Apa Itu OS Fedora, Fungsi, dan Kelebihannya

Fedora adalah OS yang didesain untuk keperluan desktop, server, dan untuk pengembangan pemrograman. Bentar deh, ada yang belum paham apapun tentang OS Fedora? Santuy, di artikel ini akan dikupas lengkap mengenai OS tersebut. Okay, langsung simak yuk Apa Itu OS Fedora, Fungsi, dan Kelebihannya

Apa Itu OS Fedora? 

Fedora adalah sistem operasi distro Linux yang didukung oleh Red Hat dengan teknologi up to date. Fedora adalah OS yang bersifat open source, sama seperti OS distro Linux lainnya. 

Sejak diluncurkan pada 2003, Fedora telah bertransformasi hingga versi 37. Menginjak ulang tahun yang ke-20, versi dari Fedora sudah hampir 2 kali lipatnya. Artinya, Fedora akan memperkenalkan versi terbarunya kurang lebih 6 bulan setelah versi sebelumnya dirilis. Fedora menyediakan 3 versi yang bisa digunakan, yaitu versi desktop untuk pengguna personal computer, versi server, dan versi cloud computing.

Sejarah OS Fedora Linux 

Pada 6 November 2003, Fedora merilis versi pertamanya dan menjadi salah satu distribusi Linux paling awal saat itu. Fedora dikembangkan oleh komunitas bernama Fedora Project dan didukung oleh perusahaan terkenal yang bernama Red Hat. 

Sayangnya, di tahun yang sama, Red Hat Linux dihentikan sebagai strategi bisnis Red Hat yang berfokus pada layanan untuk bisnis dan Enterprise Linux. 

Pada tahun 2003 Red hat memperkenalkan Fedora Project sebagai proyek komunitas versi terbuka. Versi awal Fedora diberi nama Fedora Core yang waktu rilisnya bersamaan dengan Red Hat Enterprise Linux. Pada tahun 2006 Fedora Core resmi terpisah dari Red Hat Linux. Fedora dikelola oleh komunitas sedangkan Red Hat tetap berfokus pada penyediaan layanan dan dukungan untuk bisnis.  

Pada tahun 2007, istilah “Core: pada Fedora sudah tidak digunakan. Jadi, distribusi Linux ini kemudian dikenal dengan nama “Fedora” saja. Di waktu yang sama, Fedora memperkenalkan tiga jenis atau versi OS-nya, yakni Fedora Workstation, Server, dan juga Cloud.    

Dalam perkembangannya, Fedora merilis versi terbaru secara berkala dengan siklus kurang lebih 6 bulan. Hal ini membuat penggunanya mendapatkan akses teknologi dan software terbaru dengan cepat. Ke depannya, Fedora juga berkomitmen untuk terus berinovasi dalam dunia Linux dengan mengadopsi teknologi-teknologi terbaru untuk terus berkembang.

Mengapa OS Fedora Banyak Digunakan oleh Web Administrator?

Berikut ini beberapa alasan kenapa OS Fedora banyak digunakan oleh web administrator.  

  1. Open Source 

Fedora adalah sistem operasi yang gratis. Fedora dikembangkan oleh komunitas pengembang yang terbuka untuk orang di seluruh dunia.  

  1. Inovatif 

Fedora membawa teknologi terbaru yang ada di sistem operasi Linux dengan memberikan pembaharuan pada sistem kernel Linux, perangkat desktop, dan masih banyak lagi.  

  1. Cepat Merespon Perubahan 

Fedora menjadi sistem operasi yang begitu cepat merespon perubahan dengan mengeluarkan pembaharuan terbaru.  Sifat responsive tersebut membuatnya menjadi OS pilihan bagi mereka yang antusias mengikuti perkembangan teknologi Sistem Operasi berbasis Linux terkini.  

  1. Keamanan 

Fedora menempatkan keamanan sistem dan kestabilan menjadi salah satu prioritas pada setiap versi yang diluncurkan.  

  1. Up to date 

Fedora melakukan update versi secara rutin. Kurang lebih setiap 6 bulan sekali tersedia versi terbarunya.

Fungsi Fedora 

Beberapa fungsi dari Fedora adalah: 

  1. Sistem Operasi 

Sebagai sistem operasi (OS) Fedora dapat digunakan untuk kebutuhan desktop atau komputer. Fedora juga cukup nyaman loh digunakan, seperti GNOME atau KDE. Selain OS untuk komputer personal, Fedora juga sering digunakan untuk mengoperasikan server. Khusus untuk kebutuhan server, Fedora merilis versi tersendiri, yakni Fedora Server Edition yang menyediakan berbagai layanan perangkat lunak server.   

  1. Inovasi dan Eksperimen

Fedora juga sering dipilih untuk kebutuhan eksperimen. Salah satu alasan preferensi ini adalah karena Fedora dinilai cukup rutin update versi OS-nya. Dengan demikian, developer dapat menguji coba aplikasi dan software yang dibuat di teknologi paling baru.  

  1. Keamanan 

Selain mengupdate versi OS dengan fitur terbaru, Fedora juga mengupdate keamanannya secara berkala. Hal ini dilakukan untuk memastikan sistem tetap aman dari serangan siber, seperti virus, malware, dan masih banyak lagi. 

  1. Pembelajaran 

Fedora juga sering digunakan untuk pelatihan dan pembelajaran, dengan menyediakan banyak sumber edukatif yang berguna untuk memudahkan pengguna memahami sistem Linux.  

  1. Cloud Computing 

Selain untuk server, Fedora Cloud juga dapat digunakan untuk lingkungan Cloud Computing. Fedora dapat digunakan untuk menjalankan platform Cloud, seperti AWS atau OpenStack.

Versi OS Fedora 

Fedora versi 1 (Yarrow) diterbitkan pada bulan November 2003. Selanjutnya, selalu menggunakan nama unik untuk setiap versi baru yang dirilis. Berikut ini rangkuman beberapa versi Fedora hingga Desember 2023. Kalian juga dapat melihat informasi versi terbaru Fedora di halaman website resmi Fedora. 

Apa Itu OS Fedora, Fungsi, dan Kelebihannya

Apa Itu OS Fedora, Fungsi, dan Kelebihannya

Kelebihan OS Fedora

Beberapa kelebihan Fedora adalah sebagai berikut: 

  1. Open Source 

Fedora adalah sistem operasi berbasis open source. Artinya, Fedora dapat digunakan secara gratis. Oia, Fedora juga dikembangkan oleh komunitasnya sendiri dengan anggota dari seluruh dunia.  

  1. Inovatif 

Fedora adalah salah satu OS yang rutin merilis update versi terbaru. OS Fedora membawa teknologi terbaru di sistem operasi Linux, dengan memberikan pembaharuan pada sistem kernel Linux, perangkat desktop, dan masih banyak lagi.  Fedora juga dapat menjadi wadah bagi anggota komunitasnya untuk berinovasi di dunia Linux. 

  1. Cepat Merespon Perubahan 

Fedora menjadi sistem operasi yang dapat merespon perubahan dengan relatif cepat dengan mengeluarkan update terbaru.  

  1. Up to date 

Fedora adalah distro Linux yang cepat mengadopsi teknologi terbaru. OS satu ini cukup rutin merilis update versi OS mereka. Kurang lebih setiap 6 bulan sekali Fedora mengeluarkan versi terbarunya. 

  1. Update Keamanan Rutin

Fedora juga menjadikan aspek keamanan sistem dan kestabilan sebagai salah satu prioritas pada setiap versi yang diluncurkan. Artinya, setiap versi terbaru yang dirilis juga memiliki tingkat keamanan yang lebih baik. 

  1. Komunitas Besar dan Aktif 

Fedora memiliki komunitas dengan anggota yang besar dan aktif. Artinya, bisa mendapatkan dukungan komunitas dengan cukup mudah dan cepat. Selain itu, bisa berpartisipasi dalam diskusi untuk menyelesaikan suatu troubleshoot dan pengembangannya. 

Kekurangan OS Fedora 

Berikut ini beberapa kekurangan OS Fedora: 

  1. Tidak Cocok untuk Pemula 

Meski memiliki UI yang cukup user friendly namun Fedora tidak cocok digunakan untuk pemula. Fedora lebih cocok digunakan untuk para pengembang Linux dan pengguna tingkat lanjut. Sebagai alternatifnya, pengguna Linux pemula dapat menggunakan distro lain, seperti Ubuntu.  

  1. Aplikasi Terbatas 

Tak semua aplikasi yang bisa digunakan di sistem operasi Windows dan Mac tersedia di Fedora.  

  1. Performa yang Kurang Stabil 

Memang salah satu kelebihan utama Fedora adalah OS Fedora adalah selalu menghadirkan teknologi terbaru. Sayangnya, kelebihan ini juga menjadi satu kekurangan yang perlu diperhatikan. Teknologi terbaru yang selalu dihadirkan Fedora dapat berpengaruh pada stabilitas yang kurang begitu maksimal. 

Jadi, bisa disimpulkan bahwa Fedora adalah OS distro Linux yang cocok digunakan bagi yang gemar mempelajari teknologi terbaru Linux.

Semoga bermanfaat 🙂

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 5 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment