.

 

Bisa juga disebut sebagai event diagram atau event scenarios karena diagram ini menunjukkan urutan langkah-langkah atau peristiwa yang terjadi.

 

State diagram

Diagram ini fokus pada perilaku sistem dan menunjukkan bagaimana sistem berubah dari satu keadaan ke keadaan lainnya.

 

State diagram juga sering disebut sebagai State Machine atau State-chart Diagram, dan istilah-istilah ini bisa digunakan secara bergantian.

 

Intinya, state diagram digunakan untuk memodelkan bagaimana suatu kelas berperilaku secara dinamis sebagai respons terhadap waktu dan rangsangan dari lingkungan eksternal yang berubah.

 

Timing Diagram

Timing Diagram adalah bentuk khusus dari sequence diagram yang digunakan untuk menggambarkan bagaimana objek berperilaku dan berubah dalam jangka waktu tertentu.

 

Diagram ini membantu untuk melihat bagaimana objek berinteraksi dan berubah statusnya seiring berjalannya waktu.

 

Dalam Timing Diagram, ditunjukkan batasan waktu dan durasi yang mengatur perubahan status dan perilaku objek. Diagram ini menjadi alat yang sangat berguna dalam merencanakan dan mengorganisir perilaku sistem dengan lebih baik dan terstruktur.

 

Use Case Diagram

Use Case Diagram digunakan untuk menggambarkan apa yang dapat dilakukan suatu sistem atau bagian dari sistem dengan cara yang mudah dipahami.

 

Diagram ini sering digunakan untuk menunjukkan persyaratan fungsional sistem dan cara sistem berinteraksi dengan pengguna atau agen eksternal.

 

Dalam Use Case Diagram, digambarkan berbagai skenario yang mana sistem bisa digunakan. Hal ini membantu untuk melihat secara keseluruhan bagaimana sistem berperilaku tanpa perlu memasukkan detail teknis implementasinya.

 

Diagram ini menjadi alat yang sangat berguna dalam merencanakan dan merancang sistem dengan memahami apa yang perlu diakomodasi oleh sistem untuk memenuhi kebutuhan pengguna dengan baik.

 

Tools Membuat UML 

Berikut ini beberapa rekomendasi tools yang dapat digunakan untuk membuat UML:

 

Lucidchart

Lucidchart adalah platform berbasis web yang menyediakan berbagai macam template dan bentuk UML untuk membuat diagram dengan mudah.

 

apa itu uml

 

Lucidchart merupakan tools yang banyak digunakan untuk membuat diagram UML. Alat ini interaktif dan serbaguna sehingga banyak pengembang dan profesional bisnis yang menggunakannya untuk membuat diagram UML.

 

Keunggulan Lucidchart adalah markup urutan UML yang membuatnya menjadi platform yang sangat kredibel. Hal tersebut akan sangat membantu dalam menyederhanakan proses bahkan ketika melibatkan coding.

 

Visual Paradigm

Visual Paradigm adalah alat UML profesional yang menyediakan berbagai fitur canggih untuk mendukung proses pengembangan software secara menyeluruh.

 

Versi desktop dan webnya memungkinkan kolaborasi tim dengan baik. Alat ini memiliki fitur-fitur yang sangat mendasar, interaktif, dan mudah digunakan.

 

Pada platform ini, kalian dapat menemukan berbagai fitur yang membantu memudahkan proses pembuatan diagram UML. Visual Paradigm juga telah diintegrasikan dengan sintaks UML sehingga dapat memeriksa dan menggunakan alat dasar dengan mudah.

 

Visual Paradigm juga menyediakan opsi edit online yang terintegrasi dengan editor diagram, yang membuatnya sangat user-friendly.

 

Microsoft Visio

Visio adalah alat diagram dari Microsoft yang mencakup dukungan untuk banyak jenis diagram, termasuk diagram UML.

 

Sayangnya, baik versi standar maupun profesional adalah versi yang harus dibeli. Selain itu, alat ini hanya tersedia dalam versi desktop, artinya tidak bisa diakses secara online. Tools ini mudah digunakan dan terintegrasi dengan produk Microsoft Office lainnya.

 

Draw.io

Draw.io adalah alat diagram open-source yang dapat digunakan secara gratis dan mudah diakses melalui browser web. Meski sederhana namun sangat cocok untuk membuat diagram UML yang lebih sederhana.

 

Eitsss, kalian dapat menyimpan dan membagikan diagram yang dibuat dalam berbagai format file, seperti PNG, PDF, SVG, atau XML. Draw.io juga menyediakan integrasi dengan berbagai layanan cloud, seperti Google Drive, OneDrive, dan Dropbox sehingga memudahkan pengguna untuk mengakses dan mengelola file mereka.

 

Edraw Max

Edraw Max adalah software yang digunakan untuk membuat berbagai jenis diagram, termasuk diagram UML. Keunggulan Edraw Max adalah integrasi dengan sejumlah besar opsi untuk diagram UML.

 

uml

 

Alat ini menyediakan berbagai template luar biasa, memudahkan pengguna untuk memulai pembuatan diagram tanpa perlu mulai dari awal. Antarmuka pengguna yang mudah digunakan juga membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan efisien.

 

Selain itu, Edraw Max sekarang memiliki versi online loh yang memungkinkan untuk berbagi dan berkolaborasi dengan orang lain dengan mudah. Hal ini memudahkan dalam berkolaborasi dalam tim untuk membuat dan mengedit diagram secara bersama-sama.

 

Sudah Paham kan tentang Unified Modeling Language?

Saat sistem analis selesai membuat analisis, barulah seorang programmer bisa memulai melakukan tugasnya. Hasil analisis yang telah dibuat, tidak hanya dalam bentuk teks saja namun juga dibuat dalam bentuk UML.

 

Jadi, kalian sudah bisa membuat hasil analisis dalam bentuk UML, kah?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment