Apa Itu Google Tag Manager dan Mengapa Menggunakannya?

Sharing is caring!

Google Tag Manager bukanlah hal asing dalam dunia IT. Namun bagi kalian yang tidak berkecimpung di dunia IT, mungkin masing asing dengan istilah Google Tag Manager. Yuk ketahui lebih lanjut di Apa Itu Google Tag Manager dan Mengapa Menggunakannya?

Apa Itu Google Tag Manager (GTM)?

Google Tag Manager adalah alat gratis yang memungkinkan Anda mengelola dan menggunakan marketing tag (cuplikan kode atau tracking pixels) di situs web Anda (atau aplikasi seluler) tanpa harus mengubah kode.

Berikut adalah contoh yang sangat sederhana tentang cara kerja GTM. Informasi dari satu sumber data (situs web Anda) dibagikan dengan sumber data lain (Analytics) melalui Google Tag Manager. GTM menjadi sangat berguna ketika Anda memiliki banyak tag untuk dikelola karena semua kode disimpan di satu tempat. tgm

Manfaat besar dari Tag Manager adalah Anda, pemasar, dapat mengelola kode Anda sendiri. Tidak diperlukan lagi pengembang. Kedengarannya mudah bukan? Sayangnya, ini tidak sesederhana itu.

Apakah Google Tag Manager Mudah Digunakan?

Menurut Google, “Google Tag Manager membantu menjadikan manajemen tag sederhana, mudah, dan handal dengan memungkinkan pemasar dan webmaster menyebarkan tag situs web di satu tempat.”

Mereka mengatakan itu adalah alat “sederhana” yang dapat digunakan pemasar manapun tanpa memerlukan pengembang web.

Anda harus memiliki pengetahuan teknis untuk memahami cara mengatur tag, triggers, dan variabel. Jika Anda dropping in Facebook pixels, Anda perlu beberapa pemahaman tentang cara kerja piksel pelacakan Facebook.

Jika Anda ingin mengatur pelacakan peristiwa di Google Tag Manager, Anda akan memerlukan beberapa pengetahuan tentang apa “peristiwa” itu, bagaimana Google Analytics bekerja, data apa yang dapat Anda lacak dengan peristiwa, seperti apa laporan di Google Analytics, dan bagaimana caranya beri nama kategori, actions, dan label Anda.

Sedangkan bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat website, tenang saja. Kami pun punya solusinya. Anda bisa langsung cek ke Jetorbit guna memenuhi kebutuhan pembuatan website Anda.

Tidak hanya pembuatan website saja namun Jetorbit juga dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 3 / 5. Jumlah rate 2

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tutorial dan Informasi Teknologi - Jetorbit Blog
Apa Itu Google Tag Manager dan Mengapa Menggunakannya?
Artikel
Apa Itu Google Tag Manager dan Mengapa Menggunakannya?
Informasi mengenai teknologi dan panduan menggunakan hosting, website dan domain
Bagi kalian yang tidak berkecimpung di dunia IT, mungkin masing asing dengan istilah GTM. Yuk baca Apa Itu Google Tag Manager dan Mengapa Menggunakannya?
Silvia
Publisher Name
Jetorbit
Publisher Logo

1 thought on “Apa Itu Google Tag Manager dan Mengapa Menggunakannya?”

Leave a Comment