seo-content

Apa Itu SEO Content? Panduan Pemula untuk Menulis Konten yang Berperingkat

Sharing is caring!

Tanpa konten yang dioptimalkan SEO secara sempurna, konten terbaik pun bisa gagal tampil di pencarian biasa (natural search). Apa gunanya membuat konten yang berguna jika target audiens Anda tidak dapat menemukannya. Itulah alasan mengapa Anda perlu membuat SEO content tetapi jangan salah mengira bahwa itu hanya sekedar  memasukkan keywords Anda untuk beberapa kali dalam konten Anda. Kita pahami bersama yuk di Apa Itu SEO Content ? Panduan Pemula untuk Menulis Konten yang Berperingkat

Apa Itu Penulisan SEO Content?

Istilah SEO content dapat diterapkan ke konten apapun yang dibuat untuk mendapatkan peringkat tinggi di Google SERP. Penulisan SEO content adalah membuat konten yang bertujuan untuk memberi peringkat guna pencarian dan keyword yang ditargetkan atau untuk membantu keseluruhan situs menjadi lebih terlihat oleh mesin pencari utama.

Ada kesalahpahaman umum bahwa SEO content terbatas pada postingan blog saja. Ini tidaklah benar. Konten apapun yang Anda buat dapat dibuat untuk tujuan mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencarian Google.

Hal tersebut mencakup tidak hanya posting blog tetapi juga halaman situs, landing pages, halaman produk dan layanan, video, bahkan alat interaktif yang dipublikasikan di resources page Anda. Selama Anda membuat konten dengan tujuan mendapatkan peringkat halaman yang tinggi maka konten tersebut dapat dianggap sebagai SEO content.

Mengapa Pemasaran SEO Content Merupakan Hal Penting?

SEO content penting untuk SEO Anda dan strategi pemasaran konten. Ingatlah bahwa SEO content adalah konten yang dibuat dengan tujuan mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari Google. Untuk mencapai peringkat tinggi, konten tidak hanya harus ditulis dengan baik dan informatif tetapi juga harus sesuai dengan maksud pengguna, artinya konten harus relevan dengan audiens Anda.

Dengan demikian, SEO content tidak hanya akan membantu memperkuat upaya SEO Anda tetapi juga akan membantu mencapai tujuan pemasaran konten Anda.

Penting juga untuk diingat bahwa membuat konten yang bagus saja tidaklah cukup. Konten yang tidak berada di halaman pertama Google SERP, mungkin tidak akan menerima banyak traffic karena hanya sedikit pengguna yang melewati halaman pertama. Faktanya, sebagian besar pengguna akan mengklik salah satu dari tiga tautan pertama yang ditampilkan di SERP mereka, yang berarti peringkat yang posisinya dekat dengan posisi peringkat puncak sangatlah penting.

Bagaimana Anda Membuat atau Menulis Konten yang Optimal?

Berikut ini adalah beberapa langkah penting yang perlu Anda ikuti untuk membuat SEO content yang efektif:

Temukan Topik dengan Potensi Traffic Tinggi

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengidentifikasi topik yang relevan dengan audiens target Anda. Untuk mengidentifikasi topik seperti itu, Anda perlu memiliki pemahaman yang baik tentang siapa audiens Anda, apa saja kebutuhan mereka serta tantangan mereka. Itulah mengapa Anda perlu mengembangkan buyer persona, yang mana membahas demografi, kebutuhan, keinginan, tantangan, minat, ketakutan, sasaran, dan lain-lain.

Saat menghasilkan ide topik, pastikan Anda untuk melakukan penelitian. Gunakan mesin pencari untuk menemukan jenis konten yang memiliki peringkat yang baik untuk ide topik tertentu. Pastikan untuk memeriksa situs bisnis dalam industri Anda, termasuk bisnis yang bersaing dan tidak bersaing, untuk melihat topik apa yang menjadi fokus konten berkinerja terbaik di mereka.

Menemukan Target Keyword dan LSI Keyword

Setelah Anda memiliki daftar topik, Anda harus dapat membuat daftar keyword yang relevan dengan topik tersebut. Namun, Anda mungkin ingin melakukan penelitian keyword untuk menentukan seberapa efektif keyword tersebut. Anda dapat melakukannya dengan memantau volume pencarian dan jumlah hasil untuk keyword dari waktu ke waktu. Ada banyak alat penelitian keyword yang dapat Anda gunakan untuk melacak metrik ini.

Anda juga harus membuat daftar LSI keyword (latent semantic indexing). LSI keyword akan menyediakan Google dengan lebih banyak konteks tentang konten sehingga lebih mudah bagi mereka untuk mencocokkan konten Anda dengan search queries yang relevan.

Tips menulis SEO content: Dalam kebanyakan kasus, menulis konten dalam bentuk panjang akan bekerja lebih baik di SEO dibandingkan dengan menulis sebuah artikel blog 500 kata

Analisis Search Intent  dan Answer Questions untuk Audiens Anda

Setelah Anda mendapatkan daftar keyword yang didapat dari hasil analisis di Google. Evaluasilah sepuluh hasil teratas dari setiap keyword untuk mengidentifikasi apa yang menurut Google sebagai search intent dari kueri pengguna. Pada dasarnya, hal ini akan memungkinkan Anda untuk melihat jenis konten apa yang memiliki kinerja terbaik untuk setiap keyword. Hal ini tentu akan memudahkan Anda untuk membuat konten berkualitas yang sesuai dengan maksud pengguna (user intent) Anda dan yang dioptimalkan dengan benar menggunakan keyword yang efektif.

Buatlah Konten Anda Menarik Secara Visual

Dalam hal pembuatan konten Anda yang sebenarnya, ingatlah bahwa pengguna juga mengkonsumsi konten yang bersifat visual, seperti gambar atau video pendek dibandingkan konten yang berupa teks murni.

Tentu saja hal ini tidak berarti Anda harus menghindari konten berbasis teks. Pastikan saja bahwa setiap konten yang berbasis teks dilengkapi dengan visual, seperti bagan, infografis, atau gambar. Hal tersebut akan membuat konten Anda lebih mudah dipindai dengan memberikan konteks dan memecah poin monoton dari artikel berbasis teks atau blog post.

Brainstorming Headline Anda dan Sertakan Keyword Anda

Hal pertama yang akan dibaca orang adalah judul konten Anda. Jika judul Anda umum atau tidak meringkas konten dengan benar, orang tidak akan mengklik link meskipun peringkatnya bagus. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk membuat judul yang relevan dan menarik yang menggunakan keyword tersebut. Judul Anda harus menarik perhatian audiens Anda sehingga mereka ingin melihat konten Anda.

Promosi Media Sosial dan Backlinks

Tidak masalah seberapa bagus konten Anda. namun Anda jangan berpikir bahwasanya hanya karena Anda yang membuat, bukan berarti audiens Anda akan muncul secara otomatis. Anda juga perlu mempromosikan SEO content Anda. Meningkatkan kesadaran dan exposure dari konten Anda akan membantu untuk menarik lebih banyak pembaca atau viewers.

Mempromosikan konten Anda juga dapat membantu meningkatkan peringkat Anda karena Google memang mempertimbangkan faktor lain di luar penggunaan keyword saat memberi peringkat halaman. Misalnya, Google memperhatikan sinyal sosial dan backlink. Kedua faktor tersebut menunjukkan bahwa konten Anda harus berkualitas tinggi.

Tulis Ulang dan Publikasikan Ulang Konten Anda

Jangan abaikan konten lama. Konten yang sudah lama masih dapat berguna sejauh masih menyangkut SEO tetapi jika Anda hanya membukanya kembali. Jika tidak, konten lama akan tetap ketinggalan zaman dan bisa jadi kurang relevan, yang mana akan merusak kemampuannya untuk mendapatkan peringkat yang baik.

Kunjungi kembali konten lama secara rutin dan update, baik dengan mengoptimalkannya untuk keyword yang lebih baik, menulis ulang untuk meningkatkan kualitas, atau memperbarui statistik yang mungkin sudah out of date.

Analisis dan Lacak Hasil Anda

Satu-satunya cara untuk menentukan apakah konten Anda berkinerja dengan baik adalah dengan memantau metrik tertentu. Sebelum Anda mulai memantau dan menganalisis konten Anda, Anda perlu menetapkan apa tujuan Anda. Tanpa sasaran atau tujuan apapun, Anda tidak akan memiliki apapun untuk dijadikan tolok ukur terhadap kinerja konten Anda.

Dengan mengingat hal tersebut, berikut ini ada beberapa metrik penting yang harus Anda lacak untuk memantau kinerja SEO content Anda:

  • Traffic metrics – traffic metrics memberi Anda gambaran tentang seberapa baik konten dioptimalkan untuk SEO. Traffic metrics penting untuk diikuti, termasuk pageviews, users (unique visitors), unique pageviews, dan traffic sources (dari mana traffic berasal).
  • Engagement metrics – hanya karena Anda menarik banyak traffic ke halaman, bukan berarti konten tersebut efektif. Pantaulah metrik keterlibatan, seperti CTR, rasio konversi, time on page, dan bounce rate.
  • Social signals – sinyal sosial adalah cara yang baik untuk menentukan apakah orang menyukai konten Anda. Belum lagi mereka juga berperan penting untuk meningkatkan peringkat halaman. Perhatikan sinyal sosial, seperti komentar, share, dan likes di semua social channels Anda.
  • Backlinks – backlinks menunjukkan bahwa situs lain telah mengidentifikasi konten Anda sebagai konten yang berkualitas tinggi. Mereka juga merupakan sumber traffic berkualitas tinggi. Pantaulah berapa banyak backlink yang Anda hasilkan dan dari mana.

Strategi SEO Content Sangat Penting untuk Peringkat Anda

Pemasaran SEO content haruslah menjadi bagian utama dari strategi inbound marketing Anda. Praktik terbaik SEO yang baik akan membantu meningkatkan peringkat halaman Anda sehingga meningkatkan visibilitas di mesin pencari, dari Google ke Bing, dan banyak lagi.

Selama konten yang Anda hasilkan relevan dan berkualitas tinggi serta memenuhi semua persyaratan SEO, maka hal itu juga harus berdampak besar pada kemampuan Anda untuk menjaga pengunjung dan menjadikan mereka sebagai prospek (leads).

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa Anda cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu SEO Content? Panduan Pemula untuk Menulis Konten yang Berperingkat
Artikel
Apa Itu SEO Content? Panduan Pemula untuk Menulis Konten yang Berperingkat
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Kita pahami bersama yuk terkait SEO content di artikel Apa Itu SEO Content ? Panduan Pemula untuk Menulis Konten yang Berperingkat
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo