ASP adalah bahasa pemrograman yang wajib dipelajari jika ingin mempercantik tampilan desain suatu website. Wait, ada yang belum paham tentang ASP? Santuy, tak usah bingung gitu karena kalian hanya perlu menyimak sampai kelar artikel Apa Itu ASP, Fungsi, dan Aplikasi untuk Membuat Pemrograman ASP

Apa Itu ASP?

ASP adalah bahasa pemrograman ciptaan Microsoft yang mengkombinasikan server-side scripting dan HTML untuk memudahkan programmer dalam membuat aplikasi web server. Dengan ASP, dapat tercipta halaman web yang dinamis (dynamic pages).

Server-side scripting adalah semua proses program yang dilakukan pada sisi server, sementara client cukup menerima hasil dalam bentuk HTML.

Nah, permintaan file ASP NET akan diproses dulu oleh server lalu yang akan dikirim hanya kode-kode HTML.

Jika diamati, akan ditemukan bahwa ASP adalah bahasa pemrograman yang mempunyai syntax dan interface layaknya Visual Basic. Hal ini karena Visual Basic memang memiliki hubungan dengan ASP. Selain itu, keduanya juga menjadi program rilisan Microsoft.

ASP itu bahasa pemrograman yang mudah dipelajari, kok. Kalian cukup mengenal HTML dan VBScript dulu sebagai modal. Selanjutnya, kalian dapat membuat aplikasi web yang dinamis setelah mempelajari ASP NET.

Ingin menggunakan ASP NET? Setidaknya butuh sebuah text editor atau tools web development lain, seperti Homesite, Visual Interdev, Dreamweaver, dan sebagainya.

Script ASP pada file ASP akan ditandai dengan awal tag <% dan diakhiri dengan tag %>. Kode VBScript diletakkan di antara kedua tag tersebut.

Program ASP NET beroperasi menggunakan produk Microsoft bernama IIS (Internet Information Server).

ASP dapat menampilkan isi halaman yang berbeda sesuai dengan tujuan pemrogramannya. Kebalikannya, HTML justru menampilkan isi yang statis saja.

Fungsi ASP

Fungsi ASP termasuk pengiriman konten dinamis, database-driven untuk visitor website tanpa membebani sistem server-side.

Sederhananya, ASP adalah jenis pemrograman yang berfungsi sebagai server side pada program sistem HTML untuk mempercantik desain website.

Pemrograman ASP melibatkan pengkodean di JScript, Visual Basic Script, Python, Perl, atau bahasa pemrograman lainnya. Meski demikian, programmer yang sudah menulis kode menggunakan bahasa lain akan menemukan pemrograman ASP.

Dua bahasa yang mendukung untuk pemrograman ASP adalah JScript dan VBScript.

Penggunaan ASP pada program HTML akan memudahkan programmer dalam menentukan desain website.

Keberadaan ASP adalah upaya untuk menawarkan akses pemakaian aplikasi melalui sarana internet kepada pengguna, baik secara individu maupun perkantoran. Sebab, pada dasarnya ASP adalah sebuah ISV (Independent Software Vendor) atau ISP yang memanfaatkan internet. Tujuannya adalah untuk menjadi sarana penyampaian agar aplikasinya dapat berfungsi dengan baik.

Anyway, ASP NET relatif lebih murah lantaran perangkat keras, backup, dan infrastruktur keamanan dapat ditanggung bersama oleh beberapa pelanggan sekaligus. Selain itu, kontrol terhadap perangkat lunak dan perangkat keras juga dilakukan secara terpusat yang memudahkan proses pembaruan dan maintenance data.

Kelebihan ASP

Beberapa kelebihan ASP jika diaplikasikan pada website adalah:

  • ASP NET adalah managed code yang berjalan pada virtual machine dari Microsoft yang dinamakan Common Language Runtime (CLR).
  • Intermediate Language atau IL merupakan bahasa yang dikenali oleh CLR, dan .NET adalah compiled code menjadi IL. ASP NET dapat menggunakan berbagai bahasa pemrograman yang mendukung .NET Framework.
  • Pembuatan aplikasi web ASP NET memakai VS NET cukup efisien dan memangkas waktu pembuatan aplikasi. Hal tersebut dapat terjadi karena ASP.NET mempunyai arsitektur web forms yang mempercepat development. Ditambah lagi dengan integrasi serta dukungan tools Visual Studio .NET yang sangat bagus.

Kekurangan ASP

Berikut ini kekurangan dari ASP:

  • Hanya dapat berjalan di platform Microsoft.
  • Berbayar, atau tidak bersifat open source.

Daftar Aplikasi untuk Membuat Pemrograman ASP

Berikut ini beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi berbasis ASP.NET.

  • Visual Studio: IDE resmi dari Microsoft untuk pengembangan ASP.NET, yang merupakan evolusi dari ASP klasik. Visual Studio menyediakan alat dan fitur khusus untuk pengembangan aplikasi web dengan ASP.NET.
  • Sublime Text: Editor teks ini populer di kalangan pengembang web dan dapat digunakan untuk mengedit kode ASP dengan dukungan sintaksis yang baik.
  • Eclipse: Meski lebih dikenal untuk pengembangan Java, Eclipse juga dapat digunakan untuk pengembangan aplikasi web dengan ASP jika mengkonfigurasi plugin yang sesuai.
  • Notepad++: Ini adalah editor teks sederhana yang memiliki banyak fitur tambahan untuk pengembangan bahasa pemrograman, termasuk dukungan untuk ASP.
  • JetBrains Rider: IDE alternatif yang kuat yang mendukung pengembangan aplikasi web dengan ASP.NET.
  • Komodo IDE: Editor ini memiliki dukungan untuk bahasa pemrograman ASP dan sejumlah fitur pengembangan yang berguna.
  • Aptana Studio: Aptana Studio adalah IDE khusus untuk pengembangan web yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi web dengan ASP.

Kalian Tertarik untuk Belajar ASP, kah?

Jadi, dapat disimpulkan bahwa ASP adalah bahasa pemrograman ciptaan Microsoft yang mengkombinasikan server-side scripting dan HTML untuk memudahkan programmer dalam membuat aplikasi web server. Makanya, terciptalah suatu halaman web yang dinamis (dynamic pages).

Oia, kenalan sama Ujione, yuk! Aplikasi ujian online berbasis Cloud pertama di Indonesia! Kalian tidak perlu menyiapkan perangkat server atau hosting lagi.

Pokoknya, kalian bisa melaksanakan ulangan harian, quiz, ujian akhir dan tugas bisa dari aplikasi Android, IOS, dan juga Web.

Semoga bermanfaat 😊

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 4 / 5. Jumlah rate 1

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment