Apa Itu Moodle

Sharing is caring!

Moodle adalah singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment. Moodle dirancang untuk memberi para pendidik, administrator, dan peserta didik dengan sebuah platform yang terbuka, kuat, aman, dan gratis untuk menciptakan dan menyampaikan lingkungan belajar yang dipersonalisasi. Yuk baca selengkapnya artikel Apa Itu Moodle

Mengapa Moodle adalah Learning Management System yang Paling Banyak Digunakan di Dunia?

Moodle telah diadaptasi untuk digunakan lintas pendidikan, bisnis, nirlaba, pemerintah, dan banyak sistem komunitas lainnya dari semua ukuran karena fleksibilitas dan skalabilitasnya.

Tersedia secara gratis untuk semua pengguna, Moodle dapat di-host-sendiri atau Anda dapat mempercayai Mitra Moodle Bersertifikat untuk menyediakan hosting dan dukungan terbaik untuk lingkungan Moodle Anda.

Moodle adalah berbasis web dan fitur interface yang kompatibel dengan ponsel, membuatnya dapat diakses dari mana saja di dunia melalui berbagai browser web atau perangkat.

Selain itu, desain modular dan interoperable Moodle memungkinkan pengembang untuk membangun plugin yang dapat mengintegrasikan aplikasi eksternal untuk meningkatkan kemampuan sistem dan memperluas apa yang mungkin dengan produk inti Moodle.

Moodle adalah Open Source: Apa Artinya dan Mengapa Penting?

Sumber terbuka mengacu pada teknologi dasar yang menjadi dasar dibangunnya Moodle, terutama yang berarti bahwa perangkat lunak, atau kode Moodle, tersedia secara bebas untuk mengunduh, menggunakan, menyesuaikan, mendistribusikan, dan memodifikasi.

Keuntungan Open-Source

  • Gratis

Kode open-source tersedia secara bebas tanpa biaya lisensi.

  • Tidak ada kunci vendor

Dengan LMS open-source, Anda memiliki kebebasan untuk tidak hanya menyesuaikan solusi Anda untuk memenuhi kebutuhan Anda tetapi Anda dapat dengan mudah mengambil kode Anda (yang Anda miliki, bukan vendor) dan pindah ke vendor lain jika Anda tidak mendapatkan tingkat dukungan yang Anda butuhkan.

  • Security

Kode yang terbuka dan terlihat memungkinkan komunitas sumber terbuka untuk menemukan dan mencatat masalah keamanan apapun.

  • Kustomisasi

Open source menawarkan fleksibilitas penuh kepada pengguna untuk membuat platform eLearning khusus yang dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan organisasi atau lembaga tertentu.

  • Inovasi

Software open-source menyediakan fleksibilitas yang diperlukan untuk menyesuaikan dan beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran yang berubah.

  • Dapat diukur (Scalable)

Saat lembaga atau organisasi tumbuh dan berkembang, penting agar LMS Anda dapat tumbuh bersama Anda dan beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan yang berkembang.

  • Future-Proof

Kemampuan untuk mengukur, menyesuaikan, dan berinovasi berarti bahwa Anda juga dapat membuktikan investasi LMS Anda di masa mendatang dengan menciptakan solusi eLearning yang dapat beradaptasi dengan perubahan kebutuhan.

Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa Anda coba.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating / 5. Jumlah rate

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Moodle
Artikel
Apa Itu Moodle
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Moodle adalah singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment. Yuk baca selengkapnya artikel Apa Itu Moodle
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

Leave a Comment