mengenal-web-browser

Beragam pilihan web browser atau situs penjelajah atau yang dikenal juga sebagai browser, bisa jadi sering kalian gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa di antaranya pasti tak asing lagi, seperti google chrome, mozilla firefox, atau opera. Oke, kalau gitu kita telusuri bersama yuk terkait web browser dengan baca Mengenal Web Browser: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Cara Kerja

Pengertian Web Browser

Dikutip dari Techopedia, pengertian web browser adalah software yang digunakan untuk mencari, mengakses dan menampilkan halaman web, terutama situs-situs website dan konten lain di internet.

Web browser menerjemahkan halaman situs yang dikirim menggunakan HTTP/HTTPS (Hypertext Transfer Protocol) atau FTP (File Transfer Protocol) menjadi konten yang dapat dibaca oleh manusia.

Jenis Web Browser

Terdapat berbagai jenis web browser dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri, antara lain:

Google Chrome

Di antara semua web browser yang ada, Google Chrome bisa jadi adalah yang paling populer, terutama di kalangan orang awam yang tak terlalu memahami dunia IT. 

mengenal-web-browser-1

Beberapa fitur unggulan dari Chrome terbukti sanggup memikat banyak orang dan tetap menjadi peramban yang paling banyak diakses. Selain fitur dasar yang pasti dimiliki oleh setiap web browser, Chrome didukung oleh CSS 2.2, HTML 5, Javascript, multi tab, dan private mode.

Opera

Banyak orang lebih memilih aplikasi Opera untuk mendukung kegiatan berselancar di dunia maya. Ternyata, ada beberapa keuntungan yang tak dimiliki oleh web browser lainnya.

mengenal-web-browser-2

Opera Mini dapat beroperasi dengan kinerja 72% lebih cepat dari Chrome serta 64% lebih cepat pula dari UC Browser. Dikarenakan kecepatan performanya inilah, penggunaan data 90% lebih hemat dan efisien sehingga proses mengunduh data pun menjadi lebih cepat.

Berdasarkan data yang dilansir oleh perusahaan yang mengetes peranti lunak (software testing) dari Amerika Serikat, Cigniti, mengatakan bahwa Opera Mini mampu menghemat konsumsi daya hingga sebesar 14%.

Keuntungan selanjutnya adalah adanya fitur ad blocker yang dapat menghalau iklan. 

Microsoft Edge

Microsoft Edge adalah web browser yang dirilis untuk sistem operasi Microsoft terbaru, Windows 10. 

mengenal-web-browser-3

Salah satu keunggulan Microsoft Edge adalah tampilan new tab yang sangat mengedepankan sisi fungsi dan estetika. Sekali melihat tampilannya maka kesan yang muncul adalah modern, berkelas, dan sangat dinamis.

Mozilla Firefox

Dibandingkan dengan web browser lainnya, Firefox ini relatif aman. Selain itu, Firefox juga dilengkapi dengan add on yang sangat bervariasi yang mana para pengembang dari seluruh dunia dapat turut serta mengembangkannya.

mengenal-web-browser-4

Menu konfigurasinya yang lebih lengkap serta ukuran aplikasi yang bisa jadi adalah salah satu yang paling kecil (hanya sekitar 4,7 MB) sehingga menjadikan Firefox sebagai pilihan pertama web browser dibandingkan yang lain.

Vivaldi

CEO Opera menciptakan sebuah aplikasi peramban yang bernama Vivaldi. Sepintas, aplikasi yang dibekali dengan sistem Chromium Source Code ini memang mirip Opera. Namun ada tambahan fitur lainnya.

mengenal-web-browser-5

Berbeda dengan jenis peramban lainnya, Vivaldi memiliki Quick Command yang membuatnya mampu dioperasikan melalui keyboard.

Internet Explorer

Terhitung sejak tahun 2015, web browser besutan Microsoft ini resmi berhenti beroperasi. Meski begitu, rupanya masih banyak yang menggunakan browser ini.

mengenal-web-browser-6

Faktanya, aplikasi Internet Explorer yang tak diperbarui dalam frameworks terbaru ternyata masih dapat berfungsi secara normal.

Tor

Beberapa aplikasi peramban yang tidak terlalu aman memang sangat rentan untuk ditembus oleh orang tidak bertanggung jawab. Jika menaruh isu keamanan sebagai pertimbangan nomor satu, ada baiknya kalian memilih web browser Tor.

mengenal-web-browser-7

Tor adalah singkatan dari The Onion Router. Kini, aplikasi ini telah tersedia dengan versi alpha di Google Play. Status kalian akan tetap anonim meski sedang berselancar di dunia maya dengan menggunakan aplikasi ini. 

Lebih canggihnya lagi, kalian tak perlu khawatir terkait adanya iklan yang kerap membuntuti di setiap laman web yang kalian tuju. Semua ini berkat teknologi tracker blocking yang juga akan menghapus seluruh riwayat cookies sesaat setelah kalian keluar dari web

Safari

Apple Inc, perusahaan yang menjadi kompetitor terbesar Android, memiliki Safari sebagai web browser resmi yang dapat ditemukan di seluruh piranti Apple dengan sistem operasi Mac Os dan iOS. Ada beberapa keuntungan jika menggunakan browser ini.

mengenal-web-browser-8

Kehadiran Nitro Engine dalam sistem Safari versi terbaru, menjadikannya lebih cepat dalam mengolah data. Selain itu, pengelolaan aplikasi Java yang terdapat pada suatu laman pun akan menjadi lebih cepat.

Menurut klaim mereka, Safari mampu mengolah aplikasi tersebut sebanyak 8x lebih banyak dibandingkan dengan aplikasi peramban serupa yang lain. Gimana, tertarik menggunakan Safari, kah?

Conqueror

Conqueror atau Konqueror adalah aplikasi peramban standar yang melekat pada sistem operasi Linux dengan basis KDE.

Selain membantu kalian terkoneksi dengan laman web, Konqueror ini juga bisa dipakai untuk menyelami isi komputer dan menampilkan dokumen universal. Jadi, kalian dapat mengelola berkas digital bahkan mengeditnya melalui aplikasi ini.

Lynx

mengenal-web-browser-9

Sebagai aplikasi peramban nongrafik yang dapat berjalan pada sistem operasi DOS dan UNIX, Lynx merupakan jawaban terbaik untuk kalian yang ingin menjelajah dunia maya namun hanya memiliki kuota terbatas.

Yandex

Berbeda dengan perusahaan internet lain yang umumnya berasal dari Amerika Serikat, Yandex merupakan pesaing berat Google yang berasal dari Rusia. Bagi orang Rusia sendiri, layanan ini jauh lebih diminati dibandingkan dengan aplikasi serupa lainnya.

mengenal-web-browser-10

Salah satu alasan mengapa browser ini tetap bertahan adalah karena algoritmanya berdasarkan relevansi dokumen serta jarak antar kata. Dengan sistem ini, pencarian akan jauh lebih relevan dibandingkan Google yang mengedepankan peringkat halaman.

Comodo Ice Dragon

Comodo Ice Dragon adalah aplikasi peramban dengan basis serupa seperti Mozilla Firefox. Fokus yang utama adalah kecepatan akses ke laman web yang dituju serta menghemat penggunaan memori (RAM).

mengenal-web-browser-11

Keunggulan lainnya dibandingkan web browser serupa adalah mampu menghentikan adanya cookies dan spyware atau script mata-mata yang tak diinginkan. Oleh karena itu, meminimalkan kemungkinan pelacakan riwayat jelajah kalian bocor ke tangan orang lain

Maxthon

Maxthon adalah peramban yang disesuaikan memakai mesin dari Internet Explorer. Selain tidak perlu membayar apapun untuk menggunakan aplikasi ini, kalian juga bisa mengatur sendiri lho menu bar yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kalian.

mengenal-web-browser-12

Mengenai isu keamanan, Maxthon mengklaim dirinya bebas dari spyware, virus, malware, atau jenis-jenis adware lainnya.

