Apa Itu Shadowban, Cara Mengatasi, dan Tips Pencegahannya

Shadowban adalah ancaman yang bisa membuat seluruh upaya marketing terbuang sia-sia. Kok bisa? Sebab, jika terkena shadowban akan menyebabkan akun media sosial brand kalian sulit muncul di timeline target audiens. Yuk cari tahu selengkapnya tentang Apa Itu Shadowban, Cara Mengatasi, dan Tips Pencegahannya 

Apa Itu Shadowban?

Shadowban adalah pembatasan yang dilakukan oleh sistem platform media sosial terhadap konten pengguna tanpa adanya pemberitahuan resmi. 

Meski pengguna tetap bisa upload konten dan melihatnya sendiri tetapi konten tersebut tidak akan muncul di timeline atau hasil pencarian pengguna lain. Akibatnya, pemilik akun yang terkena shadowban mengalami penurunan visibilitas dan engagement yang signifikan.

Penyebab Shadowban

Penyebab sebuah akun bisa terkena shadowban, apa ya? Secara umum, penyebab shadowban adalah penyalahgunaan kebijakan media sosial. Platform media sosial akan menerapkan shadowban sebagai respons terhadap pelanggaran pedoman komunitas atau aturan penggunaan dalam beraktivitas online. 

Cara Cek Shadowban di Berbagai Platform Media Sosial

Berikut ini beberapa cara cek shadowban di berbagai sosial media:

1. Mencari Nama Akun di Kolom Pencarian

Salah satu cara paling sederhana untuk memeriksa apakah akun terkena shadowban adalah dengan mencari nama akun di kolom pencarian platform yang digunakan. Jika profil tidak muncul, bisa jadi akun memang mengalami pembatasan. 

2. Cek Shadowban dengan Mencermati Engagement Akun

Pengamatan terhadap engagement akun juga bisa memberi petunjuk loh, apakah akun terkena shadowban

Silakan kalian perhatikan apakah ada penurunan yang signifikan dalam jumlah like, komentar, atau share yang diterima. Jika kalian merasa ada penurunan yang tidak wajar atau tetiba, ada kemungkinan akun terkena pembatasan bayangan.

3. Melakukan Pencarian Hashtag

Tagar atau hashtag adalah elemen penting dalam strategi marketing melalui media sosial. Nah, untuk memeriksa apakah terkena shadowban karena menggunakan hashtag tertentu, lakukan pencarian hashtag yang biasanya digunakan dalam konten. 

Cara cek shadowban dengan pencarian tagar yang pertama adalah meminta nonfollower mencari profil kalian di search bar. Atau, bisa juga membuat akun baru untuk mencoba cara yang satu ini. 

Lalu, upload postingan baru dengan deretan tagar yang sering kalian pakai. Coba klik satu persatu tagar yang digunakan dengan akun lain tadi dan cek apakah postingan kalian muncul di kolom Recents.

Nah, jika postingan ada di halaman tersebut, artinya akun media sosial kalian aman dari shadowban.

Sedangkan jika ditemukan pesan seperti pada contoh shadowban Instagram di bawah ini, kemungkinan konten disembunyikan karena sudah menggunakan tagar yang disalahgunakan banyak pengguna media sosial lainnya.

Cek Shadowban

4. Menggunakan Fitur Account Status

Kalian pengguna Instagram, kah? Silakan cek shadowban dengan fitur Account Status. Fitur ini tersedia bagi pengguna Instagram yang mengatur akunnya menjadi tipe profesional.

Melalui fitur ini, bisa melihat konten mana saja yang melanggar aturan penggunaan media sosial. 

Nah, cara cek shadowban Instagram bisa dilakukan dengan klik Menu => Settings and Privacy. Di halaman berikutnya, klik Account.

Selanjutnya, klik Account Status untuk mengetahui apakah akun Instagram terkena shadowban atau tidak.