Kalian juga dapat mengakses built-in ad hunter dan paket filter mumpuni yang mampu menutup akses iklan yang tidak sesuai atau laman mengganggu. Selain itu, halaman web yang muncul pun telah tersaring sehingga semua aman dan sesuai dengan riwayat pencarian kalian.

Torch

Sebagai produk besutan Torch Media Inc. yang diluncurkan pada tanggal 18 Juni 2012 ini, Torch memang belum setenar kompetitornya, seperti Chrome atau Opera. Namun, aplikasi peramban ini tidak bisa dianggap remeh.

mengenal-web-browser-13

Jika kalian penikmat konten di Youtube yang selama ini kesulitan setiap kali ingin mengunduhnya, Torch merupakan solusi tepat untuk kalian. Kalian dapat dengan mudah mengunduh video di laman apapun tanpa perlu memasang aplikasi lain dengan fitur media grabber. Keren, kan?

UC Browser

Para pengguna internet pasti tak asing dengan kehadiran UC Browser. Aplikasi peramban keluaran Alibaba Group ini telah meluncurkan versi terbaru yang diklaim memiliki beberapa keunggulan.

mengenal-web-browser-14

Sekarang UC Browser dapat diakses di hampir seluruh sistem operasi gawai kalian. Kalian juga akan dimanjakan dengan kualitas video yang baik karena telah menggunakan teknologi VP9 Codec sebagai format video terbarunya.

Baidu

mengenal-web-browser-15

Baidu menjadi salah satu opsi peramban yang layak dicoba karena integrasinya dengan Facebook serta fitur khusus yang memungkinkan kalian untuk mengunduh video. Peramban ini memiliki mesin serupa dengan Google Chrome dan Chromium lho, Guys.

Fungsi Web Browser

Fungsi utama web browser adalah sebagai penghubung antara user dan situs-situs website. Beberapa fungsi web browser secara singkat adalah sebagai berikut:

  • Untuk menampilkan halaman atau situs-situs website.
  • Menerjemahkan script menjadi tampilan yang menarik.
  • Menjamin keamanan situs website yang dikunjungi.
  • Mendukung permintaan data oleh pengguna.
  • Mendukung penyimpanan data halaman secara offline.
  • Memberikan dukungan untuk akses ke mesin-mesin pencari, seperti Google, Yahoo, dan lain-lain.

Cara Kerja Web Browser

Agar seseorang dapat menggunakan web browser tertentu di dalam perangkatnya maka orang tersebut harus terlebih dahulu menginstal software atau aplikasi web browser ke dalam perangkatnya. 

Setelah software web browser terinstal dengan baik, selanjutnya pengguna dapat membuka aplikasi tersebut. Setelah membuka web browser, pengguna dapat mengetikan alamat website di address bar di laman web browser.

Setelah memasukkan alamat website dan eksekusi (enter) maka aplikasi web browser akan bekerja dan mengambil data dari website yang dituju, biasanya dalam kode html. Selanjutnya, browser akan diarahkan pada halaman yang dituju dengan cara browser akan mengakses dan membuka website setelah melalui proses verifikasi.

Okay Guys, jadi itulah penjelasan singkat terkait pengertian web browser, fungsi, cara kerja, serta beberapa contoh peramban web yang bisa digunakan saat ini. Semoga artikel ini bermanfaat ya 🙂


Hosting murah bisa didapatkan di Jetorbit tanpa mengurangi kualitas. Jetorbit selalu mengedepankan rasa puas klien dan tercapainya tujuan serta kesuksesan dari website yang ada di dalam Jetorbit. Berbagai macam pilihan web hosting berkualitas bisa kalian coba. Selain itu, kami juga menyediakan VPS dan bisa kalian cek di sini.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rata rata rating 4 / 5. Jumlah rate 2

Yuk Rate 5 Artikel Ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Bagikan:

Leave a Comment