Dengan Account Status, bisa terlihat apa yang menyebabkan akun Instagram dibatasi dan langkah yang dilakukan untuk memperbaikinya. Jika akun Instagram tidak melanggar aturan apapun, akan terlihat tampilan seperti di bawah ini.

apa itu shadowban

Cara Mengatasi Shadowban

Berikut ini beberapa cara mengatasi shadowban yang bisa dicoba:

1. Hindari Penggunaan Tool Automasi untuk Mengelola Akun

Apabila kalian menggunakan aplikasi untuk memantau pengikut dan penghentian pengikut, mencari hashtag, atau otomatisasi interaksi dengan menggunakan bot atau layanan otomatis lainnya, segera hentikan dan hapus aplikasinya.

Bagi pengguna Instagram, menghapus tools automasi tersebut dengan klik Settings and Privacy => Apps and Websites. Jika melihat akun bot di tab Active, klik tombol Remove untuk menghapusnya sepenuhnya dari akun Instagram.

Bagi pengguna Twitter, buka Settings and Privacy => Security and Account Access => Apps and Sessions. Lalu klik menu Connected Apps dan hapus tools pihak ketiga dengan klik Remove.

2. Hapus Hashtag yang Tidak Relevan

Ada beberapa hashtag yang dilarang oleh platform media sosial. Ada hashtag yang dilarang secara permanen, ada juga yang hanya sementara namun sebaiknya segera hapus hashtag jenis ini jika telanjur memakainya.

FYI, menyematkan hashtag yang tidak relevan berulang kali juga dapat berakibat pada shadowban, bahkan akun media sosial kalian bisa ditangguhkan.

Jadi, pastikan untuk selalu menggunakan hashtag yang sesuai untuk konten kalian, ya.

3. Hapus Konten yang Melanggar Hak Cipta

Cara selanjutnya adalah cek profil kalian dan lihat apakah kalian pernah upload konten yang tidak mematuhi pedoman komunitas atau melanggar hak cipta. Jika mendapat notifikasi pelanggaran hak cipta, segera hapus postingan-postingan tersebut, ya.

4. Laporkan ke Customer Support

Apabila postingan kalian masih tidak muncul di timeline followers, silakan laporkan ke customer support media sosial yang kalian pakai. 

Cukup sampaikan bahwa followers tidak bisa melihat postingan kalian dan hal ini berdampak negatif pada bisnis kalian. 

Tips Pencegahan Terkena Shadowban

Berikut ini beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan agar akun tidak terkena shadowban lagi:

  • Patuhi pedoman penggunaan platform. Setiap platform memiliki pedoman penggunaan yang harus diikuti. Namun, umumnya bisa mencegah shadowban dengan tidak upload postingan yang melanggar hak cipta, mengandung konten sensitif, atau berisi hal-hal yang tidak etis lainnya.
  • Jangan menggunakan tagar yang tidak relevan. Pasang 5-6 hashtag yang sesuai konten tiap postingan agar bisa ditemukan oleh target audiens dan terhindar dari shadowban.
  • Jangan spam. Menjawab komentar audiens dengan template akan terlihat seperti aktivitas spam. Selain itu, hindari follow akun atau like postingan yang terlalu banyak dalam waktu singkat untuk mencegah akun terkena shadowban.
  • Dapatkan interaksi secara organik. Membeli like, komentar, atau followers tidak hanya melanggar kebijakan platform tetapi juga dapat menyebabkan shadowban. Sebab, upaya untuk memperoleh interaksi dari akun-akun palsu dapat terdeteksi oleh algoritma dan berdampak negatif pada akun.

Yuk Waspadai Shadowban dalam Social Media Marketing Kalian.!

Jadi gimana, sudah tahu kan apa itu shadowban, penyebab shadowban, cara mengatasinya, dan tips pencegahannya?

Nah, salah satu tindakan yang disarankan untuk menghindari pembatasan visibilitas konten atau shadowban adalah dengan tidak melakukan spam dan membeli likes atau followers.

Semoga bermanfaat dan tunggu info-info menarik lainnya dari kami, ya 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 0 / 5. Jumlah rate 0

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

One response to “Apa Itu Shadowban, Cara Mengatasi, dan Tips Pencegahannya”

Leave a Comment